Penyebab Mesin Mobil Pincang Saat Pedal Rem Di Tekan

Posted on

MOBILUPDATE.NET Sistem pengereman memiliki beberapa komponen atau bagian yang memiliki fungsi dan cara kerja sendiri mulai dari pedal rem, master rem, booster rem dan komponen lainnya yang berada di roda. Beberapa hari kemarin ada yang bertanya kenapa mesin mobil saat di tekan pedal rem nya mengalami sedikit pincang, dan di postingan ini akan kami jawab dengan sedikit penjelasan singkat apa hubunganya rem dengan mesin.

Dari beberapa komponen yang sistem pengereman yang berhubungan dengan mesin adalah booster rem, dimana booster rem ini memanfaatkan kevakuman di saluran udara masuk untuk di gunakanan menambah daya pengereman sehingga saat pedal rem di injak akan menjadi lebih ringan. Dan untuk mendapatkan kevakuman ini maka konstruksi dari booster rem harus rapat dan tidak boleh ada tekanan udara luar yang masuk ke dalam ruang bakar mesin, secara sederhana gambarnya seperti di bawah ini .

cara-kerja-booster-rem

Gambar ini saya ambil dari revsters.com dan saya edit ulang

Gambar di atas mungkin yang paling sederhana agar mudah untuk di pahami, pada gambar yang di kotak merah itu adalah booster rem di dalam booster rem ini terdapat push rod atau batang besi yang tersambung dengan pedal rem, apabila pedal rem di tekan maka akan bergerak maju dan mendorong master rem yang berada di depan booster rem.

Di dalam booster rem ada 2 ruangan utama yaitu yang di batasi dengan diafragma atau sekat, di bagian depan booster rem terdapat ruangan vakum(warna hijau) atau udara yang di hisap dari saluran udara masuk yang ke mesin yang terhubung melalui selang vakum seperti pada gambar di atas, tekanan udara vakum ini lebih rendah dari udara atmosfir.

Ketika pedal rem di tekan ada udara luar yang masuk ke ruangan no 2 sehingga terjadi perbedaan tekanan antara ruang 1 dan ruang 2 karena ruang 1 adalah vakum makan tekanan lebih rendah sehingga akah terjadi peningkatan tekanan dan membantu push rod untuk bergerak ke depan dan pengereman menjadi lebih ringan.

Nah sekarang hubunganya dengan mesin adalah, jika karet diafragma mengalami kerusakan dan kebocoran maka akan ada udara luar yang masuk ke mesin melalui booster rem ini, karena selang vakum ini berada di bawah katup throtle maka akan terjadi penambahan udara di saluran masuk tanpa melalui throtle akibatnya udara menjadi lebih banyak dari pada bahan bakar yang seharusnya, dan tidak terjadi keseimbangan antara bahan bakar dan udara, hal ini lah yang menjadikan mesin saat di rem menjadi pincang. Tidak hanya pada bagian diafragma saja tetapi ada seal –seal lain yang bisa mengakibatkan kebocoran udara luar.Saat terjadi kebocoran ini indikatornya selain  mesin pincang-pincang adalah pedal rem akan menjadi berat karena tidak ada tenaga kevakuman yang membantu push rod bergerak ke depan.

Bagaimana dengan booster rem yang tidak mengalami kebocoran apakah ketika di tekan-tekan pedal rem ada perubahan pada mesin, memang ada perubahan jika anda menggerakkan pedal rem secra cepat dan berulang-ulang kali tapi cukup kecil sekali, anda bisa mencoba di mobil anda sendiri.

Demikian sedikit penjelasan mengenai mesin pincang saat pedal rem di tekan, mohon maaf bila ada penjelasan yang salah kami juga terus belajar mohon kritik dan sarannya untuk kebaikan semua, terima kasih.

Incoming search terms:

  • fungsi selang vakum booster rem
  • mesin mobil mati saat injak rem
  • pengaruh vakum rem pada mesin mobil
  • CNC tekan rem mesin tentang Indonesia
  • mobil carry kalau di rem langsam
  • kendala di injak rem rpm naek
  • jalur selang vakum kijang 7k
  • Jalur minyak rem
  • tekan rem tentang Indonesia
  • Efek mobil di rem RPM naik

2 thoughts on “Penyebab Mesin Mobil Pincang Saat Pedal Rem Di Tekan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *