Hati Hati Dengan Penjual Sparepart Nakal di Marketplace

  • 3 min read
  • Mar 08, 2020

Mobilupdate.net – Postingan pertama di bulan Maret setelah lama sekali tidak update karena kesibukan. Jadi di artikel ini saya akan cerita lagi ini tentang pengalaman belanja di marketplace dan mendapatkan barang rusak kebetulan barang yang di order adalah sebuah ecu mpx body untuk Toyota Fortuner VRZ dan untuk sahabat saya seorang pengusaha part di Jogja. Mungkin artikel ini untuk reminder saja bagi pembaca semua untuk lebih hati-hati saat belanja di marketplace terutama untuk sparepart, kali saja artikel ini nanti bisa bermanfaat.

Cerita Saat Belanja Ecu Mpx Di Marketplace

penipuan di marketplace

Komponen di atas adalah part yang di beli dari seller di mp (baca marketplace), deskripsi produk di lapak adalah barang baru dan original, padahal jika di perhatikan label pada part ini sudah terlihat kusam dan terlihat ada goresan di bagian barcode.

hati hati penipuan dimarketplace

Dan ini yang kedua, saat datang secara fisik sudah ada bekas goresan di tiga titik seperti kondisi part ini pernah terbuka, padahal part datang dengan kondisi dalam kemasan yang tersegel, hati-hati ya kawan segel bukan jaminan barang baru 100% bahkan banyak part yang kemasannya tidak tersegel tapi juga 100% original. Bagi penjual yang memang niat nakal atau tipu-tipu tinggal bikin plastik berlogo pabrikan dan di press dengan mesin press sendiri.

Alhasil ketika barang sampai dan di pasang mobil tidak bisa hidup, padahal fungsi part ini adalah untuk menjadi penghubung sistem kelistrikan yang ada di mobil.

ecu mpx toyota fortuner vrz

Penjual sempat membuat bantahan bahwa part yang kami datangkan ini adalah tidak sesuai dan foto di atas adalah bukti bahwa part yang kami datangkan sesuai dengan yang di butuhkan serta untuk mobil Innova dan Fortuner di atas tahun 2015 hanya ada kode part itu saja.

Proses komplain di Marketplace

Nah ini penting sekali, ketika anda masih ragu berbelanja langsung dengan seseorang lebih baik di sarankan menggunakan via mp seperti toped misalnya, jadi misal ada problem seperti ini akan lebih enak komplainnya dan kita bisa mendapatkan uang kita kembali.

Dalam kasus ini proses komplain langsung melalui fitur mp, dan admin meminta data-data yang digunakan untuk menunjukkan bahwa part yang di kirim memang tidak bisa bekerja, mulai dari foto dan juga video. Video ini sangat penting sebagai dokumentasi saar proses komplain, dan besar kemungkinan komplain kita akan di terima, seperti pada kasus ini komplain di terima dan penjual tidak bisa terima uangnya yang telah kita bayarkan.

Jadi bagi para penjual nakal di mp, stop lah punya niat buruk dalam berbisnis, apa anda tidak kasihan kepada buyer yang benar-benar membutuhkan, jika pembeli barang ini orang awam pasti sudah rugi, kebetulan saya paham teknik dan dunia part jadi teman saya bantu komplain dengan bukti –bukti yang cukup kuat, Alhamdulillah bisa menang karena nilainya hampir 3 juta.

Pesan Untuk Para Buyer

Tenang masih banyak seller yang benar-benar baik dan jual barang bagus, tapi tidak bisa di pungkiri ada juga yang jual barang-barang palsu di balut dengan kata original dengan harga iming-iming yang sangat jauh selisihnya dengan harga pricelist di tempat resmi, beberapa hal ini mungkin bisa jadi masukan ya kawan

  • Jangan tergiur harga murah
    salah satu faktor yang paling berpengaruh dalam memutuskan pembelian adalah harga, harga murah selalu menjadi daya tarik apalagi jika seseorang tidak tahu pricelist dari harga tersebut aslinya berapa, asal murah order saja, perlu di ketahui diskon penjual part dari harga kulakan itu kisaran 10%-15% beberapa barang ada yang bisa di atas itu tapi dengan jumlah pembelian yang sangat besar, jadi misal anda mendapatkan harga di bawah pricelist aslinya sangat jauh misal sampai 50% selisihnya anda harus hati-hati.
  • Pilih seller specialist
    maksud saya adalah specialist, jika toko tersebut menjual sparepart maka semua jualannya sparepart tidak di campur dengan produk-produk yang tidak ada hubungannya sama sekali seperti jualan juga peralatan outdoor, kebetulan kasus di atas sellernya jual gado-gado atau banyak jenisnya, makin specialist biasanya penjual itu adalah expert di bidangnya.
  • Perhatikan foto dan deskripsi produk.
    jualan secara online foto dan visualisasi adalah senjatanya, perhatikan baik-baik foto yang dipajang di lapak ya, apakah sekiranya wajar atau ada yang tidak sesuai, karena saya juga sering menemukan foto sama deskripsi produk tidak sesuai.
  • Dokumentasikan barang
    untuk berjaga-jaga sebaiknya dokumentasikan barang ketika datang , periksa secara visual jika ada sesuatu yang upnormal dan jangan lupa jika itu produk riskan seperti kasus di atas di videokan ya, yang bisa jadi bahan komplain saat produk tidak bisa digunakan.
  • Konsultasi dengan seller
    tidak ada salahnya konsultasi dulu tanya-tanya mengenai barang yang anda beli, misalnya apa barang ini compatible dengan mobil anda, apa barang ini ada garansinya, buatan mana jika barang bukan original dan lain-lain
  • Lihat rate penjual
    indikator kepercayaan buyer ke seller adalah dari rate yang di berikan pembeli ke penjual, makin tinggi rate semakin bagus tingkat kepercayaan pembeli, walaupun banyak juga penjual baik dan jujur yang baru mulai jualan dan rate nya masih rendah.

Pesan untuk para buyer

JUALAN YANG JUJUR Woiiii ,,, cari duit yang berkah

Yuk mari cerita tulis di koment jika ada yang pernah merasa tertipu saat beli barang di mp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *