Selain Oli, Pelumas Bearing Roda Juga Harus Diganti

  • 3 min read
  • Jan 05, 2020

Mobilupdate.net –Bagian apa di mobil selain mesin yang membutuhkan pelumasan? Tentunya masih ada transmisi dan juga gardan yang membutuhkan oli untuk pelumasan. Tapi ada beberapa jenis mobil yang membutuhkan perawatan pelumasan juga selain pada komponen  mesin, gardan dan transmisi, yaitu pelumasan pada drive shaft atau as roda  untuk kendaraan yang menggunakan penggerak depan ataupun belakang yang memiliki drive shaft atau pelumas bearing untuk kendaraan yang masih menggunakan model bearing yang harus di berikan grease secara berkala.

Pelumas Bearing

bearing atau istilah bengkelnya adalah lahar roda,  adalah komponen utama di dalam setiap mobil, bedanya adalah untuk saat ini sudah tidak banyak mobil produksi baru yang menggunakan type bearing yang harus di lakukan perawatan berkala terus untuk mobil apa saja itu? yaitu mobil yang menggunakan bearing berbentuk cone atau kerucut  yang di gunakan pada bagian depan, biasanya mobil niaga yang menggunakan ini, sebagai contoh adalah Toyota Kijang sebelum generasi Kijang Innova, untuk mobil sekarang sekarang kebanyakan sudah tidak menggunakan pelumas grease bearing karena konstruksi dari dari bearing sudah berbeda.

Pelumas Pada Drive Shaft (As Roda)

cara mengganti pelumas grease pada drive shaft

Perhatikan gambar di atas, as roda pada bagian dalam berisi ball bearing yang selalu berputar, terdapat gesekan disana dan timbul panas, untuk itu di berikan pelumas berupa grease yang harusnya di ganti secara berkala atau ketika service harus sering di lihat bagian dalamnya. Memang pada bagian ini grease tertutup rapat oleh boot drive shaft sehingga tidak bisa keluar, tapi kita tidak tahu kondisi bagian dalamnya seperti apa jika tidak pernah di cek.

Sebaiknya segera di ganti ketika kedapatan kondisinya sudah jelek atau sudah mencair seperti foto di atas, efek jika pelumas ini tidak pernah di ganti adalah bisa merusak komponen joint dalam drive shaft ini dan indikator pertama yang sering keluar adalah ketika jalan sambil belok keluar bunyi “kletek,kletek” dan ini berlaku untuk semua merek mobil yang memiliki konstruksi sama.

Ganti Pelumas Bearing Roda Depan

mengganti grease pada bearing roda

Nah gambar di atas adalah proses mengganti pelumas bearing roda, baik depan atau belakang untuk kendaraan yang masih menggunakan model seperti ini. Konstruksi bearing seperti ini biasanya perlu di lakukan penyetelan kekencangan tidak terlalu rapat dan tidak terlalu renggang. Hal penting sebelum melakukan pergantian grease atau pelumas, adalah dilakukan pemeriksaan terhadap permukaan bearing dan juga rumah dari bearingnya, setelah di bongkar di bersihkan menggunakan bensin lalu keringkan, jika ada kerusakan maka akan kelihatan secara visual, bearing roda yang rusak biasanya akan menimbulkan suara gemuruh saat mobil jalan.

Setelah pemberian pelumas rakit ulang kembali dan lakukan test jalan. Banyak orang mengabaikan bagian ini, mereka biasanya baru sadar ketika pada bagian roda depan terutama di velg bagian dalam sudah mulai keluar kotoran seperti grease (ada yang pakai bahasa stempet ), grease ini keluar karena sudah sangat jelek dan mencair, karena ikut di komponen yang berputar, maka akan ikut keluar, selain menyebabkan kotor  jika tidak segera di ganti akan mengakibatkan bearing rusak parah.

Pelumas Yang Digunakan

Pelumas itu belum selalu oli, tapi oli adalah pelumas, di contoh artikel ini saya berikan beberapa contoh grease atau pelumas yang bisa digunakan untuk melumasi bagian-bagian sepert bearing roda ataupun drive shaft. Setiap pabrikan tentunya formula khusus untuk produknya, mungkin juga anda sudah memiliki beberapa produk yang di jadikan langganan untuk mewarat mobil anda.

Ini pengalaman pribadi, dari beberapa merk grease yang saya gunakan untuk perbaikan saya lebih suka menggunakan dari merk TOP 1 atau menggunakan Shell. Memang banyak sekali grease atau gemuk yang beredar di pasaran mulai dari yang murah sampai yang mahal, tetapi pertimbangan saya disini bukan masalah harganya karena ini menyangkut part yang vital tetapi masalah kualitasnya.

Syarat Grease atau gemuk  yang baik

Gemuk atau grease harus memiliki kemampuan untuk lebih tahan terhadap panas atau perubahan suhu, harus memiliki kemampuan yang tinggi untuk melindungi komponen dari karat dan oksidasi, karena part yang di lindungi seperti bearing ini adalah komponen yang memiliki kerja berat di mobil, selain harus berputar dia juga harus menahan beban dari tumpuan komponen lainnya, anda bisa coba-coba beberapa merk dan coba liat hasilnya nanti mana produk yang paling cepat membuat grease nya meleleh.

Itu mungkin sedikit coretan tentang pelumas bearing atau grease bearing atau gemuk bearing, banyak mobil sekarang sudah menggunakan konstruksi bearing yang berbentuk silinder yang di press dengan tekanan tinggi dengan presisi yang luar biasa, bahkan ada yang tidak bisa di ganti, jika rusak di ganti dengan satu set wheel hub nya, enak mekanik tidak kotor dan langsung bongkar pasang hehehe..

Silakan koment di bawah jika ada masukan, kritikan ataupun pertanyaan, silakan di share link postingan ini jika di rasa bermanfaat untuk anda dan teman-teman anda, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
ORDER SPARE PART TOYOTA BUILT UP