Harga Wuling Cortez Beserta Fitur dan Spesifikasi Lengkapnya

Posted on

Wuling Motors membuat gebarakan di awal tahun dengan meluncurkan Wuling Cortez, setelah tahun kemarin mengeluarkan Wuling Confero, Cortez ini lebih tinggi di bandingkan Confero bahkan banyak yang bilang ini adalah pembunuh dari Toyota Innova, kita lihat saja nanti di lapangan karena di masyarakat brand Toyota sudah menancap dengan kuat, jika dari segi fitur- fitur memang banyak sekali kelebihan dari Cortez bahkan dari hal-hal kecil yang banyak di abaiakan oleh para kompetitor.

Tapi bersaing dengan Toyota bukan sekedar menggunakan fitur yang wah saja mari kita lihat bagaimana jaringan Toyota yang sudah menggurita dan ketersediaan sparepart yang lebih mudah, dan satu lagi Toyota sudah teruji terutama Innova yang di jadikan pesainnya.

tampak depan wuling cortez

Di post ini kami tulis secara garis besar spesifikasi dan fitur yang ada di Wuling Cortez.

Mesin

Wuling Cortez menggunakan mesin dengan kapasitas 1.800 cc 4 silinder bahan bakar bensin teknologi yang digunakan cukup standart seperti pengaturan pembukaan katup saja dengan tenaga maksimal 129 HP pada 5000 rpm dan torsi yang di hasilkan 174 Nm pada 3600-4600 Rpm, serta menggunakan penggerak depan.

Interior

Bagian depan, pada bagian depan terasa lebih mewah di bandingkan dengan Confero, material dashboard menggunakan plastik dilapisi kulit medium walaupun tidak softtouch dan menggunakan jahitan asli walaupun menurut beberapa reviewer tidak seberapa rapi, dan pemasangan antar panel yang masih ada beberapa celah yang sebenarnya masih bisa di tingkatkan lebih rapi lagi.

Untuk jok bagian driver pengaturan sudah bisa menggunakan elektrik dan untuk menyesuaikan posisi steer yang nyaman hanya ada pengaturan tilt steering (naik turun) tetapi tidak bisa maju mundur.

Metode pengendaraan pada gearbox, ada 2 pilihan cara pengendaraan yang bisa di lakukan yaitu manual 6 percepatan dan automatic manual 5 percepatan, di panel tuas transmisi juga ada tombol untuk pengaturan mode jalan yaitu eco atau sport yang secara default pengaturan masuk ke eco.

Steering switch, sudah di lengkapi dengan steering switch pada bagian kiri untuk mengatur audio dan lainya sedangkan pada bagian kanan bisa digunakan untuk mengatur telepon, Bluetooth dan juga multi Information Display.

Tombol pada panel bawah dashboard bagian kanan ada stability control, cukup keren mobil sekelas ini sudah ada stability controlnya, ada juga tombol untuk mengatur kecerahan panel instrument dan pengaturan leveling head lamp yang masih bisa di atur secara manual dari dalam. Sedangkan untuk bagian panel control di pintu power window hanya driver saja yang auto lainnya masih manual dan juga ada tombol untuk pengaturan spion elektrik.

Pada bagian bawah juga di sediakan foot rest agar kaki kiri driver tidak capek saat berkendara karena mobil ini matic jadi kaki kiri menganggur. Walaupun sepertinya terlalu besar dan kurang tinggi.

Control lampu kepala dan wiper secara umum sama saja dengan mobil lainnya tapi pada Cortez ini sudah ada fitur auto headlamp dan auto wiper artinya ketika mode kita masukkan ke auto dan sensor cahaya mendeteksi keadaan menjadi gelap secara otomatis akan menyalakan lampu kepala.Begitu juga dengan rain sensor yang di pasangkan pada kendaraan ini ketika masuk mode auto wiper ketika hujan makan wiper akan bekerja secara otomatis, fitur ini bisa on –off kan secara manual pada tuas headlamp dan wiper.

Head unit pada Wuling Cortez cukup mewah dan tidak norak, integrated stand Out yang mirip dengan KIA Stringer, dengan tampilan seperti window 8, layar sentuh sudah responsif dan kapasitiv, salah satu kelebihan dari head unit ada mode Yamaha yang bisa menghasilkan suara sangat jernih dan sangat berbeda dengan mode pengguna yang di setting secara default.

Informasi Multi Information Display pada Cortez cukup lengkap dengan desain yang sangat mewah full colour fitur-fitur nya antara lain

  • Tyre pressure monitoring sistem dan temperature
  • Sensor untuk memantau siapa yang duduk dan tidak pakai sabuk pengaman
  • Driver time ( berapa lama driver sudah berkendara)
  • Informasi sisa bahan bakar di tangki
  • Check warning message, dan lainnya
  • Warning monitor untuk mengingatkan berapa lama kita sudah nyetir
  • Panduan navigasi yang terintegrated dengan head unit

Untuk bagian depan juga banyak di lengkapi dengan glove box dan ada juga power outlet, mobil ini juga sudah di lengkapi dengan elektronik parking brake serta beberapa tombol seperti control ac belakang, parkir mundur dan juga di lengkapi dengan cup folder yang ada ambient light nya cukup menarik.

Untuk sisi navigasi keamanan mobil ini juga di lengkapi dengan kamera mundur yang memiliki guide line dinamis yang bisa bergerak sendiri seiring dari arah putaran setir.Salah satu perangkat lain yang membuat mobil ini mewah adalah adanya sunroof yang bisa di buka secara otomatis.

Kelegaan Kabin Tengah dan Belakang

Jok tengah pada cortes mengguankan semi kulit dan merupakan type captain seat, jik tengah standart bisa slinding dan reclining secara manual yang sudutnya sampai bisa dibuat tiduran.Pengaturan ac pada jok tengah aliran udara di semburkan dari bagian belakang kepala tidak seperti dari depan pada mobil umumnya, sedankan untuk pengaturan kecepatan aliran udara bisa di lakukan dengan tombol yang berada di belakang console box, jok tengah Cortez juga sudah isofix dan aman untuk anak-anak.

Di bagian tengah ini ada beberapa kekurangan antara lain, tidak adanya cup folder pada trim pintu sehingga kalau bawa minum harus di taruh di kantong yang ada di belakang jok depan.pada bagian power window kaca juga tidak bisa turun maksimal saat kaca di turunkan.

Jok belakang pada Cortez ini juga cukup lega dengan tinggi penumpang 170 cm masih cukup leluasa, jok belakang juga sudah dapat headrest, bagian belakang juga ada power outlet untuk charger gadget.

Salah satu kekurangan dari jok belakang menurut kami adalah teknik melipat jok belakang yang cukup ribet karena harus memasukin pengunci untuk melipat jok nya, sayang sekali padahal ruang untuk bagasi cukup besar.

Eksterior

Pada bagian depan detailing lampunya cukup mewah dan mirip dengan VW Touran, lampu depan sudah menggunakan full LED dari lampu senja dan sein, lampu drl nya pun juga led yang menyala bergantian dengan lampu kabut, sensor dan kamera parkir juga ada bagian depan.

Mobil ini juga di lengkapi panel-panel untuk membuat terlihat gagah dengan banyak chrome dan garis tarikan yang lugas, bagian ban menggunakan toe tone 16 inch dengan ban good year, jika di lihat dari ukuran mobilnya lebih bagus jika ukuran velg di naikkan menjadi 17 atau 18 akan menjadi lebih bagus.

Untuk membuka jendela dan sunroof mobil ini juga sudah bisa menggunakan remote, walaupun remote yang di gunakan belum smart entry. Pada bagian pintu belakang desain datar dan tidak tegas, sayang sekali kaca belakang tidak defogger tapi kekurangan ini tertutup dengan lampu belakang yang sudah full led dan sensor parkir serta kamera.

Pada bagian bumper bawah ada lampu kabut belakang yang menyala saat bagasi di buka,bagian ini untuk safety biar orang tahu kalau saat pintu di buka dan lampu stoplamp keangkat tetap tahu kalau ada mobil, fitur ini bisa bekerja pada posisi head lamp di nyalakan.

Fitur keamanan Wuling Cortez

Selain rem depan belakang yang sudah menggunakan cakram dan yang pasti sudah menggunakan ABS, EBD,BA, BRAKE HOLD dan juga Stability Control mobil ini juga sudah di lengkapi dengan menggunakan 4 buah airbags yang di pasangkan pada panel steering, bagian dashboard penumpang dan juga bagian terluar dari jok depan kanan kiri, sayang sekali jika mobil ini di lengkapi curtain airbags yang memanjang dari pilar depan sampai baris ketiga mobil ini akan cukup unggul dari sisi keamanan airbag.

Harga Wuling Cortez

Itulah sedikit gambaran dari Wuling Cortez yang merupakan karya dari Wuling motors, kisaran harga Cortez ini antara 190-240 jutaan apakah benar-benar menjadi Innova killer kita lihat saja nanti ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *