Penyebab Mesin Mobil Brebet

Posted on

MOBILUPDATE.NET – Brebet ini adalah istilah umum yang banyak di gunakan oleh masyarakat untuk menyebutkan mesin yang bermasalah walaupun ini bukan bahasa baku tetapi istilah ini sudah umum di gunakan dan hampir semua orang yang paham dengan mesin mobil jadi istilah ini tidak asing lagi.

Brebet ini terasa seperti tenaga yang terputus-putus salah satu contohnya misalnya saat berjalan di jalan tol dan ingin mendahului dengan menekan pedal gas tiba-tiba tenaga mesin tidak mau naik dan seperti mau mati, brebet bisa terjadi saat mesin panas, saat rpm rendah, saat rpm tinggi, saat mesin masih dingin atau juga saat kondisi menanjak.

Dari semua kasus di atas pada dasarnya penyebab mesin brebet itu hanya dari 2 sistem yaitu pengapian dan bahan bakar, bagaimana cara menangani mesin brebet ini? Pertama kita harus mengetahui gejala brebet ini terjadi di mobil apa, saat kondisi apa ,sistem pengapian dan bahan bakarnya apa, dengan mendapatkan data-data tersebut memudahkan kita untuk menganalisa penyebabnya, apakah dari sistem bahan bakar atau dari pengapian dan komponen apa yang bermasalah.

Jadi di postingan ini akan kami bahas kira-kira komponen yang memungkinkan menjadi penyebab mesin brebet secara umum artinya bisa saja terjadi di mobil yang sudah menggunakan sistem bahan bakar injeksi ataupun masih menggunakan karburator, atau mobil yang masih menggunakan sistem pengapian konvensional (platina dan kondensor) atau yang sudah menggunakan pengapian langsung (direct ignition)

Penyebab Brebet Dari Sistem Bahan Bakar Konvensional Dan Injeksi

gambar-sistem-bahan-bakar-injeksi

Tangki bahan bakar kotor dan korosif, kebiasaan sering membiarkan tangki bahan bakar terisi dalam jumlah sedikit tanpa di sadari akan membuat kerusakan di dalam tangki terutama yang masih menggunakan bahan plat besi,hal ini di sebabkan terjadinya kondensasi dari dari uap bensin menjadi air yang mengakibatkan terjadinya karat di dalam tangki, di tambah lagi dengan kondisi bensin saat melakukan pengisian belum tentu 100% bersih karena kita tidak tahu kondisi di tangki penyimpan SPBU. Jika kotoran semakin banyak di dalam tangki maka akan terhisap masuk oleh pompa bahan bakar dan ini akan mempercepat kerusakan pada saringan bensin ataupun ke injektor (jika sudah injeksi).

Kotoran ini akan menumpuk di saringan dan menyebabkan suplai bahan bakar yang masuk ke dalam mesin akan berkurang sehingga timbul brebet pada mesin, pun demikian jika kotoran masuk ke dalam injektor maka akan menutup lubang pada injektor dan proses pengabutan menjadi tidak sempurna akibatnya pembakaran kurang maksimal dan konsumsi bahan bakar semakin boros. Sebagai pencegahan permasalah tangki bahan bakar anda sesekali harus melakukan pengurasan tangki bahan bakar dan selalu menjaga agar tangki tidak dalam posisi minim bahan bakar paling tidak ½ atau ¾ dari kapasitas tangki.

Incoming search terms:

  • mesin mobil brebet saat dingin
  • mesin brebet saat dingin
  • mesin mobil brebet saat panas
  • sistem pengapian mesin mobkil
  • mengatasi kondensor mobil rusak
  • kerusakan mesin mberebet saat mesin panas
  • mesin mobil brebet dan mesin kasar
  • ciri kondensor mobil rusak
  • brebet mobil mitsubishi kuda bensin
  • pengapian platina

One thought on “Penyebab Mesin Mobil Brebet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *