Cara Memperbaiki Rem Mobil Yang Masuk Angin

Posted on

Solusi Rem Masuk Angin Rem menggunakan media fluida untuk menyalurkan tekanan pedal rem ke komponen yang di roda-roda, apa jadinya bila saluran minyak rem mengalami masuk angin atau kemasukkan udara? Yang terjadi adalah rem tidak pakem walaupun yang pedal rem di tekan berulang-ulang maka posisi udara akan di ujung saluran rem dan tekanan tidak mampu menekan kampas rem sehingga rem tidak bekerja dengan normal.

Dari Mana Asal Udara Di Dalam Rem

Minyak bekerja menyalurkan tenaga dari pedal rem dengan tekanan cukup tinggi dan menghasilkan panas, tugas minyak rem juga menyerap panas dari sistem ini dan jika di pakai secara terus menerus kemampuan minyak rem semakin menurun dan angka titik didihnya semakin turun tandanya bisa dilihat dari warna minyak rem yang berubah warna menjadi keruh ini mengindikasikan bahwa minyak rem harus segera di ganti. Saat minyak rem mengalami panas dan titik didih maka akan muncul buih dan gumpalan udara selanjutnya udara ini lah yang mengakibatkan rem bisa masuk angin, jadi walaupun tidak terkontaminasi dengan udara luar, udara bisa timbul di dalam saluran minyak rem ini.

Cara memperbaiki

Jika minyak rem sudah keruh, maka siapkan beberapa botol minyak rem yang memang sesuai dengan mobil anda, jangan gunakan minyak rem murahan atau abal-abal karena ini mempengaruhi kualitas minyak rem tersebut dalam meredam panas, langkah – langkah yang bisa di lakukan jika anda sendirian adalah sebagai berikut

cara menguras minyak rem menggunakan alat

  1. Buka baut nepel pada kaliper rem atau silinder rem sebaiknya pilih yang terjauh dari master rem dahulu, kendorkan baut nepel dan biarkan minyak rem mengalir perlahan sambil terus di isi minyak rem pada reservoir minyak rem.
  2. Jika minyak rem sudah keluar dari nepel terlihat sudah padat dan tidak keluar gelombang udara, tutup nepel dan ganti ke posisi roda lain lakukan sampai selesai ke 4 roda dan jangan lupa isi terus minyak rem jangan sampai habis, kalau sampai habis akan lebih rumit lagi.
  3. Setelah semua selesai coba test kembali fungsi rem, jika di lakukan di jalanan lakukan dengan hati-hati.

Selanjutnya adalah cara yang kedua dan ini banyak yang melakukan di bengkel karena harus menggunakan 2 orang, yang satu bertugas menekan pedal rem yang satu lagi bertugas mengisi minyak rem dan membuka saluran minyak rem di nepel, caranya adalah sebagai berikut

Cara Memperbaiki Rem Mobil Yang Masuk Angin

  1. isi penuh minyak rem di reservoir
  2. jika mesin bisa di hidupkan maka hidupkan mesin akan pedal rem terbantu dengan boster dan lebih maksimal tenaga yang di dapatkan.
  3. Beri aba-aba pada orang yang memompa pedal rem untuk menekan pedal secara berulang-ulang setelah di tekan beberapa kali pedal rem di tekan sambil terus di tahan, ketika ini untuk yang bagian di bawah harus mengendorkan saluran nepel pada rem dan lihat akan keluar minyak rem bercampur angin, lakukan hal ini secara terus menerus sampai yang keluar bersih dan benar-benar minya rem.
  4. Lakukan hal ini untuk ke empat roda dan selalu jaga jumlah minyak rem di reservoir jangan sampai habis.

Dari cara 1 dan cara 2 yang banyak di lakukan adalah cara 2 karena selain cepat juga hasilnya lebih maksimal. Cara pertama bisa di lakukan jika anda sendirian dan tidak ada teman yang bisa membantu memompa pedal rem. Jadi itulah beberapa hal yang bisa di lakukan untuk memperbaiki rem yang masuk angin dan yang paling penting adalah jaga selalu kebersihan minyak rem dan gunakan produk original sesuai dengan rekomendasi dari pabrik mobil, cara ini bekerja ke semua merek kendaraan karena kerja dasarnya sama saja.

Incoming search terms:

  • cara memperbaiki rem mobil yang masuk angin
  • rem mobil masuk angin
  • cara memperbaiki rem mobil
  • cara buang angin rem mobil
  • cara memperbaiki rem zebra bodytech masuk angin??
  • cara memperbaiki rem truk
  • cara buang minyak rem mobil
  • cara buang angin rem tromol mobil
  • cara buang angin rem mpbil suzuki apv
  • cara buang angin Rem cakram mobil depan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *