Limited Edition, Nissan Unjuk Keunggulan dengan meluncurkan Nissan Ariya

  • 3 min read
  • Oct 22, 2021

Perkembangan teknologi khususnya di  dunia otomotif semakin berkembang pesat seiring dengan ketatnya persaingan pasar otomotif dunia. Pabrikan-pabrikan otomotif menunjukkan keunggulan produknya masing masing mulai dari desain mobil, fitur-fitur yang diberikan, keramahan lingkungan dan lain sebagainya.

Semakin banyaknya pengguna bahan bakar dan polusi dunia, produsen-produsen otomotif khususnya mobil memutar otak  untuk mengatasi hal tersebut. Mobil-mobil listrik pun mulai banyak di kembangkan mulai dari BEV (Battery Electrified Vehicle), EV (Electric Vehicle), HEV (Hybrid Electric Vehicles) dan lain-lain.

Harga Dan Spesifikasi Nissan Ariya

Melihat hal tersebut, Nissan motor membaca peluang lebar setelah akhir akhir ini meluncurkan mobil limited editionnya dengan nama Nissan Ariya. Mobil ramah lingkungan ini di release di Jepang dengan edisi terbatas.

Spesifikasi

Ekterior

Nissan Ariya memiliki desain yang sangat futuristic dan keren dengan konsep SUV membuat mobil ini terlihat kekar dan kokoh. Dengan mengadopsi filosofi “Timeless Japanese Futurism,” Nissan Ariya didesain dengan mengkolaborasi desain khas jepang dengan simplisitas serta moderenisasi body sehingga mobil ini terlihat mewah.

Dari depan Nissan menghadirkan lampu LED Daytime Running Lights (DRL) yang menyerong ke bawah membentuk fascia V-Motion. Pada bagian tengah dipasang grill hitam dengan pattern khas  tradisional Jepang kumiko dan logo baru Nissan yang dapat menyala.

 

Harga Dan Spesifikasi Nissan Ariya

Pada sisi samping bawah lampu, Nissan menambahkan aksen hitam seperti rumah untuk foglamp, tapi bukan untuk foglamp melainkan sensor pada bagian depan. Dan pada bumper dibagian tengah diberikan finishing hitam gloss yang menambahkan kesan modern.

 

Pada sisi belakang juga terlihat kesan keren karena lampu dibuat menyatu dengan konsep black out saat mobil mati. Desain spoiler atas juga cukup menarik  dengan adanya shark fin pada sisi sampingnya. Sementara pada bumper belakang dihadirkan dengan finishing hitam glossy bersih tanpa ornament.

Interior

Pada interior Nissan Ariya ini tidak banyak diberikan tombol-tombol fisik dimana pada bagian interiornya memberikan kesan futuristic dan desain yang berkelas.

Pada atas dashboard dilapisi material soft touch dan diberikan dua buah layar berukuran 12,3 inci yang berfungsi sebagai  pusat hiburan dan instrument cluster.

Sementara pada bagian bawah dashboard, Nissan memberikan desain mewah dengan memasang  aksen blackwood tanpa banyak tombol kecuali start engine saja. Demikian juga pada pada bagian kotak transmisi juga hanya terdapat laci dan stick transmisi saja.

 

Platform CMF-EV yang dikembangkan Nissan bersama Renault dan Mitshubishi ini digunakan pada Nissan  Ariya yang membuat ruang kabin terlihat luas dan lega. Layout mobil yang minimalis membuat mobil ini tidak dipenuhi tombol-tombol yang memenuhi kopkit.

Pada bagian bagasi Nissan Ariya juga tergolong cukup luas pasalnya pada bagasi mobil ini mampu menampung muatan hingga 466 liter untuk type  rear wheel drive , sedangkan  408 liter untuk type four wheel drive.

Spesifikasi Type Sistim Penggerak

Ada dua jenis mesin yang digunakan pada Nissan Ariya ini yakni yang pertama single Ac motor untuk type 2 WD dan yang kedua yaitu dual synchronous AC motor untuk tyoe 4 WD. Performa dari kedua jenis mesin itu juga berbeda. Dimana  untuk type 2WD berkisar di 214 sampai 238 HP dengan torsi 300 Nm sedangkan untuk  type 4 WD berkisar 335 sampai 388 HP dengan torsi 560-600 Nm.

Untuk type 2 WD dihubungkan dengan gear box 1-speed fixed gear yang digunakan untuk menggerakkan roda belakang sedangkan untuk 4 WD menggunakan sistem All-wheel Drive  e-4ORCE.

Jarak tempuh Nissan Ariya untuk type 2 WD dapat melaju dengan kecepatan 610 km/ jam sedangkan untuk type 4 WD dapat melaju hingga kecepatan 580 km/jam.

 

Dimensi Nissan Ariya

Panjang x Lebar x Tinggi 4.595 x 1.850 x 1.655 mm
Wheelbase 2.775 mm
Kapasitas Bagasi 466 liter (2WD) / 408 liter (AWD)

Performa Nissan Ariya

Powertrain Single AC Motor (2WD), Dual Synchronous AC Motors (AWD)
Transmisi 1-Speed Fixed Gear
Tenaga Maksimal 214 – 238 HP (2WD), 335 – 388 HP (AWD)
Torsi Maksimal 300 Nm (2WD), 560-600 Nm (AWD)
Kapasitas Baterai 63 – 87 kWh
Akselerasi 0-100 km/jam 7.5-7.6 detik (2WD), 5.1-5.4 (AWD)
Top Speed 160 km/jam (2WD), 200 km/jam (AWD)
Jarak Tempuh Up to 610 km (2WD), up to 580 km (AWD)
Sistem Penggerak Rear-wheel drive (2WD), e-4ORCE all-wheel control system

Pelek & Ban Nissan Ariya

Ukuran Pelek / Ban 235/55 R19 atau 255/45 R20 sebagai opsi

 

Harga Nissan Ariya

Nissan Ariya ini dijual dengan edisi terbatas dan akan di release di Jepang pada pertengahan tahun 2021, kemudian akan di jual  di Eropa dan akan terakhir akan di dijual di China pada akhir tahun 2021.

Untuk harga dari Nissan Ariya ini akan dipatok dengan nilai mulai $40.000 atau setara dengan  Rp 588 Juta dan untuk varian 4WD dengan sistim penggerak 2 motor listrik akan dijual dengan harga yang lebih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
ORDER SPARE PART TOYOTA BUILT UP