Prinsip Dasar Kerja Mesin Diesel

Posted on

mesin diesel toyotaDasar Mesin Diesel – Mesin diesel ditemukan oleh orang berkebangsaan Perancis yaitu Rudolf Diesel yang telah berhasil mengembangkan mesin pemicu kompresi pada tahun 1893 dan inilah mesin diesel pertama di dunia, untuk menghormati jasa beliau maka sampai saat ini di sebut dengan mesin diesel. (sumber wikipedia)

Pembakaran yang terjadi pada mesin diesel adalah hasil dari udara yang di mampatkan atau di kompresi kemudian di bakar dengan bahan bakar (solar) yang di injeksikan ke dalam ruang bakar dalam bentuk kabut, sehingga terjadilah pembakaran. Udara yang masuk dari air intake (saluran masuk) sedangkan tekanan bahan bakar di hasilkan dari pompa tekanan tinggi atau di sebut Bosch Pump (baca : bospom) Bosch Pump ini di gerakkan oleh putaran mesin dan memberikan tekanan sesuai urutan pembakaran (1342) pada mesin 4 silinder melalui pipa-pipa yang di hubungkan langsung ke nozzle.

gambar langkah kerja mesin dieselSama dengan mesin bensin 4 tak mesin diesel juga menggunakan 4 tak, dengan langkah sebagai berikut :

  1. Udara masuk kedalam ruang bakar lewat katup masuk (piston ke bawah).
  2. Udara di mampatkan oleh piston ke atas (piston ke atas).
  3. Bahan bakar di masukkan melalui nozzle dalam bentuk kabut dan akhirnya terbakar(piston ke bawah).
  4. Sisa pembakarang di buang melalui katup buang (piston ke atas).

Di dalam mesin diesel semakin padat partikel udara maka hasilnya akan semakin bagus, dan partikel udara ini akan semakin rapat jika suhunya turun untuk itulah ada istilah turbo pada mesin diesel, dimana turbo ini akan memaksa udara masuk lebih banyak ke dalam ruang bakar dengan menggunakan turbin yang di gerakkan dengan menggunakan mesin itu sendiri atau menggunakan energi dari gas buang.

Sedangkan untuk mendinginkan udara yang akan di bakar di pasanglah Turbo Intercoller, kenapa harus dingin karena untuk mendapatkan partikel udara yang padat dan bagus untuk performa mesin, jika yang di masukkan adalah udara yang panas maka ruang bakar akan menjadi panas dan bisa oeverheating.

Karena prinsip kerja mesin diesel adalah menggunakan udara yang di kompresi dan yang di buat membakar adalah solar, maka ketika ada kebocoran solar pun jika itu tidak berbentuk kabut maka akan sulit untuk terjadinya pembakaran, secara mekanikal tekanan yang harus digunakan untuk membuat bahan bakar berbentuk kabut ini cukup besar jadi kecil sekali kemungkinan terjadi dieseling. Apa itu Dieseling >> Baca disini.

Saat ini teknologi mobil bermesin diesel juga berkembang pesat, peran nozzle sekarang sudah di ganti dengan injektor seperti pada mesin bensin dan semuanya sudah di atur dengan menggunakan komputer, seperti pada teknologi Common Rail di Toyota, yang akan kita bahas di artikel selanjutnya

Demikian prinsip dasar dari mesin diesel semoga bermanfaat.

 

Incoming search terms:

  • prinsip dasar kerja engine

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *