Cara Menghindari Penipuan Spare Part

  • 3 min read
  • Oct 29, 2020

Mobilupdate.net – Pasar otomotif baik mobil ataupun sepeda motor adalah sebuah daya tarik bagi sebagian besar orang untuk mencoba peruntungan dengan membukan usaha disini, mulai dari bengkel, penjual spare part, makelar mobil dan lainnya, semua sah-sah saja selama di jalankan dengan amanah dan tanggung jawab.Tapi dimana sebuah pasar menawarkan keuntungan yang besar pasti ada oknum atau orang yang sengaja menjalankan usaha penipuan untuk mengeruk untung dengan merugikan orang lain, di postingan ini kami akan share cara menghindari penipuan spare part

Nah kali ini saya mau  share apa saja hal-hal yang perlu anda perhatikan sebagai pencari spare part agar tidak masuk jebakan penipu, tulisan ini saya share berdasarkan pengalaman sebagai penjual sparepart di Toyotapartshop.com. Saya akan share apa saja yang di lakukan para penjual yang memang amanah.

cara terhindar dari penipuan penjual spare part online

Menanyakan Kode Rangka Mobil

Mungkin ini perlu di ketahui bahwa no rangka mobil ini untuk di gunakan membuka katalog electronic, anda bisa tanya ke dealer resmi mobil anda bahwa untuk membuka katalog electronic part selalu di butuhkan VIN number atau no rangka.

Tapi bukan berarti penjual yang tidak meminta kode no rangka penjual part tidak benar, bisa jadi karena mereka sudah hafal, dengan cukup menanyakan tahun saja dan type mobilnya. Jadi kalau ada penjual yang menanyakan no rangka terutama untuk part-part yang bukan slow moving biasanya memang penjual yang amanah.

Transaksi Via Rekber  (Tokopedia, Bukalapak, Shoope)

Marketplace memiliki sistem yang aman untuk bertransaksi yaitu rekening bersama, dimana pembeli akan membayar sejumlah uang ke pihak marketplace, uang ini di tahan selama pembeli barang belum mendapatkan barangnya, jadi pembeli barang tetap terlindungi,  selama penjual merasa barang yang ia jual benar, dan sesuai dengan yang di sampaikan harusnya tidak usah ragu kalau di ajak transaksi di marketplace.

Jika anda calon pembeli dari jauh, dan bertransaksi dengan nilai lumayan besar, serta penjual tidak mau di ajak via marketplace mohon lebih hati-hati, dan sebaiknya cari dulu kredibilitas penjualnya, karena jejak digital ini penting untuk di telusuri, jangan buru-buru memutuskan untuk membeli barang jika anda belum tahu jejak digital si penjual.

Memiliki Website, Akun Sosmed Dan Akun Usaha Digital Untuk Jualan

Mungkin ini gak sepenuhnya benar bagi pembaca, tapi silakan anda logika sendiri. Jika ini saya memang serius berjualan spare part saya akan membuat akun jualan untuk memasarkan produk saya di facebook, di instagram, di marketplace,di website dan bisa di akun google bisnisku dimana pihak google akan mengirimkan verifikasi akun sesuai alamat yang digunakan, jadi pasti memiliki alamat real seperti yang saya lakukan sekarang contohnya seperti toyotapartshop.

Tentu tujuannya adalah, biar customer akan tahu kalau misal ada masalah misal mau konsultasi ini harus kemana, apakah penjual bisa di temui dll. Untuk pengiriman saya rasa dari mana saja tidak ada masalah, keputusan membeli biasanya ketika customer sudah tahu siapa yang jual dan bagaimana reputasinya. Apalagi di google bisnis akan semua tercantum alamat dan no hp secara lengkap, setidaknya hal ini akan membuat calon customer lebih percaya.

Selalu Selidiki Jejak Digital

Ini tips untuk calon customer atau anda yang sedang cari spare part, jika bertransaksi lewat wa, copy saja no wa nya dan paste di google,liat disana apakah ada jejak digital yang muncul,perhatikan dan pelajari detail sebelum anda memutuskan membeli.

Semakin mudah anda menemukan akun orang tersebut atau akun jualan orang tersebut di google atau di sosmed misalnya, rata-rata penjual ini adalah penjual amanah.

Jangan Tergiur Harga Murah

Ini yang sering menjadi jebakan para pencari spare part,  harga murah memang belum tentu penjual gak bener, bisa jadi karena memang mereka punya stock yang banyak dan kulakan dengan jumlah besar, tapi yang perlu di ketahui adalah kalau barang baru dan original di jual sangat murah itu harus waspada.

Penjual part mendapatkan diskon harga dari supplier itu bervariasi tentunya tergantung dari barangnya, jumlah belinya dll, tapi kalau ada penjual part berani kasih harga diskon sampai di atas 60% rasanya patut di pertanyakan hal ini.

Penjual part biasanya kasih disc antara 10-25% dari harga price list tentu liat jenis barangnya dulu bahkan ada yang Cuma 5% kalau misal memang barang itu dapat dari supplier mepet sekali. Sebagai pembeli tolong kalau menawar juga jangan terlalu sadis, ok

Ok mungkin itu saja ya yang bisa kami tulis saat ini, mari di lanjut di kolom komentar untuk tanya –tanya seputar problem ini ya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
ORDER SPARE PART TOYOTA BUILT UP