Selang Power Steering Mobil

Posted on

Selang Power Steering – Didalam sistem kemudi mobil saat ini tenaga yang digunakan untuk membantu pengemudi untuk membelokkan kendaraan adalah dengan menggunakan motor atau yang di sebut dengan EPS serta menggunakan tekanan hidrolik dengan media oli power steering yang di pompa menggunakan vane pump. Di postingan kali ini kita akan membahas salah satu komponen di dalam hidrolik power steering yaitu selang power steering.

selang power steering

Selang power steering ini memiliki fungsi utama sebagai jalur oli tekanan tinggi dari pompa untuk di masukkan ke dalam rangkaian rack and pinion (steering rack) tekanan ini yang akan membuat pengemudi terasa ringan saat memutar roda kemudi. Selang power steering ada 2 tiap mobil yaitu tekanan tinggi yang dari pompa dan selang balik yang tekanannya lebih rendah yaitu dari steering rack masuk ke dalam reservoir (tampungan oli).

Karena selalu bekerja pada tekanan tinggi selang power steering bisa rusak dan mengalami kebocoran ketika usia pemakaian sudah cukup lama, jika melihat dari masalah yang ada di bengkel sebagian besar kebocoran oli power steering di akibatkan dari selang tekanan tinggi yang sudah rusak (pecah) dan seal rack power steering.

Harga selang power steering setiap kendaraan berbeda-beda begitu juga produk yang tersedia di pasaran, banyak barang yang bukan original di jual di pasaran tentunya dengan harga yang lebih murah dan kualitas yang jauh berbeda, di bagian ujung selang power steering terdapat nepel yang digunakan untuk menyambung selang ini dengan rack pinion atau dengan pompa, pengikat model nepel ini memiliki tingkat presisi yang cukup tinggi, jika saat memasang tidak hati-hati dan tidak tepat minyak bisa bocor.

Jadi untuk anda yang mobilnya mengalami kerusakkan pada selang power steering sebaiknya gantilah dengan produk yang original, lakukan perbaikan di bengkel profesional yang bergaransi, walaupun terlihat sederhana tetapi kerusakkan pada selang ini bisa berakibat fatal, jika rusak di jalan dan menyebabkan minyak habis bisa mengakibatkan efek kerusakkan pada pompa dan juga pada rack pinion yang tentu lebih banyak lagi biaya yang harus di keluarkan untuk memperbaiki semuanya.

Beberapa tips berikut ini bisa anda lakukan untuk menjaga sistem power steering bekerja dengan baik :

  • Hindari memutar roda kemudi sampai batas maksimal.
  • Lakukan pergantian oli power steering secara berkala.
  • Selalu periksa tekanan ban, karena ban dengan tekanan rendah akan membuat berat kerja setir.
  • Jangan memacu mobil dengan kecepatan tinggi saat melewati jalan rusak.
  • Jangan menerjang banjir terlalu sering.
  • Posisikan setir pada posisi lurus saat mobil berhenti.
  • Lakukan pemeriksaan secara berkala ke bengkel.

Incoming search terms:

  • cara mengganti selang Vane pump atau Pompa power steering
  • Nama selang besar pada mobil
  • Pipa selang bensin avanza

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *