Mengenal Oskilasi Atau Pergerakan Body Pada Kendaraan

Posted on

MOBILUPDATE.NET – Sistem suspensi pada kendaraan di desain untuk meredam segala bentuk perubahan yang di alami mobil akibat adanya gaya dari luar baik itu yang di sebabkan karena jalan gelombang atau karena situasi berkendara seperti saat menikung tajam atau melaju dengan kecepatan tinggi pada kondisi jalan yang tidak rata.

pengertian oskilasi pada kendaraan
gambar dari : http://www.kitapunya.net/

Dalam istilah otomotif di kenal dengan nama oskilasi yaitu pergerakan body mobil yang di akibatkan adanya gaya dari luar yang di timbulkan saat berkendara, ada beberapa macam istilah di dalam oskilasi ini yang mewakili ke arah mana body kendaraan tersebut bergerak berikut ini sedikit mengenai ulasannya.

Pitching

Arah gerak body mobil depan dan belakang yang naik turun terhadap titik tengah dan di lihat dari samping, pergerakan naik turun bagian depan tidak mempengaruhi bagian belakang begitu juga sebaliknya, mobil yang mengalami pitching biasanya di sebabkan karena pegas yang sudah lemah.

Rolling

Mungkin istilah ini yang lebih sering terdengar, rolling ini adalah pergerakan saat mobil berbelok secara tajam, penumpang di dalam seperti terlempar ke salah satu arah, jika belok ke kiri posisi body mobil bagian kiri akan sedikit lebih terangkat begitu juga dengan sebaliknya, pada situasi seperti ini ada salah satu pegas yang mengkerut dan lainnya mengembang, jika suspensi sudah rusak saat digunakan untuk membelok tajam, mobil akan terasa limbung seperti mau terbalik.

Bouncing

Bouncing ini hampir sama dengan pitching , persamaanya tetap dilihat dari samping sedangkan perbedaanya adalah bouncing ini gerakan naik turun kendaraan secara keseluruhan baik depan atau belakang secara bersamaan saat melalui medan jalan yang bergelombang, jadi ketika bagian depan naik otomatis bagian belakang akan ikut naik begitu juga sebaliknya, hal ini di sebabkan karena pegas yang lemah.

Yawing

Posisi yawing ini di lihat dari atas kendaraan, gerakan yawing adalah ke kanan dan kiri terhadap titik tengah kendaraan.

Itulah beberapa macam oskilasi atau perubahan gerak body mobil yang mungkin bisa menambah sedikit pengetahuan anda tentang otomotif.

Incoming search terms:

  • pengertian oskilasi
  • gerakan naik turun body kendaraan secara keseluruhan disebut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *