Cara Pasang Relay Klakson Mobil

Posted on

Pasang Relay Klakson – Klakson walaupun kecil adalah bagian dari sistem keamanan mobil, bagi anda pasti tidak enak rasanya setir mobil tanpa ada klakson. Dari bawaan mobil klakson ada beberapa macam jenisnya ada yang mengguanakan 1 klakson atau 2 klakson, walaupun sudah ada yang standart tetapi masih banyak orang yang ingin menggunakan klakson yang lebih besar dengan suara yang lebih keras dan lebih bagus, untuk anda yang menggunakan 1 klakson dan ingin menambah menjadi 2 klakson bisa merubah rangkaian sendiri dengan menambahkan relay agar arus semakin kuat.

Di postingan kali ini kita akan membahas bagaimana merubah baik 1 atau 2 klakson standart menjadi 2 klakson baru dengan menambahkan relay, semua akan kita jelaskan dengan menggunakan diagram rangkaian agar lebih mudah untuk di pahami. Pertama di bawah ini adalah rangkaian standart dari klakson tanpa relay.

cara pasang relay klakson

Penjelasan

Bagian merah adalah tegangan baterai 12 v dan masuk ke terminal + pada klakson, sedangkan garis hitam adalah kabel negatif yang di kendalikan oleh saklar, jadi ketika saklar yang ada di setir di tekan akan menghubungkan ke ground sehingga listrik bisa mengalir dan membunyikan klakson. Untuk rangkaian yang di rubah menggunakan relay anda bisa lihat di bawah ini diagramnya

Penjelasan

Dari rangkaian standart yang pertama di rubah dengan menambahkan relay seperti gambar di atas, rangkaian standart yang kami beri tanda kotak kuning, kabel tambahan saya gambarkan dengan garis warna orange, sedangkan ground warna hitam, dan kabel merah adalah rangkaian yang pertama.

Ketikan saklar di tekan maka arus listrik akan mengalir dari baterai 12 v(garis merah) masuk ke terminal relay 85 dan masuk ke dalam kumparan yang ada di relay keluar melalui terminal 86, ke saklar dan langsung ke ground. Ketika kumparan di dalam relay di lewati arus listrik maka akan menarik saklar yang ada di dalam relay dan menghubungkan terminal 30 dengan terminal 87 sehingga arus listrik dari baterai ke fuse > terminal 30 > terminal 87 > terminal + klakson > ground dan akhirnya membunyikan klakson.

Cukup sederhana sekali kan, anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan beberapa kabel dan relay, penting selalu untuk menggunakan barang yang kualitasnya bagus seperti pilih relay yang bagus, kabel dan sekering yang bagus.

Incoming search terms:

  • pasang relay klakson mobil
  • rangkaian kabel klakson motor tanpa relay
  • relay klakson
  • rangkaian relay klakson
  • Rangkaian relay
  • cara pasang relay pada klakson
  • cara pasang relay klakson motor
  • cara pasang relay klakson
  • rangkaian klakson
  • cara pasang relay 4 kaki ke alarm

2 thoughts on “Cara Pasang Relay Klakson Mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *