Bahaya Membawa Muatan Overload

  • 6 min read
  • Feb 17, 2020

Salah satu penyebab kecelakaan di jalan selama ini adalah kendaraan yang mengalami rem blong terutama kendaraan seperti truk atau bus yang membawa muatan overload alias beban yang sangat melebihi dari kapasitas yang sebenarnya di ijinkan oleh pabrikan maupun aturan pemerintah.

Kecelakaan Karena Overload

Pertengahan bulan ini (Februari 2020) saya membaca berita terjadi kecelakaan di tol Ungaran Semarang yang melibatkan kendaraan truk besar yang memuat kayu tidak kuat nanjak dan akhirnya di tarik, karena tidak kuat penariknya putus dan meluncur ke belakang, di saat bersamaan ada dari belakang bus Sinar Jaya dengan kecepatan tinggi yang di hantam bagian belakang truk, insiden ini membawa korban jiwa, turut berbelang sungkawa atas kejadian ini, link beritanya bisa cek disini

truk membawa muatan overloadsumber gambar : google

Apakah korelasi antara bahaya muatan overload dengan salah satu penyebab kecelakaan di jalan, kenapa pabrik kendaraan sudah menentukan kapasitas maksimal dari sebuah kendaraan, dan hal apa saja yang mungkin bisa di lakukan untuk meminimalisir terjadinya insiden kecelakaan di jalanan, jangan bilang ini sudah musibah atau takdir, tapi ingat kita manusia di berikan akal dan pikiran untuk belajar menjadi lebih baik, saya akan mencoba menulis apa yang saya ketahui seputar penyebab kegagalan pengereman dalam mobil atau kendaraan.

Cara Kerja Rem

Mungkin ini sudah pada tahu semuanya ya,  rem bekerja dengan cara meneruskan tekanan dari pedal rem sampai ke tiap roda, dimana tekanan pedal rem supaya lebih ringan dibantu oleh booster rem yang memanfaat kevakuman atau ada pompa vakum sendiri sehingga tenaga yang di keluarkan pengemudi akan lebih ringan.

Tekanan dari sini akan di teruskan ke master rem, dimana disini terdapat reservoir atau tangki minyak rem. Minyak rem ini sendiri yang menjadi media utama untuk meneruskan aliran tenaga tadi sampai ke roda, kasus rem blong ini terjadi karena tekanan dari pedal rem tidak sampai ke tiap roda atau bisa sampai tetapi cukup lemah sehingga tidak bisa menghasilkan gaya gesekan antara tromol atau cakram dengan kampas rem, digunakan untuk menghentikan kendaraan tersebut.

Bahasa di lapangan ada sebut rem blong, rem kempos , rem bocor atau rem kurang pakem intinya rem tidak bisa bekerja maksimal. Kehilangan tenaga pengereman terjadi karena media yang menjadi penghubung ini tidak bekerja dengan baik yaitu ada masalah di minyak rem. Minyak rem ini hanya media yang bekerja di dalam komponen sistem rem mulai master rem, pipa, silinder atau piston rem, jika komponen tersebut rusak dan menyebabkan kebocoran sudah di pastikan rem akan kempos dan bisa menyebabkan blong di jalanan.

Karakter Minyak Rem

Ini pengalaman saya, ketika menangani mobil yang melakukan perbaikan atau perawatan saya lihat minyak rem nya cukup hitam kelam, ketika saya tanya yang punya kendaraan, kapan pak ganti minyak rem terakhir sudah lama mas mungkin 3 tahun yang lalu karena gak bocor. Nah ini adalah pemahaman yang sangat keliru karena minyak rem ini harus di ganti secara berkala terutama ketika warnanya sudah mulai berubah, dan ini masih banyak sekali terjadi,  orang  hanya melihat minyak rem dari jumlahnya saja bukan dari kualitas.

