Penyebab Setir Bunyi Pada Mobil Alphard Saat Jalan Gelombang

Posted on

Mobilupdate.net – Toyota Alphard dan Vellfire adalah saudara kembar sebagai kendaraan mewah dari Toyota, basic 2 kendaraan ini sama hanya tampilan luar atau desain body luar saja yang berbeda sedangkan komponen utama seperti mesin dan teknologi pun juga sama.

Sebagai kendaraan yang banyak di beli tidak hanya karena sebagai gengsi saja, Toyota Alphard juga menawarkan tingkat kemanan dan kenyamanan dalam berkendara, ruang kabin yang senyap serta peredaman maksimal dari Toyota yang mampu mereduksi setiap guncangan yang terjadi saat berkendara.

Namun seperti mobil pada umumnya, setelah di gunakan dalam jangka waktu yang cukup lama akan muncul beberapa gangguan pada kendaraan, apalagi untuk mobil sekelas Alphard yang biasanya bunyinya senyap tiba-tiba ada suara bunyi-bunyi saat berkendara pasti akan menggangu.

Salah satu kasus yang banyak terjadi pada kendaraan Alphard yang sudah di pakai lebih dari 5 tahun adalah adanya bunyi yang terasa atau terdengar di bawah kemudi ketika melintasi jalan bergelombang, bunyi seperti “dek,dek,dek” banyak di keluhkan sebagian besar customer kami, nah untuk anda yang sudah ke bengkel membawa mobil anda untuk pengecekan biasanya komponen di bawah inilah yang mengalami kerusakan.

Ini adalah gambar katalog komponen yang berada di bawah lingkar kemudi pada kendaran Alphard anda, mungkin jika mekanik menjelaskan secara bahasa teknik anda masih sedikit bingung untuk itu kami berikan gambar katalognya seperti di atas.

Steering Column

Ini adalah di kotak yang pertama, komponen ini adalah shaft utama dari bagian bawah yang menyambungkan dengan lingkar kemudi, karena Alphard sudah menggunakan EPS maka steering column ini sudah menjadi 1 dengan motor EPS ini lah yang membuat harga steering column Alphard bisa mahal, satu set ini harga kisaran Rp14.000.000, biasanya kerusakan pada komponen ini bukan pada EPS nya melainkan karena shaft yang oblak atau sudah aus sehingga akan muncul rongka dan terjadi bunyi ketika shaft menerima getaran, beberapa bengkel ada yang bisa memperbaiki dengan memberikan bushing, tapi pengerjaannya cukup lama dan mobil harus menginap di bengkel karena untuk membongkar bagian ini saja harus hati-hati ada spiral cable dan airbags juga yang bila salah penanganan bisa berakibat fatal.

Yoke Steer

Yoke ini adalah flexibel joint yang berfungsi untuk meneruskan arah putaran dari atas ke bagian bawah (rack steer) dengan lembut, karena namanya yoke dan flexibel maka pada komponen ini tidak boleh macet, salah satu kerusakan yang terjadi karena pemakaian sudah lama ada pada bagian joint sudah aus sehingga perputaran tidak bisa halus lagi, di bandingkan dengan komponen di atasnya harga part ini lebih murah untuk, misalnya untuk kendaraan Toyota Alphard ANH20 2.4 Harga Yoke steer ini kisaran Rp 3.200.000 jika mau lebih murah anda bisa order di Toyotapartshop yang bisa di hubungi di wa : 081252856060.

 

Shaft Intermediate

Komponen ini satu kesatuan dengan sistem di atasnya, akan tetapi jarang sekali ada pergantian pada komponen ini karena bentunya hanya batang kecil saja dan jarang mengalami keausan.

Steering Rack Assy

Dan part terakhir yang sering di ganti pada Alphard ini adalah steering Rack Assy, kenapa assy karena komponen ini tidak di jual terpisah pada bagian dalamnya dan harus satu set, karena dari pabrik Toyota hanya menyediakan model seperti ini. Harga steering rack ini cukup mahal price list terakhir untuk Alphard ANH20 adalah Rp 10.400.000 jika anda ingin mendapatkan potongan diskon harga , anda bisa order di kami dengan cara follow akun instagram kami dan kontak di 081252856060 , rack steer Alphard ini cukup ringan sebenarnya karena di dalanya tidak ada lubang-lubang untuk minyak sebab mobil ini sudah menggunakan EPS. Di bawah ini adalah gambar Steering Rack ANH 20 ALPHARD.

Itulah beberapa komponen yang ada di sistem steering yang biasanya menimbulkan bunyi-bunyi pada saat jalan terutama saat melintasi jalan bergelombang, silakan share informasi ini ke social media anda jika bermanfaat untuk anda.

Incoming search terms:

  • gambar komponen power steering
  • mengatasoi bunyu rack sterr alphard 2010
  • yok stir alphard

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *