Fungsi Link Stabilizer Dan Bar Stabilizer

  • 2 min read
  • Feb 07, 2020

Link stabilizer pada mobil berfungsi sebagai penstabil sesuai dengan namanya, stabilizer ini masuk ke dalam komponen sistem suspensi, karena tujuannya untuk membuat mobil stabil saat berjalan di jalan yang tidak rata seperti saat melakukan belokan atau saat berjalan di jalan jelek yang posisi roda antara kanan dan kiri tidak seimbang, sehingga stabilizer ini berfungsi menjaga kestabilan kendaraan.

Pada postingan ini saya ingin menjelaskan perbedaan istilah yang kadang belum di mengerti sebagian orang, yaitu perbedaan stabilizer link dan stabilizer bar. Dalam istilah otomotif kata “link” selalu memiliki konotasi sebuah batang yang memiliki ukuran kecil, sedangkan “bar” ini sebuah batang besi yang memiliki ukuran lebih besar. Untuk lebih jelasnya silakan lihat perbedaan bentuk fisik dari dua part ini di bawah ini.

Gambar Link stabilizer & Bar Stabilizer

perbedaan link stabilizer dan stabilizer bar

Coba perhatikan gambar di atas, walaupun di gambar ukurannya sama tapi sebenarnya link ini cukup kecil dimana link tadi di pasangkan di ujung stabilizer bar dan di ikat dengan komponen suspensi lainnya, sedangkan stabilizer bar ini ini diikat ke body mobil dengan menggunakan plat dan bushing untuk menjaga agar tidak menimbulkan bunyi, tetapi kaena bushing sendiri terbuat dari karet makanya lama kelamaan akan aus dan dan harus di ganti, dan biasanya orang-orang menyebutnya bushing atau karet stabilizer.Sekarang penempatan kedua part tersebut di mobil, seperti di bawah ini ya

Gambar Stabilizer mobil

Maaf jika kurang jelas ya,tulisan warna hijau untuk nama part nya sedangkan tanda panah ungu adalah part yang di maksud di dalam mobil. Setiap mobil selalu menggunakan part ini yang beda adalah bentuknya saja, harga stabilizer bar tentu lebih mahal, tapi part ini jarang sekali ada ganti, biasanya ganti jika mobil mengalami insiden sampai merubah bentuk dari stabilizer atau mematahkan stabilizer bar, kalau link stabilizer akan terlihat jelas jika aus dan biasanya akan keluar bunyi-bunyi saat jalan di jalan gelombang.

Baca Juga :  Mengenal Oskilasi Atau Pergerakan Body Pada Kendaraan

Untuk bagian belakang ada yang menggunakan link stabilizer ada yang tidak, tergantung dengan jenis suspensi nya. Jadi itu sedikit informasi yang bisa saya bagi untuk kali ini, jika teman-teman ada pertanyaan silakan koment di bawah ya, jangan lupa follow akun ig kami @mobilupdate untuk Tanya jawab disana, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!