Salah satu karakteristik minyak rem adalah memiliki titik didih yang tinggi dan titik beku yang rendah, minyak rem harus memiliki daya tahan terhadap panas yang cukup tinggi karena tekanan yang terus menerus. Jika kualiatas minyak rem sudah turun dia akan turun titik didihnya dan saat di lakukan tekanan akan muncul gelembung-gelembung udara yang bisa menempel di dinding komponen logam seperti master rem dan pipa-pipa dan dapat mengakibatkan korosif atau karat, jadi jika ada master rem saat di buka dalamnya berkarat ini di sebabkan karena kondisi minyak rem yang jelek dan di pakai terus menerus.

Yang terjadi ketika kondisi minyak rem sangat jelek, tekanan akan menimbulkan gelembung, gelembung ini akan menyerap tekanan dari pedal rem yang harusnya di teruskan untuk mendorong piston tapi tidak bisa karena kemampuan minyak rem sudah hilang, inilah yang terjadi walaupun tidak ada kebocoran minyak rem tapi rem tidak bekerja, semakin sering minyak rem mengalami panas dia akan kehilangan tenaga untuk menghantarkan tekanan tersebut.

Cerita Rem Blong Walaupun Tidak Bocor

Saya pernah membawa motor turun dari gunung Bromo kami boncengan dan dari atas kita sudah melakukan pengereman terus menerus sampai akhirnya rem depan kita blong di tekan tuas rem sampai maksimal tak ada tekanan sama sekali, akhirnya kita bisa berhenti dan kita diamkan dulu sampai 15-20 menitan. Ketika minyak rem sudah dingin rem bekerja lagi dengan normal itulah yang terjadi ketikan muatan overload dan menyebabkan beban kendaraan bertambah dan kita sering melakukan pengereman

Hubungan Muatan Overload Dengan Kondisi Pengereman

Mungkin ibaratnya seperti ini, ketika anda jalan di turunan sendirian pasti beban yang di kaki anda tidak banyak engkel dan lutut anda tidak akan skait menahan beban anda sendiri anda dapat mengatur kecepatan anda jalan dengan mudah, sekarang jika anda membawa tas ransel dengan berat 40 kg misalnya, saya yakin tubuh anda akan cenderung terdorong ke bawah dengan kecepatan yang cukup tinggi, dan mau tidak mau lutut dan engkel kaki anda yang harus sering menahan ke jalan agar anda tidak meluncur deras ke bawah akibatnya lutut dan engkel bisa sakit jika di hajar terus dengan durasi yang lama.

gagal pengereman

Begitu pula kondisi saat mobil dengan muatan overload di jalanan , saat turunan akan banyak sekali menggunakan rem, minyak rem yang kualiatasnya jelek akan terus menerus kena panas dan akhirnya mendidih kalau sudah mendidih sudah pasti akan kehilangan daya pengereman dan akhirnya blong.

Untuk itulah sebabnya pemerintah melakukan uji kir dengan berat maksimal yang di ijinkan adalah sekiaan-sekian, begitu pula pabrikan juga sudah menghitung beban maksimal yang boleh di bawa kendaraan tersebut untuk meminimalisir kejadian seperti ini.

Tapi ternyata masih banyak kita jumpai kendaraan yang membawa beban overload di jalanan dengan dalih lebih hemat, dan mengesampingkan keselamatan di jalanan. Para pemilik usaha armada truk harus memahami bahayanya beban overload, selain menyebabkan rem blong , juga bisa menyebabkan kerusakan komponen kendaraan itu sendiri yang paling sering adalah as roda patah, dan sangat meningkatkan resiko driver atau kendaaan lain di jalan. Cerita tentang as roda patah saya punya cerita tentang as roda patah di truk yang sampai bolak balik ganti ini akan saya tulis di postingan lainnya.

Pencegahan Rem Blong Dan Kecelakaan Di Jalan

Selalu lakukan perawatan rutin

untuk sistem pengereman mulai dari kondisi kampas rem, minyak rem, booster rem dan periksa kebocoran yang terjadi di komponen sistem rem, periksa juga exhaust brake pada kendaraan truck karena ini sangat membantu sekali.

Ganti minyak rem

jika sudah mulai berubah warna, perubahan warna minyak rem ini sebagai indikasi menurunnya kualitas minyak rem, jangan hanya di tambah tambah saja tanpa melalukan pergantian, perhatikan jika minyak rem tiba-tiba turun jumlahnya bisa jadi ada kebocoran yang tidak terasa di pedal rem.

Gunakan minyak rem sesuai spesifikasi

pabrikan kendaraan selalu mengeluarkan spesifikasi minyak rem yang sesuai dengan mobil nya, dan mereka pun menyediakan minyak rem sendiri yang di khususkan untuk kendaraan tersebut, jangan hanya tergoda dengan minyak rem yang murah tapi tidak tepat penggunaannya.

Bawa muatan sesuai kapasitas mobilnya

banyak sekarang kendaraan dimodifikasi agar bisa membawa beban yang lebih banyak, dan mengesampingkan kondisi atau kemampuan kendaraan itu sendiri, semakin besar kendaraan komponen yang digunakan juga semakin besar misal untuk truk giga dari isuzu jelas memiliki desain dan ukuran komponen rem yang berbeda dengan truk canter Mitsubishi, karena ini sudah di perhitungkan dengan beban yang akan di bawa.

Jangan berjalan melebihi kecepatan yang di tentukan,

semakin berat beban kendaraan tentunya kecepatan harus di turunkan, agar tetap terkendali jalan tol lintas jawa memang disisi lain sangat membantu jalur distribusi, di sisi lain berkendara di jalan yang bebas hambatan seperti ini mendorong driver untuk memacu kendaraan lebih cepat, jadi tetap waspada di jalan dan perhatikan batas kemampuan kendaraan dan peraturan yang di ijinkan.

Membawa kendaraan saat sehat saja

namanya aktifitas tubuh pasti turun naik, ada kalanya kita capek luar biasa karena berhari-hari bekerja di jalanan. Saat tubuh capek konsentrasi akah berkurang jauh apalagi kurang tidur, sebaiknya jika kondisi sangat capek alangkah baiknya istirahat dahulu sampai bada segar kembali, sudah banyak sekali kasus kecelakaan yang di sebabkan karena sopir mengantuk.

Gunakan kampas rem yang berkualitas

kampas rem memiliki banyak jenis di pasaran semakin murah akan semakin keras biasanya karena hal ini berhubungan dengan bahan dari kampas rem tersebut, semakin lunak kampas rem akan memiliki daya gesek yang bagus dan membuat rem sangat pakem, semakin keras gaya gesek dengan permukaan teromol akan semakin sedikit sehingga tidak pakem, kita ambil contoh saja kendaraan seperti land cruiser untuk kampas rem depan saja harga kampas rem nya di atas 2 juta yang original, karena mobil ini memiki tenaga yang besar dan beban yang cukup berat.

Selain berimbas ke sistem rem, muatan overload jelas akan memaksa mesin bekerja secara ekstra apalagi saat di jalan tanjakan, satu hal yang perlu di ketahui setiap mesin akan memiliki titik tertinggi dimanan putaran rpm tertentu akan menghasilkan torsi tertiggi, jadi bukan berarti dengan menambah Rpm terus tenaga akan semakin naik terus, hal ini bisa anda coba dengan membawa motor manual lewat tanjakan tinggi jika anda buka gas terus bukan tambah kencang tapi bisa jadi anda kehilangan tenaga, berbeda dengan membukan pedal gas sedikit-sedikit, dalam hal ini kemampuan seorang driver memang sangat di perlukan.

Demikian sedikit tulisan saya ya semoga ada sedikit manfaat bagi yang membaca artikel ini, silakan di share jika tulisan ini ada manfaatnya dan bisa bermanfaat bagi orang lain, tulisan ini sangat jauh dari sempurna jadi mohon bagi pembaca mari diskusi di komen di bawah ini, kami selalu menerima saran dan kritik terhadap semua tulisan yang kami buat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
ORDER SPARE PART TOYOTA BUILT UP