Kenapa Airbag  Mobil Tidak Mengembang  Saat Benturan

Posted on

Mobilupdate.Net – Bulan ini (November 2017) rame sekali di social media baik di instagram, facebook, twitter dan lainnya tentang kasus tiang listrik yang tertabrak Toyota Fortuner yang di dalam kendaraan ada Bapak Setya Novanto. Dari kasus kemarin yang cukup ramai di medsos ada 3 yaitu : tiang listrik, setya novanto , dan Toyota Fortuner.

Dari kejadian kemarin banyak orang yang bertanya kenapa dengan kondisi menabrak tiang seperti itu airbag mobil tidak mengembang padahal kondisi kaca kanan kiri kalau tidak salah info juga pecah, bagian depan juga cukup ringsek. Banyak orang langsung mengatakan atau mengambil kesimpulan mobil ini tidak aman, bahkan pihak dari Toyota Indonesia pun ikut berkomentar dalam kasus ini. Dari pada berdebat ini mobil aman atau tidak sebaiknya anda baca semua penjelasan secara teknis bagaimana alur dari sebuah airbag ini untuk meledak atau mengembang karena tidak semua benturan akan menyebabkan airbag mengembang.

Apa itu airbag

Dalam dunia otomotif lebih di kenal dengan istilah SRS airbag, SRS kepanjangan dari Supplemental Restraint System, airbag adalah sistem keamanan pasif dalam kendaraan artinya sistem ini akan bekerja untuk mengurangi atau meminimalisir resiko pegemudi atau penumpang setelah terjadi kecelakaan, airbag bekerja bersamaan dengan sabuk pengamanan atau seatbealt.Sedangkan sistem keamanan aktif adalah sistem yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

  • Baca disini sistem keamanan aktif dalam mobil

Alur kerja airbag

Kerja airbag di kendalikan oleh computer, ketika sensor bagian depan mendeteksi terjadinya benturan yang melebihi spesifikasi perubahan derajat, maka akan memberikan informasi kepada ECU di bagian tengah, selanjutnya di teruskan ke inflator atau pemantik yang berada di belakang kantong air bag untuk memicu gas nitrogen  mengembang sehingga airbag akan mengembang sesaat dan setelah itu akan kempes lagi karena gas akan terbuang lewat saluran di belakang. ECU airbag ini juga akan mendeteksi penggunaan seatbelt jadi ketika anda berkendara tetapi tidak menggunakan seatbelt hal ini di anggap tidak ada penumpang dan airbag tidak akan mengembang meskipun  kendaraan menghantam sebuah obyek sampai rusak parah, untuk itu penting sekali menggunakan seat belt ini.

Letak sensor airbag pada Toyota Fortuner

posisi sensor airbag depan fortuner

Gambar di atas menjelaskan letak sensor airbag pada bagian depan, sensor di pasang pada bagian rangka paling depan di belakang grille radiator, jadi ketika terjadi benturan dan membuat bagian depan ringsek serta airbag tidak mengembang, bisa jadi kerusakan hanya pada bagian bumper dan radiator grille saja, artinya benturan tidak sampai mengenai rangka kendaraan sehingga airbag tidak sampai mengembang karena tidak ada perubahan derajat dari sensor depan baik kanan ataupun kiri.

klik halaman 2 untuk melanjutkan membaca

Incoming search terms:

  • Posisi sensor airbag rh bagian kanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *