Penyebab Mesin Toyota Yaris Tersendat Saat Mesin Panas

Posted on

Mobilupdate.net – Halo apa kabar semuanya, pembaca setia blog ini atau yang baru pertama kali ke blog ini saya ucapkan selamat datang ya. Pada postingan kali ini saya akan menulis tentang pengalaman kendaraan Yaris customer kami yang mengalami kerusakan yaitu nyendat mesin saat jalan terutama saat mesin sudah panas.

Kalau berita tentang Wuling Almas dan Toyota Veloz 2019 yang mirip Vellfire sudah banyak yang menulis jadi kami menulis artikel ini saja, siapa tahu bisa memberikan sedikit informasi atau pengalaman kepada para pembaca semua.

Problem Mesin Pada Yaris Lama

Ini adalah real kasus yang di alami klien kami di Ogan Komering Ilir – Jambi yang memilki mobil Yaris generasi pertama, dimana kasusnya adalah beberapa kali mesin mati dan tenaga tiba-tiba hilang setelah mobil di gunakan terutama saat mesin panas. Dari analisa bengkel di sana menyarankan agar pompa bensin di ganti satu set maksudnya dengan filter nya sekalian, sehingga awalnya di belikan part non original karena pertimbangan harga yang jauh lebih murah (ini cerita dari customer kami) dan kejadian ini berlanjut sampai dalam waktu 5 bulan ganti pompa 2 kali dengan sama-sama menggunakan part imitasi.

 

Karena di anggap tidak menyelesaikan masalah, akhirnya oleh si pemilik mobil di belikan pompa bensin yang original beserta dengan filter bensin yang original dengan harapan penyakit di mobilnya bisa selesai, hal ini juga di rekomendasikan sama bengkel yang telah memeriksa kondisi mobil tersebut.

Masalah Bukan Pada Pompanya

pompa bensin yaris

Setelah pompa dan filter baru di pasang dan mobil di gunakan jalan, ternyata masalah belum selesai dan penyakit sebelumnya muncul lagi yaitu mesin tersendat cenderung mau mati. Dari beberapa pengalaman di lapangan (bengkel) pada mobil Yaris lama ini sering muncul kasus seperti ini yang di sebabkan oleh oxygen sensor atau AF sensor yang mengalai kerusakan.

Kedua sensor ini memiliki peran cukup penting sebagai informasi kepada ECU mesin yang akan digunakan untuk menentukan seberapa banyak jumlah bahan bakar yang di Injeksikan atau di masukkan ke dalam mesin. Jika oxygen sensor ini untuk mengetahu kadar oxygen di dalam gas buang maka AF sensor berfungsi untuk mengetahui apakah campuran bahan bakar dan udara dalam kondisi “kaya” atau “miskin” istilah ini digunakan untuk identifikasi jika banyak bensin yang masuk di sebut kaya dan jika bensin kurang disebut miskin.

Kenapa bisa terjadi mesin nyendat, karena bisa jadi sensor menerima informasi yang salah dari sensor yang mengalami kerusakan, sehinggan sensor akan memberikan perintah untuk mengurangi jumlah bahan bakar yang di injeksikan akibatnya campuran menjadi “miskin” dan pembakaran optimal tidak terjadi sehingga munculah gejalan mesin nyendat atau hampir mati pada mobil Yaris tersebut.

Cara Menemukan Part Yang Mana Mengalami Kerusakan

Setiap kali mencari penyebab kerusakan komponen dalam mobil selalu ada prosedur atau langkah-langkah yang detail yang harus dijalankan untuk menghasilkan analisa yang akurat, pada contoh kasus Yaris nyendat ini, jika sebelumnya yang di vonis adalah pompanya yang rusak seharusnya secara prosedur harus di lakukan pengecekan tekanan pompa dengan menggunakan pressure fuel gauge yang di pasang pada persilangan selang masuk bahan bakar ke mesin, jika di ukur tekanan berada di bawah spesifikasi maka pompa harus diganti.

Sedangkan untuk menentukan oxygen sensor ini mengalami kerusakan lebih sulit, jika menggunakan scanner kadang muncul kadang tida bisa muncul, dan langkah sederhana yang bisa di lakukan jika bengkel tidak memiliki peralatan yang cukup lengkap adalah dengan trik di tukar dengan mobil lain yang sama, dan ini juga di lakukan oleh customer kami yang kebetulan ada mobil yang sama juga, di ambil AF sensornya dan di pasang di mobil yang bermasalah, dari cara ini akhirnya kelihatan bahwa dengan menggunakan sensor lain penyakit mobil tidak keluar, sedangkan sensor di mobil yang mengalami kerusakan di pasang di pada mobil yang sebelumnya tidak apa-apa, gejala mesin nyendat tiba-tiba keluar.

Dari cara seperti ini lebih mudah di lakukan karena tidak semua bengkel punya alat scanner, yang di perlukan adalah kita mencari kendaraan yang sama dengan type mobil kita.

Gambar Oxigen Sensor Toyota Yaris

oxigens sensor toyota yaris

Dari kejadian tadi bisa di simpulkan bahwa sebuah penyakit dalam mobil ini harus selalu ada prosedur tahapan pemerisakan yang di lakukan. Bagian penjual sparepart tidak masalah jika ganti-ganti saja, mereka juga akan untung tapi jika sudah membeli barang baik itu original atau bukan ketika masalahnya tidak selesai, rasanya sayang sekali uang anda, apalagi hampir semua toko part tidak bisa menerima barang kembali dengan alasan salah analisa. Jadi saran kami jika sekiranya bengkel tidak bisa mengatasi masalah tersebut carilah bengkel yang sudah berpengalaman atau langsung ke bengkel resmi, walaupun mahal setidaknya mereka masih memberikan garansi service yang membuat anda lebih tenang.

Demikian postingan mengenai mesin Yari nyendat, semoga bisa bermanfaat dan silakan share artikel ini ke teman social media anda, terima kasih.

Incoming search terms:

  • Honda Yaris di jln
  • Mobil toyota yaris yang lama

2 thoughts on “Penyebab Mesin Toyota Yaris Tersendat Saat Mesin Panas

  1. Mas,yaris saya ngalamin seperti ini.Saya frustasi juga belum nemu kenapanya. Itu geter pas mesin udah panas & rpm turun ga mas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *