Penyebab Bunyi Bagian Depan Lexus LS460

Posted on

Mobilupdate.net – Pada artikel ini saya akan sedikit membahas mengenai kasus bunyi-bunyi pada kendaraan Lexus LS460, mobil tipe sedan dari Lexus ini cukup banyak di miliki oleh orang-orang di Indonesia karena desainnya cukup mewah dan memiliki tingkat kenyamanan cukup tinggi, sebagai gambaran Lexus LS460 dengan kode rangka USF40 ini menggunakan engine seri 1URFSE dengan kapasitas mesin 4600 CC bensin, betapa besar tenaganya yang di hasilkan dari mesin sebesar itu.

Gambar Lexus LS 460 2008

Kembali ke topic nunyi-bunyi pada bagian depan, kasus ini terjadi atau muncul saat melewati jalan tidak rata bunyi nya seperti “jedug,jedug” terutama saat mobil bagian depan naik turun semakin rusak jalannya semakin keras bunyinya, dan setelah di bawa ke bengkel untuk di periksa ternyata di temukan bushing lower arm mobil ini sudah aus, bushing ini adalah karet dengan kualitas tinggi yang di jadikan satu dengan lower arm, gambaran desainnya seperti di bawah ini.

Konstruksi Lower Arm Lexus LS460

desain lower arm lexus LS460

Desain gambar di atas kami ambil dari catalog untuk Lexus LS 460, mobil ini bagian suspensi depannya tiap satu sisi menggunakan 2 lower arm, lower arm ini ada di bagian depan dan belakang knucle, untuk yang bagian depan sudah menjadi satu dengan ball joint pada salah satu ujungnya, sedangkan di ujung satunya adalah bushing karet yang di pres menyatu dengan besi arm, maka dari itu jika bushing ini rusak harus ganti sama lower arm nya karena tidak bisa di ganti bushingnya saja, jika di mobil gambarnya seperti di bawah ini ya

gambar kerusakan bushing arm lexus LS460

Foto ini dari salah satu customer kami yang mengalami kerusakan pada komponen ini. Di arm ini juga di ikat ke link stabilizer, komponen seperti ini bila pemakaian di atas 7 tahun biasanya sudah mulai aus, apalagi ini mobil usianya sudah 11 tahun.

Gejala Kerusakan Bushing Arm

Salah satu gejala paling mudah terasa adalah adanya bunyi-bunyi ya, saat jalan tidak rata, jika bushing sudah benar-benar parah maka lower arm ini akan oblak atau goyang, jika kena beban mobil bisa lebih parah lagi.

Jika ada bunyi yang di rasa abnormal bisa segera di cek ke bengkel, kerusakan seperti ini langsung terlihat ketika mobil di naikkan lift sehingga bisa langsung di identifikasi, yang jadi masalah adalah apakah spare part mobil ini selalu ada terutama untuk part yang slow moving seperti ini.

Penyebab Bunyi Lainnya Selain Bushing

Selain bushing pada bagian suspensi depan juga banyak lagi komponen lainnya yang bisa menyebabkan bunyi-bunyi seperti stabilizer link, shock absorber, support, ball joint, drive shaft dan masih banyak lainnya. Komponen ini harus di cek secara detail pada saat pemeriksaan di bengkel.

Pengecekan bunyi-bunyi juga harus di simulasikan artinya, saat di bengkel petugas bengkel harus menyamakan persepsi bunyi yang di maksud dengan pemilik kendaraan, dan ini harus di coba di area dimana bunyi yang di maksud tersebut muncul.

Kembali di bushing lower arm tadi ya, karena ini part jadi satu dengan lower arm maka jarang sekali ada toko yang stock part seperti ini dan besar kemungkinan harus inden dulu untuk pembeliannya, berat masing-masing arm sekitar 4 kg, jika anda memiliki mobil ini dan sedang bingung mencari part nya, anda bisa kontak no wa di 081252856060 atau chat langsung di bawah ini untuk konsultasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *