Mengenal Perlengkapan Alat Keselamatan Kendaraan Ketika Service

Posted on

MOBILUPDATE.NET – Merawat kendaraan adalah kewajiban pemiliki kendaraan jika ingin kondisi kendaraan tetap enak, aman dan nyaman. Melakukan perbaikan atau perawatan bisa di bengkel resmi atau bengkel biasa. Tahukah anda bahwa setiap kendaraan wajib menggunakan beberapa perlengkapan yang digunakan untuk keselamatan dan menjaga kebersihan mobil ketika di service.

gambar fender cover
gambar fender cover

Hal-hal ini sudah di terapkan di setiap bengkel resmi, tetapi untuk anda yang biasa melakukan perbaikan di bengkel no resmi coba anda amati apakah perlengkapan seperti ini sudah di terapkan untuk mobil anda, berikut ini beberapa peralatan yang umum di gunakan untuk mobil yang sedang melakukan perbaikan.

Fender Cover

Dari namanya sudah terlihat apa fungsinya, fender cover ini di pasang di bagian kanan kiri fender dan juga bagian depan radiator grille fungsinya untuk menghindari cat pada fender tergores atau kotor ketika mobil di kerjakan  dengan di tutup seperti ini jadinya aman,kerja juga lebih leluasa. Fender cover biasanya memiliki permukaan yang agak licin agar oli tidak mudah menempel dan yang pasti mudah untuk di bersihkan.

Steering Cover

Kenapa sih harus di pasang ini, tahu gak bahwa tangan mekanik yang kotor bisa jadi akan ikut mengotori setir, akan ada kotoran yang menempel disana, jika stir terbuat dari bahan yang soft wah lebih susah bersihkannya makanya harus di pasang alat ini. Steering cover ini ada yang bentuknya melingkar biasa atau ada yang besar dan menutup semua permukaan setir biar stir tetap bersih dan baru di lepas ketika kendaraan mau di serahkan ke pelanggan.

Floor mat cover

Ini juga penting sekali gan, di mana-mana kalau namanya bengkel pasti lantainya tidak sebersih dalam kantor kan, pasti ada saja kotoran yang ke bawa di alas kaki, dengan di pasang floor mat ini, maka karpet lantai akan tetap bersih, floor mat bisa berupa alas lantai yang terbuat dari bahan karet atau  lainnya yang mudah di bersihkan dan kuat

Cover Stick Transmisi

Kecil tapi sering di remehkan, stick atau tuas transmisi ini pasti di pegang di area bengkel ketika akan memindahkan kendaraan, kalau tangan bersih tidak apa-apa tapi jika dalam kondisi tangan kotor dan megang stick ini di jamin bakalan langsung nempel, jadi sekalian saat pasang floor mat, pasang steering cover, dan stick cover.

Beberapa alat tersebut yang umum di gunakan sebagai dasar untuk menjaga keselamatan dan kebersihan mobil di bengkel, memang setiap bengkel yang ingin menggunakan perlengkapan ini harus mengeluarkan modal untuk membelinya, tetapi imbasnya adalah jangka panjang, ketika pelanggan merasa mobilnya di hargai maka pelanggan tidak akan lari ke bengkel lain, setidaknya kesan “peduli” terhadap mobil pelanggan sudah di rasakan ketika kendaraan belum di kerjakan.

Terima kasih

Incoming search terms:

  • cara memasang fender cover
  • jenis jenis cover servis pada mobil
  • nama alat pelindung mobil saat service
  • pelindung kendaraan
  • pelindung kendaran
  • peralatan yang diperlukan untuk menyervis power steering

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *