Apa Itu Istilah Water Hammer Pada Mesin Mobil

Posted on

Pernah suatu ketika sebuah mobil mewah di derek masuk ke bengkel karena mogok, usut punya usut ternyata mobil Alphard ini habis menerobos banjir dan tiba-tiba mesinnya mogok dan tidak bisa berputar lagi, di starter juga tidak bisa lagi sampai starter hangus.

Ketika di konfirmasi ke petugas derek yang juga salah satu mekanik dari layanan siaga 24 jam, mereka bilang sepertinya terjadi water hammer tahukah anda apa itu water hammer ? Jika anda seorang teknisi pasti sudah paham tapi bagi orang yang tidak begitu paham masalah mobil akan kami jelasan berikut ini.

Water hammer ini istilah mesin kemasukan air dan masuk ke dalam ruang bakar, dan ketika di kompresikan akan mengakibatkan stang piston (connecting rod) akan bengkok dan tidak bisa digunakan lagi dan ini menjadi penyebab mesin mogok. Karena sifat cairan yang tidak bisa berkurang volumenya ketika di kompresi akhirnya yang kalah adalah stang piston ini, berikut ini gambar dari stang piston yang bengkok karena kasus water hammer.

gambar water hammer stang piston

Penyebab terjadinya water hammer yang paling sering adalah kendaraan menerobos banjir yang cukup tinggi sedangkan air masuk melalui saluran udara, makanya jika kita lihat kendaraan off road sering menggunakan saluran udara di atas kabin depan atau di taruh bagian luar atas agar tidak mudah kemasukkan air.

Penyebab lainnya selain banjir adalah penggunaan pembersih bahan bakar yang cara menggunakannya di masukkan ke dalam ruang bakar secara langsung, jika di bengkel ada yang menyebutnya dengan Super Engine Conditioner fungsinya adalah untuk merontokkan kerah dalam mesin, memang sedikit membantu membersihkan kerak tetapi masalahnya adalah bagaimana mengeluarkan cairan di dalam ruang bakar ini, karena bahan pembersih ini berupa cairan dah harus di keluarkan, beberapa ada yang di sedot, ada pula yang dikeluarkan dengan cara busi di buka dan mesin di starter sehingga keluar dari lubang busi, dan harus di pastikan bahwa sudah tidak ada lagi cairan di dalam ruang bakar, karena kalau sampai ikut terkompresi bisa mengakibatkan water hammer , dan ini sudah banyak kasus yang terjadi.

gambar terjadinya water hammer

Gambar di atas adalah menunjukkan bagaimanan terjadinya water hammer, semua mesin saja baik untuk mobil dan motor. Jika anda mengalami hal seperti ini di jalan, jangan pernah di starter berulang-ulang tinggalkan mobil anda dan hubungi derek terdekat, dari pada semakin banyak stang piston yang bengkok karena harganya juga relatif mahal, dan untuk menghindari terjadi hal demikian jangan pernah menerjang banjir jika sekiranya berbahaya dan berpotensi air masuk ke dalam mesin, yang kedua jangan melakukan perawatan kendaraan dengan cara ekstrem, kalaupun harus menggunakan pembersih kerak pastikan semua di kerjakan sesuai dengan prosedur untuk keamanan mobil anda.

Terima kasih dan jika bermanfaat silakan di share artikel ini

Incoming search terms:

  • Pengertian water hammer
  • penyebab piston avanza sering bengkok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *