Pengertian Drive Shaft dan Masalahnya

Posted on

Mobilupdate.net – Berbicara mengenai penggerak roda dalam sebuah mobil tentu tidak lepas dari istilah “shaft” ada yang namanya axle shaft, propeller shaft, drive shaft, semua komponen itu masuk dalam sistem power train atau pemindah daya, pada tulisan saya kali ini akan saya bahas tentang drive shaft tapi sebelum itu sedikit saya bahas perbedaan ketiga istilah tadi walaupun sama-sama menggunakan kata “shaft” oke.

Perbedaan Axle shaft, Drive shaft, dan Propeller shaft

  • Axle shaft
    gambar axle shaft

Di atas adalah gambar axle shaft desainnya kaku tidak bisa fleksibel pada ujung yang melingkar ada lubang-lubang itu di pasang pada roda sedangkan ujungnya masuk pada gardan, di pasang di dalam gardan belakang atau depan yang hampir semua di gunakan di kendaraan niaga saat ini, fungsinya adalah meneruskan gaya putar dari gardan ke roda kanan kiri.

  • Propeller shaft

gambar propeller shaft

Kalau ini propeller shaft, jika axle shaf meneruskan tenaga putar dari gardan ke roda, propeller shaft ini fungsinya meneruskan tenaga putar dari transmisi atau transfer ke gardan, baik gardan depan ataupun belakang, desainnya di bagian ujung di buat flexibel karena ada perubahan baik turun dan tentu bisa bergeser maju mundur, terbuat dari tabung baja yang sudah di balance untuk meminimalisir getaran.

  • Drive shaft
    gambar drive shaft

Drive shaft hampir mirip dengan axle shaft sama-sama meneruskan putaran ke roda, bedanya drive shaft ini di desain flexibel karena ada perubahan sudut putar dan juga bisa bergeser panjang pendek, kotak merah itu cv joint dan kotak hijau tripod joint di dalamnya bisa bergeser maju mundur.

Sekarang sudah tahu kan bedanya yang sama-sama menggunakan kata “shaft” beda bentuk dan fungsinya yang pasti. Karena di postingan ini kita akan fokus membahas tentang drive shaft jadi mari lanjutkan membaca J

Fungsi Dan Cara Kerja Komponen Drive shaft

Fungsi Drive Shaft adalah meneruskan putaran dari transmisi atau transaxle ke roda-roda dengan lembut. Drive shaft pada umumnya di gunakan untuk mobil yang menggunakan penggerak depan.  Karena bagian depan sudut roda bisa berubah-ubah saat berbelok maka drive shaft di desain untuk bisa memanjang dan memendek serta tetap bisa berputar dengan lembut mesti harus bergerak naik turun karena perubahan kontur jalan, untuk itu di bandingkan axle shaft, drive shaft memiliki konstruksi yang lebih rumit, ada beberapa komponen di dalamnya yang saling bekerja sama, mari lanjut di bawah ini.

Jika gambar utuh konstruksi drive shaft seperti sebelumnya (cek gambar sebelum ini) maka biar lebih jelas saya berikan sketsa bagaimana jika drive shaft ini di bongkar, gambar di atas adalah desain drive shaft pada kendaraan Toyota Harrier atau Lexus RX 300 hanya sebagai contoh yang kurang lebih sama secara umum di gunakan di kendaraan lain secara fungsi mungkin hanya bentuk nya yang berbeda, saya berikan nomor setiap komponen utama dan akan kami jelaskan di bawah ini lebih detail satu persatu.

  1. Tripod Jointgambar tripod jointKomponen yang pertama adalah Tripod Joint, desainnya adalah 3 buah roller bearing yang di ikat menjadi satu, roller bearing ini bertujuan agar shaft bisa bergerak maju mundur dan naik turun di dalam rumah bearing, secara kesatuan part ini disebut dengan inboard joint assy. Ini adalah part yang sering mengalami kerusakan ketika kendaraan sudah di pakai cukup lama karena sudah aus atau macet tidak terlumasi lagi, biasanya yang rusak adalah tripod jointnya sedangkan rumahnya (housing) jarang mengalami kerusakan. Untuk produk part genuine (original) biasanya harus beli satu set (tripod dan rumahnya) tapi untuk produk aftermarket bisa beli tripod joint saja.
  2. Tripod Housing
    gambar tripod housing

    komponen ini adalah rumah atau tempat dari tripod joint, pada ujung shaft yang di beri tanda panah adalah tempat masuknya ke dalam transaxle dimana di sana ada coakan atau celah yang digunakan untuk pengunci, saat pemasangan atau pembongkaran sebaiknya hati-hati agar tidak melukai seal drive shaft.
  3. Case Sub Assy Shaft Bearing

    gambar case bearinguntuk part ini sebenarnya tidak semua konstruksi Drive shaft ada, komponen ini di gunakan pada mobil yang ukuran drive shaft nya panjang atau biasanya di pasang yang sebelah kanan, fungsinya sebagai tumpuan dari panjang shaft tersebut dan mengurangi gaya inersia dari drive shaft agar pergerakan lebih halus, di tengah komponen ini adalah bearing yang di pasang dengan cara di press.
  4. CV Joint (Constant Velocity)gambar cv joint assyIni adalah bagian utama dari drive shaft, namanya CV joint (kotak di gambar) typenya adalah Rzeppa joint (terserah mau di baca apa), orang bengkel biasanya sebut dengan nama kokel atau as tarik dan beberapa istilah lainnya, pada umumnya konstruksi nya tidak bisa di bongkar karena sangat presisi sekali, disana terdiri dari bola-bola baja yang menjadi satu kesatuan seperti pada gambar di atas, CV joint harus bisa bergerak seiring dengan perubahan sudut belok roda sambil terus berputar. Part ini di lumasi oleh grease yang terbungkus rapat oleh karet penutup atau boot drive shaft. Gambar panah biru adalah shaft yang masuk ke transmisi dan yang panah merah ada gigi sleeve yang terhubung dengan hub roda depan yang di ikat dengan mur pengunci dan ini yang terhubung dengan roda depan.
  5. Boot Drive Shaft

    jual boot drive shaft toyota wish original 081252856060Komponen selanjutnya adalah karet penutup bearing drive shaft, setiap sisi ada 2 bagian yaitu luar dan dalam, bentuknya beda bagian dalamnya. Perlu di ketahui karet ini bukan karet dengan kualitas seadanya asal bisa nutup, boot drive shaft sangat kuat karena harus tahan panas, tahan air, elastisitas tinggi, karet ini melindungi bearing dari kotoran dari luar dan juga mencegah grease (pelumas) agar tidak keluar agar pelumasan maksimal.Biasanya seiring pemakaian karet ini akan rusak di awali dengan retak-retak dan sobek biasanya pemakaian antara 5-10 tahun akan mengalami kerusakan, harga karet ini cukup mahal karena memang kualitasnya sangat bagus yang original, kalau asal nutup banyak yang jual imitasi harga ratusan ribu, biasanya beberapa bulan sudah rusak lagi. Efek jika ini rusak dan sampai pelumas grease keluar maka bearing bisa rusak dan biaya pergantiaanya jauh lebih besar dari pada mengganti karet ini, tambahan nih jika anda membeli karet ini original anda sudah mendapatkan pelumasnya sekalian.
  6. Shaft gambar shaft tripodPart ini sebenarnya hanya shaft yang masuk ke dalam tripod joint, jika gambarnya di panjangkan shaft ini jadi satu dengan CV joint.
  7. Damper Damper ini digunakan untuk meredam getaran, terbuat dari karet yang di pasang pada main shaft. Jarang sekali ada pergantian part ini di lapangan.
  8. Pengunci Boot Drive Shaft

    Model seperti gambar di atas yang paling banyak digunakan, pengunci model seperti ini cukup kuat, karena tidak menggunakan sekrup, tapi di press pada bagian yang di kotak merak saat pengunci sudah masuk lubangnya, kelemahannya adalah model seperti ini hanya sekali pakai, karena waktu di bongkar biasanya akan rusak, untuk itu setiap pembelian boot drive shaft yang original selalu satu paket sama pengunci ini.
  9. Seal Drive ShaftSeal ini sebenarnya bukan bagian dari part drive shaft karena ini masuk ke dalam seal transaxle, tetapi pada umumnya ketika melakukan perbaikan drive shaft, seal ini sekalian di ganti selain karena ini satu pekerjaan juga walaupun tidak ada kebocoran oli, harganya juga murah, untuk sisi kanan dan kiri biasanya beda ukurannya, bagian luar dan dalam juga beda bentuk ya, salah pasang pasti bocor.

Di atas adalah beberapa part utama yang ada dalam drive shaft, beda pabrikan mungkin beda bentuk konstruksinya tapi secara garis besar jika anda sudah memahami part-part di atas pasti akan paham jika melihat asli di lapangan dari berbagai merek mobil, selanjutnya kita akan bahas bagaimana mengidentifikasi kerusakan yang terjadi pada drive shaft ini jika anda sebagai pengguna mobil.

Gejala Drive shaft Rusak

Karena drive shaft bekerja terus selama mobil ini digunakan dan karena ini barang ciptaan manusia pasti ada waktu nya kapan part-part dari drive shaft ini akan rusak, salah satu gejala terjadi kerusakan adalah timbulnya bunyi-bunyi saat jalan terutama jalan yang bergelombang, pada awal terjadi kerusakan tedengar bunyi “kletek-kletek” halus saat berbelok hal ini karena ada perubahan sudut pada cv joint lama kelamaan jika rusak makin parah bunyinya akan lebih keras ketika belok.

Ketika jalan lurus dan timbul bunyi yang seiring dengan putaran roda hal ini bisa terjadi karena bearing yang rusak, dan bisa jadi tripod joint yang mengalami kerusakan, untuk itu sebagai pemakai kendaraan kita harus peka terhadap bunyi-bunyi yang sekiranya upnormal dari biasanya, segera bawa ke bengkel dan naikkan mobilnya lihat semua kondisi di bagian bawah apakah ada grease atau pelumas yang keluar, cek kondisi boot drive shaft nya pada umumnya jika sudah bunyi parah karet boot ini sudah sobek dan ini harus di turunkan untuk di perbaiki.

Cara Bongkar Pasang Drive shaft

sekarang adalah tahap-tahap melakukan bongkar pasang ya gan, mohon maaf sebelumnya misal kurang lengkap nanti ya mohon koreksi ya.

  • Pastikan sebelum kendaraan di angkat ke lift untuk di naikkan lepas dulu terminal negative baterai dan juga kunci kontak jangan di lock karena nanti akan di geser-geser, pastikan juga transmisi sudah posisi netral.
  • Jika kendaraan kendaraan sudah naik siapkan dulu tempat untuk menampung oli transmisi karena saat melepas drive shaft oli harus di kosongkan dulu agar tidak tumpah, tap atau keluarkan oli transmisi dahulu sampai tuntas.
  • Lepas ban depan kanan kiri, Jika sudah lepaskan baut pengikat knuckle dengan lower arm agar bisa lebih bebas di tarik ke arah luar saat mengeluarkan ujung drive shaft dari transmisi.
  • Ujung shaft ini terkunci dengan bagian dalam output transmisi, biasa mengeluarkan ini perlu di pukul menggunakan batang kuningan agar drive shaft tidak rusak atau juga bisa menggunakan SST atau alat khusus yang memang di gunakan untuk mengeluarkan drve shaft biasanya bentuknya seperti ketapel, bengkel – bengkel resmi pasti punya alat seperti ini.
  • Jika sudah bisa keluar ujung shaft nya buka bagian pengunci karet boot drive shaft untuk melihat tripod joint nya dan juga melihat kondisi cv joint.
  • Periksa kondisi tripod joint dan cv joint apa hanya perlu di bersihkan dan di beri pelumas ulang, kalau perlu di ganti berarti cv joint harus di lepas dari knuckle dengan cara melepas mur pengunci pada ujung hub roda.
  • Pekerjaan seperti ini lebih mudah di kerjakan jika drive shaft in dan out di lepas semua di bawah, tapi ada beberapa konstruksi yang cukup di lepas inner saja outernya tetap nempel di knuckle.
  • Setelah semua part perbaikan sudah di pasang, pasang kembali drive shaft ke transmisi, pada bagian ini yang sangat penting adalah jangan sampai ujungnya merusak seal oli karena area ini rawan sobek, biasanya ujung drive shaft perlu di ketuk atau di pukul untuk benar-benar masuk dan terkunci dengan sempurna.
  • Jika sudah terpasang semua periksa lagi sebelum oli transmisi di masukkan apakah semua pengunci karet boot juga sudah terpasang dengan kuat, putar-putar ujung roda hingga drive shaft berputar lembut dan tidak ada bunyi-bunyi yang upnormal, setelah itu masukkan oli transmisi kembali.
  • Turunkan kendaraan dan lakukan test jalan
  • Setelah test jalan sebaiknya di naikkan lagi kendaraan dan pastikan tidak ada kebocoran oli atau pelumas dari area yang sudah di kerjakan.

Vidio Bongkar Pasang Drive Shaft

Untuk lebih jelasnya cara bongkar pasang ini anda bisa mencari video di youtube yang relevan atau bisa lihat video di bawah ini

Perbaikan pada Drive shaft

Jika di atas sudah  ada gambaran cara bongkar pasang drive shaft secara garis besar, disini saya hanya sebuah kesimpulan saja beberapa hal ini adalah yang umum di lakukan perbaikan pada drive shaft sesuai pengalaman.

  • Ganti karet boot drive shaft, karet di ganti jika sudah melar, sobek, atau beberapa malah sudah hampir hilang.
  • Ganti tripod Joint, dalam kondisi cukup parah bearing tripod joint akan aus dan ini kalau original harus beli satu set jika after market biasanya ada juga.
  • Ganti Inner housing atau rumah bearing tripod, kasus ini jarang sekali ada tetapi juga ada juga yang harus sampai ganti rumahnya karena aus bagian dalamnya jika tidak di ganti timbul bunyi.
  • Ganti cv joint,  jika sudah terlalu lama aus biasanya akan terlihat jelas rusaknya mau tidak mau harus di ganti, bisa di ganti pada bagian outer saja.
  • Ganti satu set Drive Shaft,  ganti satu set memang cukup enak tinggal pasang saja semua yang rusak sudah pasti beres, minusnya harga nya mahal.

Harga Drive shaft

Drive shaft ini bisa jadi merupakan komponen yang harganya mahal dalam sebuah kendaraan, kebanyakan saat ini customer akan melakukan pergantian satu set utuh atau assy. Tiap mobil atau pabrikan memang beda-beda harganya tapi yang pasti untuk satu set utuh (satu sisi saja) harganya di atas 5 juta, dari pengalaman saya di Toyota rata-rata harganya 5 juta ke atas, saya tidak bisa memberikan rincian harga masing-masing pabrikan karena saya juga tidak punya data price list, kalau untuk kendaraan Toyota, jika anda ingin tahu harga drive shaft yang original anda bisa WA ke 081252856060 infokan no rangka mobil anda nanti tim kami akan membantu anda.

Cara Merawat Drive shaft

Ini adalah point terakhir yang bisa saya sampaikan di tulisan kali ini, setelah membaca dari awal semoga teman-teman disini sudah tahu bagaimana seluk beluknya drive shaft pada mobil. Setiap komponen tentunya memiliki cara perawatan agar menghindari kerusakan yang bisa berakibat fatal ketika di jalan.

Cara merawat komponen ini adalah dengan rutin melakukan pemeriksaan, ketika mobil di lakukan service berkala angkat ke atas dan periksa apakah ada kebocoran grease pelumas, pelumas di dalam part ini memang sebaiknya di ganti secara berkala mungkin setelah di pakai 3-4 tahun sebaiknya di ganti saja atau bisa setiap 40 ribu kilometer, bisa menggunakan pelumas yang di jual umum di toko-toko part agar bearing di dalamnya tetap terlumasi dengan baik untuk meminimalisir kerusakan yang lebih fatal, dan jangan lupa gunakan komponen yang berkualitas tinggi untuk part dengan kinerja tinggi seperti ini.

Silakan share dan koment jika artikel ini bermanfaat

Incoming search terms:

  • cara ganti seal inner shaft avanza
  • cara melumasi drive shaft
  • gejala tripod roda rusak
  • harga drive shaft toyota avanza
  • pengertian drive shaft
  • seal drive shaft penggerak depan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *