Ciri Kaliper Kit Mobil Minta Di Ganti

Posted on

Mobilupdate.Net ā€“ Postingan kali ini masih membahas mengenai sistem pengereman pada salah satu komponen vitalnya yaitu seal-seal pada bagian kaliper rem, karena ada pertanyaan apa perlu seal rem ini di ganti secara berkala dan apa ciri-cirinya ketika seal rem ini rusak.

Berikut ini gambar sederhana bagian rem depan, yang kami kotak merah adalah komponen seal karet yang ada dalam satu paket ( tiap kendaraan beda-beda jumlahnya)

ciri kaliper kit minta di ganti

Perawatan Seal Rem

Sebenarnya perawatan mobil ini harus di lakukan secara berkala dengan tujuan untuk lebih dini mengidentifikasi jika terjadi kerusakan pada komponen yang ada pada kendaraan tersebut. Untuk kasus pengecekan rem ini biasanya di lakukan setiap 10 ribu km. Kondisi karet-karet akan di cek jika terjadi kerusakan seperti sobek atau kebocoran, selain itu biasanya akan di buka pada bagian luarnya dan di berikan sedikit pelumas. Jika saat pemeriksaan di ketahui seal kaliper ada yang robek sebaiknya ini di ganti, bisa jadi saat itu sobek masih kecil sehingga belum menimbulkan karat tapi jika sudah lama akan membuat piston rem macet dan rem tidak bisa bekerja.

Ciri Seal Rem Rusak

Jadi ciri yang pertama seal rem ini di ganti adalah jika keliahatan sobek atau rusak saat pemeriksaan, yang kedua adalah jika rem macet karena piston tidak bisa kembali, maka ini harus di bongkar dan seal harus di ganti. Selain yang macet adalah pistonnya biasanya pen kaliper juga mengalami kerusakan seperti sudah karatan dan karet nya di sana sudah keras akhirnya saat di tekan tidak bisa kembali ini juga menyebabkan rem macet, jadi pen kaliper pun harus di ganti jika sudah muncul karat atau korosif.

Sedangkan untuk bagian belakang untuk kendaraan yang masih menggunakan tem teromol, pengecekan seal hanya di cek apakah terjadi kebocoran apa tidak, selama minyak rem rajin di ganti akan kecil kemungkinan terjadi karat di bagian dalamnya. Untuk rem tromol bagian belakang secara konstruksi lebih mudah di bandingkan bagian depan yang menggunakan cakram.

Harga Seal Rem Depan

Saat ini banyak sekali barang-barang non original yang di jual untuk seal rem ini, tetapi saya menyarankan untuk seal vital seperti sebaiknya menggunakan yang original, untuk harganya tiap mobil beda-beda tapi tidak terlalu mahal hitunganya masih ratusan ribu jarang sekali yang harganya sampai di atas satu juta kecuali beberapa mobil built up yang komponen seal nya lebih banyak seperti Lexus atau Toyota Land Cruiser karena kontruksi pistonnya lebih banyak. Satu set untuk seal depan ini sudah termasuk kanan dan kiri.

Pada saat mengganti seal ini selalu ganti juga minyak rem anda dengan yang baru, jangan lupa membersihkan tampungan minyak rem atau reservoir bagian atas karena disini banyak kotoran yang mengendap biasanya.

Sekian postingan kali ini yang bisa saya tulis , jika anda mau konsultasi seputar masalah mobil Toyota anda atau membutuhkan part untuk mobil-mobil built up silakan kontak kami di wa 081252856060

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *