Cara Menggunakan Jangka Sorong

  • 2 min read
  • Mar 16, 2020

Komponen dalam sebuah engine dan komponen lain yang di pasangkan di mobil memiliki tingkat keakuratan dimensi dan ukuran yang memiliki tingkat presisi cukup tinggi untuk mendapatkan hasil kerja yang maksimal, untuk itu saat perbaikan juga di perlukan kembali berbagai alat ukur yang bisa digunakan secara akurat agar perbaikan engine dan komponen lainnya bisa kembali ke  standart ukuran pabrik, salah satu alat ukur yang di gunakan di bengkel yang umum adalah jangka sorong.

Pengertian Jangka Sorong

cara menggunakan jangka sorong

Jangka sorong memiliki istilah lain seperti vernier caliper atau sigmat, semua bengkel mobil atau industri sepertinya selalu memiliki alat ukur ini, karena cara membaca jangka sorong cukup mudah dan juga bisa digunakan untuk mengukur beberapa macam kebutuhan seperti diameter dalam, diameter luar, panjang, dan kedalaman, ada 7 bagian dalam jangka sorong, perhatikan gambar jangka sorong di atas dan detail penjelasannya di bawah ini.

  1. Diameter dalam rahang pengukur yang digunakan untuk mengukur diameter dalam sebuah lingkaran seperti diameter tromol rem.
  2. Diameter luar rahang pengukur digunakan untuk mengukur panjang, dan lebar luar diameter seperti tromol rem mobil dan mengukur ketebalan pipa.
  3. Sekrup pengunci yang di kendorkan saat menggeser skala jangka sorong dan di kunci agar lebih mudah untuk membaca hasil ukur.
  4. Skala jangka
  5. Skala utama pembacaan hasil ukur jangka sorong
  6. Untuk mengukur kedalaman sebuah komponen
  7. Kedalaman batang.

Cara Menggunakan Jangka Sorong

Hal-hal yang perlu di perhatikan saat melakukan pengukuran dengan menggunakan jangka sorong adalah :

  1. Tutup rahang seluruhnya sebelum melakukan pengukuran.
  2. Selanjutnya periksa bahwa terdapat cukup celah antara caliper agar sinar dapat terlihat masuk.
  3. Saat melakukan pengukuran mengukur, gerakkan caliper secara perlahan dan lembut sehingga part yang diukur cocok dan akurat antara rahang-rahang.
  4. Bila komponen telah dipasangkan diantara rahang dengan akurat, keraskan bau stopper.

Video Cara Menggunakan Dan Membaca Jangka Sorong

Harga Jangka Sorong

Jika anda membutuhkan jangka sorong untuk melengkapi peralatan anda di bengkel anda harus menyiapkan budget untuk mendapatkan barang ini.  Dari beberapa sumber di marketplace ada beberapa varian harga jangka sorong yang di tawarkan mulai dari harga di bawah 100 ribu sampai harga hampir 1 juta juga ada, hal ini tentu berdasarkan dari merek jangka sorong tersebut, semakin mahal pastinya memiliki kualitas bahan semakin bagus dan bisa di pakai dalam jangka waktu yang lama atau barang tersebut bisa awet, bisa jadi barang yang murah sekali jatuh misalnya langsung rusak, tentunya ada harga ada kualitas, silakan anda berburu di marketplace atau toko-toko peralatan teknik seperti acehardware untuk mendapatkan jangka sorong sesuai kebutuhan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
ORDER SPARE PART TOYOTA BUILT UP