Penyebab Rem Mobil Blong

Posted on

MOBILUPDATE.NET – Semua kendaraan memiliki sistem keamanan yang paling dasar yaitu rem, rem yang memiliki fungsi utama untuk mengurangi dan menghentikan kendaraan ini harus bekerja secara sempurna untuk mamastikan mobil tetap aman di gunakan, tetapi pada kenyataanya banyak orang yang mengabaikan pemeliharaan rem dengan dalih biaya mahal tetapi justru menjadi bomerang karena jika lihat banyak insiden kecelakaan yang di sebabkan karena rem tidak fungsi dan blong, tidak hanya mobil angkutan umum banyak juga kendaraan pribadi yang di pakai secara terus menerus tanpa pernah melakukan service dan tahu-tahu rem blong. Di postingan ini coba kita ulas sedikit apa penyebab rem blong

Jika kita tahu prinsip kerja dari rem ini, ketika kampas  rem tidak bisa menjepit piringan atau menekan teromol saat pedal rem di injak sudah di katakan sistem rem gagal bekerja, beberapa penyebabnya antara lain.

Sistem rem bocor

Master rem bocor, kebocoran pada saluran pengereman memang sering terjadi hal ini karena memang usia pemakaian dari komponen tersebut, yang cukup banyak adalah kebocoran master silinder rem, kebocoran terjadi karena seal sudah aus atau dinding master silinder mengalami keausan. Ketika master rem bocor sebenarnya akan terasa di pedal seperti saat di tekan ambles terlalu dalam, atau jika kita lihat secara visual jumlah minyak rem di dalam reservoir jauh berkurang dan ada rembesan oli yang menempel pada dinding luar booster rem. Ketika menemukan hal seperti ini anda harus segera membawa ke bengkel untuk di periksa atau di ganti.

Selang saluran rem bocor, selain pada master rem, kebocoran lainnya juga bisa terjadi pada kabel fleksibel rem, kabel ini terbuat dari karet yang kuat tetapi karena sifat dasar karet tersebut lama kelamaan jika di pakai akan berkurang juga kemampuan dan daya elastisitasnya sehingga bisa bocor, sama dengan kejadian pada master rem jika ini bocor maka rem juga akan ambles dan tidak pakem karena minyak rem tidak bisa mendistribusikan tekanan sampai kampas rem tetapi ada sebagian yang keluar melalui selang ini.

Katup bocor, Kebocoran pada proportioning valve atau katup pembagi lainnya, valve pada saluran rem ini berfungsi untuk membagi distribusi tekanan minyak rem ke kanan dan kiri atau depan belakang, jika ini mengalami kebocoran maka minyak rem juga bisa keluar dari sini dan tenaga pengereman akan berkurang.

Kebocoran pada master silinder, kasus ini kebanyakan terjadi pada rem yang menggunakan tipe teromol, atau bagian belakang saat terjadi  kebocoran tenaga minyak rem yang harusnya di gunakan untuk menekan kampas akhirnya keluar karena ada yang bocor, pada mobil niaga seperti Kijang,Avanza dll jika ada kebocoran seperti ini dan sudah paran biasanya akan ada tetesan minyak rem yang akan menempel pada velg bagian belakang, anda harus waspada dan segera membersihkan velg karena dapat merusak cat.

Pada reservoir atau tampungan miyak rem di pasang swicth untuk lampu brake warning light, lampu ini akan menyala bisa jumlah minyak rem di bawah standar, lampu menyala di dashboar meter pengemudi agar bisa langsung di periksa.

gambar lampu warning mobil

Klik halaman 2 untuk lanjut membaca penyebab lainnya.

Incoming search terms:

  • tampungan minyak rem belakang mobil kijang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *