Penyebab Rembesan Oli Di Mesin Mobil

Posted on

MOBILUPDATE.NET – Kebocoran oli menjadi salah satu alasan kenapa mobil masuk bengkel, ketika usia kendaraan sudah lebih dari 5 tahun biasanya mulai ada beberapa rembesan oli yang sering terlihat di area mesin, walaupun tidak parah tapi kalau di biarkan lama-lama juga habis olinya. Nah di post artikel kali ini kita akan membahas beberapa komponen atau area yang bisa  menyebabkan rembesan oli apa saja itu baca sampai bawah ya!

 

Packing Carter (Paking Bak Oli) Bocor

Ini adalah yang paling umum terutama untuk kendaraan yang masih menggunakan gasket karet, mobil yang usianya sudah cukup lama karet di bagian carter atau bak oli ini akan mengeras, ketika mengeras maka akan mudah rusak dan oli bisa dengan mudah keluar dari sini, solusinya adalah dengan mengganti gasket yang baru. Saat ini sudah banyak mobil yang tidak menggunakan karet lagi tetapi menggunakan sealer yang lebih kuat tetapi memang lebih mahal (tergantung kualitas). Hal paling mudah mendeteksi kerusakan ini adalah dengan melihat bagian bak oli langsung apakah di sekelilingnya banyak menempel oli, jika benar maka harus segera di ganti.

kebocoran oli pada mobil

Baut Tap Oli Rusak

Kecil dan sering di sepelekan, kasusnya sederhana ketika mengganti oli kadang mengencangkan baut ini terlalu kuat sehingga secara tidak sengaja merusak alur drat di dalamnya, dan ketika di kendorkan saat ganti oli lagi, sebagian ulir terkelupas dan ikut keluar, saat di kencangkan lagi kemampuan ulir sudah berkurang karena sebagian ada yang rusak, dari sini oli bisa menetes juga. Solusi jika ada kerusakan di sini adalah dengan cara di snai ulang di ganti dengan baut yang baru, dan jangan lupa setiap pergantian oli gunakan gasket baut tap oli yang baru.

Seal Filter Oli Rusak

Pada bagian filter oli terdapat karet bulat yang tujuannya sebagai gasket, saat pemasangan kenapa tidak boleh di kencangkan terlalu keras karena di khawatirkan karet ini akan rusak dan ketika rusak maka akan ada oli yang keluar, untuk itu saat pengencangan sebaiknya menggunakan tangan dan fi tambahkan sedikit saja pakai sst.

Seal Cover Valve (Seal Penutup Katup)

Pada mobil lama sering kali ada kebocoran pada bagian atas yang di sebabkan oleh seal cover valve sudah keras dan ada rembesan oli salah satu contohnya adalah pada mobil kijang kotak yang lama, cara pergantiannya cukup mudah dan juga cukup murah

Gasket Cover Timming Bocor

Ini sering terjadi pada mobil yang sudah lama juga seperti Innova atau Avanza, untuk mengganti gasket ini butuh waktu agak lama paling tidak 1-2 hari selain pembongkaran yang agak rumit juga di butuhkan waktu agar gasket bisa kering dengan sempurna, gasket ini berupa sealer.

Seal Crankshaft Bocor

Seal ini terletak di bagian belakang dan depan pada poros engkol, jika seal ini rusak biasanya akan ada rembesan pada bagian di dekat pulley, kebocoran di area ini tidak bisa di biarkan terlalu lama karena oli bisa merusak peredam karet pada pully dan bisa menyebabkan pulley oleng, sedangkan pada bagian belakang jika ada kebocaran maka akan ada tetesan di antara sambungan mesin dan transmisi, untuk pergantian yang belakang ini harus menurunkan dahulu bak transmisi dan kopling set.

Itulah beberapa penyebab rembesan oli yang terjadi di mesin yang paling umum di temui di bengkel, untuk anda yang kendaraannya mengalami kebocoran segera periksa jumlah oli di mesin, dan segera periksakan ke bengkel, jangan lupa setelah perbaikan cuci bersih bagian mesin dan silakan lakukan test jalan dan pastikan sudah tidak ada lagi rembesan oli mesin yang keluar, terima kasih semoga bermanfaat untuk anda, silakan di share di facebook.

Incoming search terms:

  • oli mobil swift rembes bagian atas
  • penyebab oli mobil rembes
  • oli mobil kijang rembes dari sela2 antara transmisi dan blok mesin
  • oli rembes di swift
  • guna seal cruk as mobil
  • rembesan oli mesin xenia
  • mesin inova 2005 rembes bawah dinamo
  • mesin rembes oli mobil xenia
  • filter oli mobil bocor rembes
  • oli mobil rembes apa penyebabnya

4 thoughts on “Penyebab Rembesan Oli Di Mesin Mobil

  1. Sil as kruk xenia yg belakang sering bocor, udah ganti sil sampai 4 kali tp kayak gitu bocor lg apa penyebabnya kira”?

    1. selamat pagi pak

      waw kalau sampai 4 kali ini cukup parah juga ya pak,, apa posisi pemasanganya juga sudah benar ya pak, depan belakanganya, saya dulu pernah ngalamin juga kayak gini. sering terima order ganti seal yang katanya barusan di ganti juga ternyata cuma sealnya salah posisi saja, dan saran lain mungkin sebelum seal baru ini di pasang, bagian pegasnya di ambil dan di potong sedikt sehingga daya cengkramnya lebih kuat pak, terlebih jika crankshaft nya sudah mulai aus atau ada coakan terima kasih

  2. Dengan hormat,
    Pak Mobil saya xenia tahun 2006 jika di panasin mobil netes dari perbatasan antara transmisi dengan mesin tapi setelah itu netesnya hilang dan mampet (oli netes saat mobil dingin) sekitar 1 sendok makan, apanya ya pak?

    mohon penjelasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *