Penyebab Aki Mobil Sering Habis

Posted on

Penyebab Aki Soak – Pernahkah suatu ketika di pagi hari ketika anda ingin pergi ke kantor atau kemana saja saat mau menyalakan mobil tiba-tiba tidak bisa hanya suara “tek,tek,tek” alias akinya tekor atau soak. Di artikel kali ini kita akan membahas beberapa penyebab kenapa aki mobil cepat habis, simak sampai habis ya.

Penyebab Aki Mobil Sering Soak
gambar hanya ilustrasi

Aki mobil secara umum menggunakan tegangan 12 volt, aki mobil ini terdiri dari element-element yang mampu meyimpan arus listrik, untuk itulah pada semua mobil terdapat sistem pengisian yang melibatkan alternator (dinamo isi) untuk mengisi kembali arus listrik di aki atau baterai. Banyak orang yang tidak sadar dan menganggap melakukan perawatan aki mobil adalah hal sepele sehingga banyak yang mengabaikan komponen ini, di bawah ini kami tulis beberapa hal yang bisa menyebabkan aki mobil soak atau habis.

Aki Mobil Memang Sudah Rusak Dan Tidak Bisa Menyimpan Arus

Seperti saya sampaikan di atas,aki mobil ini terdiri dari beberapa element yang berfungsi menyimpan arus, karena unsur pemakaian yang lama dengan asumsi semua sistem pengisian bekerja secara normal maka kemampuan aki menyimpan arus juga akan menurun dan lama-lama tidak mampu menyimpan sama sekali. Jika anda melakukan perawatan rutin di bengkel resmi aki menjadi salah satu bagian pengecekan yang utama.

Ada beberapa alat yang bisa digunakan yang paling sederhana adalah menggunakan hidrometer dengan cara melihat berat jenis air aki, jika saat di periksa berat jenis dalam level merah maka kemampuan aki untuk menyimpan arus sudah berkurang, jika di level kuning masih bisa di kuras dan di charger ulang, yang kedua adalah memeriksa voltage drop yaitu seberapa banyak penurunan tegangan aki ketika mesin di starter, jika saat di starter menunjukkan angka di bawah 9 volt maka siap-siap sediakan budget untuk ganti aki.

Sistem Pengisian Tidak Bekerja Normal

Aki hanya sebagai tempat menyimpan sumber energi arus yang mengisi adalah dari sistem pengisian terutama alternator, cara mudah melakukan pengecekan kemampuan mengisi ini adalah dengan cara menggunakan avometer di set ke Voltage pasang pada kedua terminal bateray (+) dan (-) naikkan rpm mesin hingga 2000 rpm dan perhatikan berapa angka tegangan yang di tunjukkan oleh avomter rentang normalnya adalah 13,8 v hingga 14,5 v (ada yang 14,8) jika sampai 15 ke atas berarti ini overcherger tretapi jika kurang dari 13 maka ini sistem pengisian kuran dan harus di periksa pada bagian alternator.

Kerusakan pada alternator yang sering adalah brush atau sikat sudah habis karena aus, jika ini yang rusak gampang sekali pergantiannya tetapi ada kerusakan lain yang untuk mobil saat ini harus di ganti satu set alternator yaitu kerusakan pada ic regulator, dimana fungsi ic regulator ini adalah untuk mengatur arus yang di suplay ke aki. Jika mobil – mobil lama belum menggunakan ic tetapi masih menggunakan diode yang di gunakan untuk mengubah arus ac menjadi dc. Cara mengecek pengisian selain pada aki bisa menggunakan avometer dengan menempatkan terminal (+) pada terminal 50 alternator dan terminal (-) pada massa (ground atau terminal negatif aki) jika tegangan kurang dari 13 volt maka segera periksa alternator anda dengan cara di bongkar.

Belt pemutar alternator putus, fan belt di hubungkan dari pulley ke alternator, karena alternator berputar dengan tenaga mesin, maka ketika di jalan mengalami belt alternator putus maka sistem pengisian akan mati dan aki tidak mendapatkan suplai arus sehingga tekor, tetapi untuk mobil saat ini sudah banyak menggunakan serpentine belt jadi satu belt untuk semua komponen di mesin, lebih kuat, lebih awet tetapi lebih mahal.

Adanya Arus Parasit

Apa itu arus parasit, istilah ini digunakan ketika aki di cek sudah oke, pengisian oke tetapi tiba-tiba sering tidak kuat lagi untuk starter. Pada saat kunci kontak off seharusnya semua sistem di matikan kecuali alarm, nah jika ada sistem lain yang tetap kerja saat kunci kontak off ini akan mengambil arus dari aki dan lama kelamaan habis, sebagian besar kasur ini di sebabkan karena rangkaian elektrik yang tidak sesuai, misal rangkaian audio, rangkaian power window, untuk rangkaian power window ini sering sekali kasusnya terutama untuk mereka yang memiliki mobil dengan power window pasangan sendiri (bukan dari pabrik) ketika kunci kontak off dan di cabut banyak power window yang masih bekerja, ini akan memakan arus dari aki dan ketika mau di pakai menghidupkan mesin sudah tidak kuat lagi.

Lupa Menutup Rapat Pintu Atau Matikan Lampu

Lho apa hubungannya? Mobil masa kini sudah menggunakan switch atau saklar di semua pintu yang digunakan untuk mendeteksi apakah semua pintu sudah menutup rapat karena ini berhubungan dengan sistem alarm, ketika pintu ada yang masih terbuka alarm tidak mau kerja. Ketika anda meninggalkan mobil dan posisi pintu belum rapat hal ini akan membuat saklar bekerja dan menyalakan lampu peringatan di dashboard jika hanya dalam waktu beberapa saat tidak masalah tetapi jika dalam waktu satu malam, pagi harinya bisa habis akinya. Begitupun jika kita lupa mematikan lampu maka bisa menyebabkan aki habis walaupun ini jarang sekali terjadi.

Itulah beberapa hal yang pernah kita jumpai di lapangan kenapa aki mobil cepat habis, untuk merawat aki di rumah selalu periksa kondisi terminal aki apakah kurang rapat dan ada kotoran, jika masih menggunakan aki basah meriksa jumlah airnya jangan sampai kering. jika melakukan perawatan di bengkel resmi biasanya akan di periksa lebih canggih lagi dengan menggunakan alat canggih yang bisa mendeteksi kerusakan lebih akurat dan bisa di print hasil analisa tersebut, terima kasih semoga bermanfaat dan silakan di share ke sosial media anda.

Incoming search terms:

  • penyebab aki mobil sering drop
  • penyebab aki mobil habis sendiri
  • penyebab aki tidak bisa menyimpan setrum
  • aki mobil tidak menyimpan arus
  • aki mobil cepat habis
  • aki mobil sering drop
  • penyebab aki mobil tidak menyimpan
  • aki mobil habis sendiri
  • kenapa air accu mobil cepat kering
  • penyebab aki sering habis

18 thoughts on “Penyebab Aki Mobil Sering Habis

  1. halo, saya mau nanya, saya pakai taft badak f50, kalo buka ac, buka lampu malam jalan kira2 1 bln, battery lsg sulit utk starter lagi, kenapa ya?

    1. berarti akinya tekor bang
      coba di cek sistem pengisian dan apakah ada arus parasit, ( arus yang terus keluar meski kunci kontak off), pastikan juga bateray sesuai dengan spesifikasi mobil, penambahan accesories yang berhubungan kelistrikan juga perlu di cermati soal rangkaian nya

  2. kenapa mobil saya akinya sering tekor,aki baru,kadang seminggu kadang sebulan sekali sering ngecas aki,gk kuat untuk start,kijang tahun 1985

    1. selamat pagi

      pertama : periksa sistem pengisiannya pak
      kedua : cek apakah ada arus keluar saat kunci kontak off atau di cabut, ini adalah kasus yang sering terjadi, meski kunci kontak off ada arus yang keluar dari aki, ini di sebut arus parasit, sehingga menyebabkan aki sering tekor

  3. Saya punya carry 1.5 bang aki nya selalu tekor kalau di off mesin sedang kan zinamo isi mash topcer padahal aki baru bang mohon arahanya

  4. Mobil : Avanza
    Apakah aki mobil bisa langsung drop hanya karena digunakan cas powerbank selama -+3mnt? Dan harus ganti aki

  5. Siang pak, bukannya emang ada arus ke ECU seklipun mobil dalam keadaan off?? mgkin itu yang menyebabkan AKI tekor.
    soalnya sy mengalami hal sama. Aki drop hanya 1 malam

    1. pagi, arus stand by ke ecu selalu ada, tapi kecil sekali, tidak hanya ecu tapi juga modul alarm juga, kalau arus standby ke sistem seperti itu bikin tekor, semua mobil pasti akan tekor pak tidak ada yang bisa nyala besuk paginya.. yang bikin tekor ada arus yang keluar atau sistem yang bekerja di luar sistem yang dijinkan,

  6. kalau dinamo starter yang bermasalah, mobil tidak bisa di hidupkan atau di starter, akan tetapi lampu mobil masih bisa hidup dengan terang. benarkah demikian?

  7. Panther 92. Aki sering tekor. Klo mau pake harus ngecas dl. Kyknya gk bisa simpan setrum. Accessories dah sy cabut semua. Tp tetep aj drop. Aki baru 1 tahun. Gmn solusinya pak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *