Mengatasi Mobil Setelah Kebanjiran

Posted on

Mobilupdate.net – Awal tahun 2020 ini hampir seluruh media di sosmed mengabarkan terjadi kebanjiran di beberapa daerah di Jakarta, Bandung dan kota-kota sekitarnya yang mengakibatkan banyak kerusakan bahkan ada beberapa korban jiwa di beberapa daerah.

menangani mobil banjir

Banjir memang memberikandampak kerusakan cukup besar, tidak hanya bangunan rumah dan infrastruktur umum, jika kita lihat banjir besar ini sanggup menyeret puluhan mobil yang terparkir, efek kerusakan yang terjadi pada mobil yang mengalami kebanjiran ini tidak main-main, selain body yang mungkin penyok-penyok kerusakan yang lainnya seperti komponen mesin dan electrical juga biasanya terjadi. Apa yang harus dilakukan terhadap mobil anda jika mengalami kebanjiran, beberapa langkah ini mungkin bisa menyelamatkan mobil anda dari kerusakan yang lebih parah.

Jangan Hidupkan Mesin

Setelah banjir selesai, jangan sekali-kali melakukan start pada mesin, hal ini bisa mengakibatkan waterhammer yang bisa mengakibatkan kebengkokkan pada stang piston, ketika ada air masuk ke dalam ruang mesin dan mesin di putar, air akan terkompresi dan mengakibatkan kerusakan yang cukup fatal.

Keringkan Dan Cek Komponen Mesin Serta Electrical

Bersihkah semua bagian mobil, lepas semua komponen electrical yang terendal air dan keringkan dengan semprotakn udara kemudian jemur sampai kering, bersihkan semua kabel, dan jaringan sambungan kabel body, jika air sampai masuk ke dalam kabin sebaiknya anda membongkar bagian dashboard mobil untuk mengeringkan bagian dalamnya, ini memang ribet tapi ini adalah cara aman untuk menghindari kerusakan seperti konsleting.

Untuk bagian mesin, lepas busi dan cek apakah banyak air di ruang mesin, jika ada air silakan di sedot dulu sampai bersih, bongkar bagian atas mesin, buka tutup silinder head perhatikan apakah ada air masuk di sana, jika disana penuh air ini harus di bersihkan dahulu, begitu juga di bagian lain seperti cover timming atau tempat belt.

Ganti oli mesin, karena biasanya akan terkontaminasi dengan air, dan untuk melaukan pembersihan ini biasanya akan menghabiskan 1 atau 2 kali ganti oli, jadi gunakan saja oli yang murah dahulu sampai benar-benar bersih.

Rendaman air biasanya juga masuk ke area kopling, dan membuat kopling lengket. Jika memungkinkan sebaiknya di turunkan sekalian. Selain kopling komponen lainnya yang harus diturunkan adalah tangki bahan bakar, anda harus membuang sisa bahan bakar yang sudah tercampur dengan air, karena ini akan merusak komponen mesin jika sampai masuk ke dalam area mesin,apa lagi jika mesin diesel.

Untuk membereskan masalah mobil banjir pada mobil memang butuh waktu lama dan ketelitian pengerjaan, jadi mohon bersabar karena banyak komponen vital seperti ECU, atau modul yang terendam air. Dan jangan menghidupkan mobil sebelum semua benar-benar siap, atau sebelum hidup starter mobil terlebih dahulu dengan kondisi busi di lepas, jika putaran sudah halus pasang semua dan hidupkan mesin, sambil di periksa semuanya hingga detail.

Kami pernah memperbaiki mobil yang sudah terendam di sungai dan kami butuh waktu sekitar 3 mingguan. Yang palin banyak menyita waktu adalah membersihkan jaringan kabel karena sudah terendam air dan lumpur, dan memastikan lagi semua jaringan dalam kondisi kering dan ini setiap bongkar pasang harus benar-benar di beri tanda karena harus balik lagi sesuai jaringannya. Jika teman-teman ada yang kurang jelas bisa di tanyakan di koment ya, sebisa saya kami jawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *