Penyebab Mesin Mobil Ngelitik Dan Solusinya

Posted on

Mobilupdate.net– Mesin mobil sering mengalami knocking atau ngelitik, ngelitik ini terjadi saat mobil di akselerasi dan terdengar sekali suaranya dari dalam kabin mobil seperti ”tik..tik..tik..tik..” apakah suara ini normal? Mari baca sampai bawah apa penjelasan mesin tentang ngelitik di bawah ini.

Gejala mesin ngelitik terjadi karena ada benturan piston terhadap dinding silinder, dan jika hal ini di alami secara terus menerus maka akan mempercepat tingkat keausan dinding silinder. Kenapa piston bisa menghantam diding silinder? Ini disebabkan karena pembakaran yang lebih awal dari sebelumnya, ketika pergerakan piston belum mencapai TMA (titik mati atas) saat langkah kompresi sudah terjadi pembakaran, sehingga piston akan bergetar di sepanjang dinding silinder bagian atas dan kembali bergerak turun, untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar di bawah initerjadinya knocking

Pada bagian yang di beri panah merah kanan dan kiri tersebut adalah area terjadinya piston slap atau benturan sisi piston terhadap dinding silinder ini lah yang mengakibatkan bunyi ngelitik dan akan mengakibatkan piston aus.

Kenapa piston posisinya miring? Karena sebelum piston mencapai titik mati atas piston sudah kembali turun akibat terjadinya pembakaran yang lebih awal di bagian atas oleh busi, kenapa bisa terjadi pembakaran lebih awal pda mesin?

Pembakaran bisa terjadi karena 2 hal, yang pertama karena timing pengapian lebih maju dari seharusnya lihat gambar diagram di bawah ini.

gambar kurva sistem pengapian

Ini adalah diagram paling sederhana dari sistem pengapian, dalam kondisi normal pengapian harusnya terjadi pada angka 1 biasanya sekitar 5° sebelum TMA (titik mati atas) sehingga tenaga maksimal akan tercapai di posisi 2. Pengapian mengalami kemajuan pada titik 3 (warna ungu) bisa sekita 10° sebelum TMA akibatnya titik tenaga maksimal akan berada di bawah titik 2, seperti itu kira-kira.

Pada mobil yang lama yang masih menggunakan distributor pengapian dapat di stel dengan merubah posisi distributor ke kanan atau ke kiri, untuk melihat posisi pengapian bisa di lihat pada tutup timing  di atas pulley crankshaft lebih jelasnya lihat di bawah ini.

tanda pengapian

Dalam kondisi berputar dapat dilihat dengan menggunakan timing light yaitu lampu khusus untuk melihat tanda pengapian ini, jika mobil sudah menggunakan EFI makan sebaiknya di jumper dulu terminal E1 dan TE1 (yang masih menggunakan DLC1) seperti di bawah ini, hal ini untuk mengembalikan kondisi ke basic pengapian, tapi jika menggunakan karburator tidak perlu menggunakan ini.

gambar te1 dan e1

Yang kedua adalah terjadinya pembakaran lebih awal terjadi karena adanya kerak kotoran yang membara di dalam ruang bakar, kotoran ini adalah sisa pembakaran yang di akibatkan penggunaan bbm yang mengandung banyak timbal, oleh karena itu mobil yang biasa menggunakan bahan bakar premium lebih sering mengalami mesin ngelitik, jadi solusinya adalah membersihkan ruang bakar terlebih dahulu dan gunakanlah bahan bakar yang memiliki kualitas tinggi seperti pertamax untuk meminimalisir terjadinya ngelitik.

Teknologi untuk mengurangi ngelitik

Untuk menghilangkan ngelitik produsen mobil terus mengembangkan teknologinya, pada kendaraan yang sudah tidak menggunakan distributor beberapa sensor di pasang untuk digunakan mengurangi terjadinya ngelitik ini yaitu:

Knock sensor : sensor ini di pasangkan pada blog silinder dan mendeteksi terjadinya piston slap, setiap informasi akan di rubah ke dalam bentuk sinyal dan di informasikan ke komputer, dari komputer akan menurunkan waktu pengapian jika terjadi ngelitik secara otomatis.

Oxigen sensor: oxigen sensor fungsinya untuk mendeteksi kadar oxigen dalam gas buang, biasanya di pasang pada catalityc converter, sensor ini selanjutnya akan memberikan informasi pada komputer untuk menentukan waktu pengapian dan jumlah bahan bakar yang harus di injeksikan.

Jadi dari beberapa penjelasan di atas bisa kita simpulkan untuk mengurangi ngelitik solusinya adalah:

  • Gunakan bahan bakar tanpa timbal.
  • Atur ulang waktu pengapian (untuk kendaraan menggunakan distributor).
  • Sesekali bersihkan ruang bakar baik menggunakan zat aditif atau di bongkar untuk hasil maksimal.

Demikian sedikit informasi tentang mesin mobil yang ngelitik, semoga bisa bermanfaat jika ada salah penjelasan mohon maaf yang sebesar-besarnya terima kasih dan jangan lupa di share.

Incoming search terms:

  • toyota soluna suara mesin menggelitik
  • Bunyi tik tik
  • diagram kelistrikan toyota soluna
  • knapa mesin soluna ngletrik?
  • Lepas kopling rpm drop soluna
  • penyebab mesin mobil bunyi tik tik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *