Toyota Raize 2021, Harga , Spesifikasi, Kelebihan Dan Kekurangan

  • 4 min read
  • May 01, 2021

Welcome Toyota Raize, pada bulan April 2021 Toyota Indonesia secara resmi meluncurkan salah satu mobil compact SUV yaitu Toyota Raize, mobil ini sudah lebih dahulu di jepang pada tahun 2020 dan langsung menjadi mobil yang paling laris no 2 di jepang.

Dengan adanya aturan baru soal insentif PPnBM dari pemerintah jelas menjadi angin segar bagi industri otomotif tanah air dan ini adalah Langkah Toyota untuk mendongkrak penjualan di tahun 2021 ini setelah di tahun 2020 hampir semua pabrikan mengalami penjualan yang drop akibat dari pandemi corona.

harga-dan-spesifikasi-toyota-raize

Mesin Toyota Raize

Toyota Raize ini adalah kembaran dari daihasu rocky, Dua Varian Toyota Raize yang masuk di Indonesia adalah menggunakan mesin turbo dengan konfigurasi 3 silinder dengan kapasitas mesin 1.000 cc, seri mesin ini adalah 1KR-VET yang merupakan versi turbo dari engine 1KR-FE yang di gunakan di mobil Toyota agya, dan daihatsu ayla, ukuran engine ini cukup kecil, terbuat dari blok alumunium dan hanya memiliki bobot sekitar 70 kg  jika sudah di tambahi turbo bisa lebih berat lagi)

mesin toyota raize 1000 cc turbo

Mesin 3 silinder ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 98 HP pada 6000 Rpm dan torsi maksimalnya adalah 143 Nm pada 2400-4000 Rpm. Mesin ini memiliki tingkat kompresi 9.5 : 1

Dan yang satu lagi adalah varian dengan mesin 1.200 cc dengan seri engine 3NR-FE yang tidak menggunakan tambahan turbo, engine ini sama dengan yang di pakai di mobil agya yang baru yaitu 1200 cc

Type Toyota Raize DI Indonesia

Berikut ini adalah type Toyota Raize yang beredar di Indonesia :

  • 0T GR Sport CVT
  • 0T GR Sport CVT TSS
  • 2 G M/T
  • 2 G CVT
  • 0T G M/T
  • 0T G CVT

Penjelasan :

  • 0T kode T ini artinya turbo jadi 1.000 cc turbo.
  • GR Sport adalah divisi racing dari Toyota, GR memiliki kepanjangan Gazo Racing, jika di Indonesia seperti TRD Sportivo.
  • CVT berarti menggunakan transmisi CVT dan juga bisa menjadi manual karena di lengkapi triptonik
  • M/T berarti menggunakan Manual Transmisi.
  • TSS adalah Toyota Safety Sense, yaitu sebuah fitur radar keamanan dari Toyota yang biasanya di gunakan di mobil Toyota menengah ke atas, dimana ada beberapa system yang di pasangkan di mobil ini untuk mengurangi resiko terjadi nya insiden di jalan.

Jadi untuk type tertinggi di Indonesia adalah 1.0t GR Sport CVT TSS

Apa itu fitur TSS baca disini lengkapnya

Eksterior Toyota Raize

exterior-toyota-raize-indonesia

Mobil ini adalah subcompact SUV dengan dimensi kendaraan yang tidak terlalu panjang, Toyota Raize memiliki Panjang 4.030 mm dan lebar hanya 1.710 mm sedangkan tinggi mobil ini adalah 1.635 mm tidak terlalu tinggi dan cukup enak saat membersihkan bagian atas mobil saat di cuci.

Untuk lampu depan menggunakan Iluminating headlamp DRL & Sequential Turn Lamp yang memberikan pencahayaan yang maksimal. Untuk lampu belakang menggunakan LED, Spion menggunakan auto retractable Mirror yang bisa melipat sendiri saat di lock.

Velg menggunakan warna hitam dengan ukuran 17 inchi dengan 4 baut roda, untuk velg yang di gunakan di ban cadangan juga menggunakan velg yang sama jadi tidak menggunakan velg kaleng.

Interior Toyota Raize

interior-toyota-raize-1000-cc-turbo

Mobil ini memiliki 5 tempat duduk, sedangkan di bagian belakang bisa di gunakan sebagai bagasi dengan dua opsi ukuran volume yang bisa dirubah dengan cara merubah deck bagian bawah, jika dirasa kurang besar deck bagian bawah bisa di ambil dengan menggeser ke bagian bawahnya untuk mendapatkan space yang lebih besar, begitu juga dengan jok tengah yang bisa di rubah untuk rata lantai.

Bagian jok belakang juga cukup lega, untuk bagian belakang hanya di sediakan colokan usb. Untuk bagian depan memang memiliki desain yang cukup bagus, terutama untuk desain meter combinasi dan juga head unit.

Setir mobil ini di lengkapi tilt steering bisa naik turun tapi tidak di lengkapi telescopic yang bisa maju mundur, sehingga kurang membuat nyaman untuk posisi driver dengan ukuran badan yang cukup tinggi.

Bahan interior seperti door trim masih menggunakan bahan plastik keras, tapi dengan pengerjaan yang cukup rapi dan juga tersedia banyak space untuk menaruh barang atau cup folder. Kualitas jok yang di gunakan juga cukup baik walaupun bukan yang terbaik di kelasnya, tapi dengan segudang fitur yang ada di mobil ini rasanya hal itu bisa tertutupi.

Transmisi dan Sistem Rem

Toyota Raize menggunakan transmis manual dan cvt, yang sudah cvt bisa di rubah menggunakan manual dengan meggeser tuas perseneling, dengan menggunakan cvt tentu performa jalan akan lebih halus.

Untuk model rem yang digunakan dimobil ini, bagian depan menggunakan cakram dengan disc ukuran 15 inchi dan bagian belakang menggunakan drum brake atau rem tromol leading trailing, cukup rasanya dengan ukuran mobil yang tidak terlalu besar seperti ini.

Apa itu leading trailing

Toyota Raize ini memiliki tangki bahan bakar dengan kapasitas 36 liter dan di sarankan menggunakan bahan pertamax untuk mendapatkan hasil pembakaran yang baik, mesin turbo ini menggunakan multi point injection untuk system EFI untuk mendapatkan efisiensi bahan bakar yang baik di tiap putaran mesin.

Jika di lihat dari review beberapa influencer, Tenaga mesin ini akan lebih terasa di putaran atas, karena pasti ada jeda waktu sampai turbo mesin ini bekerja secara maksimal.

Kelebihan

Mobil ini memiliki desain yang bagus, fitur yang cukup banyak jika di lihat dari harga mobil ini tidak sampai 300 jutaan, engine seri KR sudah teruji di beberapa kendaran Toyota lainnya apalagi sekarang sudah di tambahkan turbo pasti jauh lebih bertenaga dengan konsumsi bahan bakar yang ekonomis.

Toyota Raize memiliki bagasi yang cukup besar, dimensi mobil secara keseleruhan yang tidak terlalu besar menjadikan mobil ini cukup nyaman di pakai untuk kota-kota apalagi di tunjang dengan suspensi yang cukup nyaman.

Kekurangan

Kualitas bahan interior masih menggunakan plastik yang cukup keras, minim fitur untuk penumpang pada baris kedua, mobil ini kurang di lengkapi dengan telescopic steering yang menurut kami jika ini bisa sangat membantu dalam kenyamanan driver

Harga Toyota Raize

Dari beberapa sumber yang beredar harga Toyota Raize akan berada di kisaran 220 jutaan dan type tertinggi 265 jutaan tentunya harga ini tidak selalu mengikat karena kebijakan dealer dan promo diskon tiap cabang bisa jadi berbeda-beda, dari sumber yang kami dapat diharian kompas otomotif untuk rentang harga per type adalah sebagai berikut :

 

harga toyota raize di Indonesia

jadi itu sedikit review secara garis besar Toyota Raize yang bisa jadi ini menjadi andalan penjualan Toyota di tahun ini untuk memperbaiki performa penjualan yang sebelumnya jatuh di tahun kemarin, tidak hanya Toyota pabrikan lainnya juga mengalami grafik yang sama, semoga tahun ini ekonomi di Indonesia bisa lebih baik lagi dan industri otomotif di Indonesia bisa melaju lebih baik serta semoga pandemi ini segera berakhir.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai fitur dan spesifikasi lainnya untuk Toyota Raize silakan kunjungi website resmi Toyota Indonesia di : https://www.toyota.astra.co.id/product/all-new-raize

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
ORDER SPARE PART TOYOTA BUILT UP