Panduan Cara Mengganti Ban Serep Mobil Dengan Mudah

Posted on

cara-mudah-mengganti-ban-serep-di-jalanMOBILUPDATE.NET – Mengganti ban serep mobil saat terjadi kecobocoran atau kerusakkan di jalan bagi mereka yang mengerti mobil mungkin bukan hal sulit lagi, tetapi bagi para pemula atau mereka yang bisa pakai saja tanpa mengerti sedikitpun tentang service ringan pasti kebingungan juga di jalanan apalagi kalau dalam kondisi jalan yang sepi dan jauh dari keramaian mau minta tolong siapa?

Apa Itu Ban Serep

Ban serep atau ban cadangan adalah ban yang di sediakan di mobil yang digunakan untuk menggantikan ban utama saat terjadi kerusakan di jalan, seperti pecah ban atau bocor jadi sangat penting sekali untuk memeriksa kondisi ban serep secara berkala.

Ban serep di tempatkan khusus di mobil ada yang di bagian bawah bagasi belakang, ada yang di dalam bagasi ada pula yang di taruh di pintu mobil belakang, ban serep biasanya berbeda dengan ban utama, ban serep biasanya menggunakan velg kaleng atau standart, tetapi ada juga yang menggunakan seperti velg utama. Pada kendaraan mewah seperti Alphard ban serepnya memiliki ukuran yang lebih kecil dengan seri” T” atau temporarry atau sementara, artinya ban ini tidak boleh digunakan sebagai ban utama hanya digunakan untuk saat darurat saja.

Cara Mengganti Ban Serep

Siapkan dulu peralatan yang harus anda gunakan yaitu : kunci roda, dongkrak, tanda segitiga merah pengaman yang harus anda pasang di jalan dekat mobil untuk memberi tahu pengendara lain bahwa kondisi mobil sedang darurat.

tanda-pengaman-saat-darurat

  • Turunkan ban serep dari tempatnya dan pasang tanda segitiga merah sebaga pengaman
  • Sebelum anda mengangkat mobil menggunakan dongkrak, kendorkan dulu mur roda yang akan anda lepas, putar berlawanan arah jarum jam untuk mengendorkan.
  • Jika mur sudah kendor, pasang dongkrak dan posisikan pada titik yang paling aman, jika mobil anda mobil baru dan membawa buku panduan service ada petunjuk disana. Hal ini penting sekali karena salah memasang posisi dongkrak bisa berbahaya, sebelum mobil di dongkrak pasang penahan beruba kayu atau batu di roda-roda lain untuk menjaga agar mobil tidak bergeser saat di naikkan.
  • Setelah posisi ban yang mau di ganti terangkat, segera lepas ban yang rusak dan pasang yang baru atau ban serep. Kencangkan semaksimal mungkin paling tidak sudah tidak oleng.
  • Turunkan dongkrak perlahan-lahan, dan kencangkan kembali mur roda saat mobil sudah kembali ke posisi sempurna, kekuatan mur roda ini ada batasnya, anda tidak bisa mengencangkan sekuat tenaga nanti bisa-bisa patah, anda harus memperkirakan sendiri seberapa kekuatan anda yang anda berikan ke mur roda ini agar tetap aman.
  • Kemasi peralatan yang digunakan dan segeralah cari bengkel terdekat untuk memperbaiki atau mengganti ban utama yang rusak.

titik-aman-untuk-memasang-dongkrak

Di atas hanya secara teori saja, tidak menutup kemungkinan banyak para ibu-ibu yang bingung saat mengalami kejadian seperti ini, jadi bagi siapapun anda yang merasa paham dan mengerti tentang mobil anda harus mengajarkan kepada orang-orang terdekat anda, kebocoran ban di jalanan tidak hanya murni 100% musibah tetapi bisa juga tindakan yang di sengaja seperti para penjahat yang menyebar paku, kemudian ketika pengemudi turun mereka akan melakukan aksinya.

Tips penting adalah hindari tempat sepi saat mengganti ban mobil anda, ketika ban anda bocor dan masih memungkinkan untuk di bawa ke tempat keramaian atau bengkel terdekat sebaiknya tetap di kendarai saja, saat ini hampir semua ban menggunakan tubeless jadi tidak langsung habis angin di dalam ban jika terkena paku, ini merupakan salah satu inovasi untuk kenyamanan dan keamanan berkendara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *