Bahaya Membawa Muatan Overload

Posted on

Mobilupdate.net – Salah satu penyebab kecelakaan di jalan selama ini adalah kendaraan yang mengalami rem blong terutama kendaraan seperti truk yang membawa muatan overload alias beban yang sangat melebihi dari kapasitas yang sebenarnya di ijinkan.

Pertengahan bulan ini ( Februari 2020) saya membaca berita terjadi kecelakaan di tol Ungaran Semarang yang melibatkan kendaraan truk besar yang memuat kayu tidak kuat nanjak dan akhirnya di tarik, karena tidak kuat penariknya putus dan meluncur ke belakang, di saat bersamaan ada dari belakang bus Sinar Jaya dengan kecepatan tinggi yang di hantam bagian belakang truk, insiden ini membawa korban jiwa, turut berbelang sungkawa atas kejadian ini, link beritanya bisa cek disini

gambar truk dengan muatan penuhsumber gambar : google

Apakah korelasi antara muatan overload dengan salah satu penyebab kecelakaan di jalan, kenapa pabrik sudah menentukan kapasitas maksimal dari sebuah kendaraan, dan hal apa saja yang mungkin bisa di lakukan untuk meminimalisir terjadinya insiden kecelakaan di jalanan, jangan bilang ini sudah musibah atau takdir, tapi ingat kita manusia di berikan akal dan pikiran untuk belajar menjadi lebih baik, saya akan mencoba menulis apa yang saya ketahui seputar penyebab kegagalan pengereman dalam mobil atau kendaraan.

Cara Kerja Rem

Mungkin ini sudah pada tahu semuanya ya,  rem bekerja dengan cara meneruskan tekanan dari pedal rem sampai ke tiap roda, dimana tekanan pedal rem supaya lebih ringan dibantu oleh booster rem yang memanfaat kevakuman atau ada pompa vakum sendiri sehingga tenaga yang di keluarkan pengemudi akan lebih ringan.

Tekanan dari sini akan di teruskan ke master rem, dimana disini terdapat reservoir atau tangki minyak rem. Minyak rem ini sendiri yang menjadi media utama untuk meneruskan aliran tenaga tadi sampai ke roda, kasus rem blong ini terjadi karena tekanan dari pedal rem tidak sampai ke tiap roda atau bisa sampai tetapi cukup lemah sehingga tidak bisa menghasilkan gaya gesekan antara tromol atau cakram dengan kampas rem, digunakan untuk menghentikan kendaraan tersebut.

Bahasa di lapangan ada sebut rem blong, rem kempos , rem bocor atau rem kurang pakem intinya rem tidak bisa bekerja maksimal. Kehilangan tenaga pengereman terjadi karena media yang menjadi penghubung ini tidak bekerja dengan baik yaitu ada masalah di minyak rem. Minyak rem ini hanya media yang bekerja di dalam komponen sistem rem mulai master rem, pipa, silinder atau piston rem, jika komponen tersebut rusak dan menyebabkan kebocoran sudah di pastikan rem akan kempos dan bisa menyebabkan blong di jalanan.

Karakter Minyak Rem

Ini pengalaman saya, ketika menangani mobil yang melakukan perbaikan atau perawatan saya lihat minyak rem nya cukup hitam kelam, ketika saya tanya yang punya kendaraan, kapan pak ganti minyak rem terakhir sudah lama mas mungkin 3 tahun yang lalu karena gak bocor. Nah ini adalah pemahaman yang sangat keliru karena minyak rem ini harus di ganti secara berkala terutama ketika warnanya sudah mulai berubah, dan ini masih banyak sekali terjadi,  orang  hanya melihat minyak rem dari jumlahnya saja bukan dari kualitas.

Salah satu karakteristik minyak rem adalah memiliki titik didih yang tinggi dan titik beku yang rendah, minyak rem harus memiliki daya tahan terhadap panas yang cukup tinggi karena tekanan yang terus menerus. Jika kualiatas minyak rem sudah turun dia akan turun titik didihnya dan saat di lakukan tekanan akan muncul gelembung-gelembung udara yang bisa menempel di dinding komponen logam seperti master rem dan pipa-pipa dan dapat mengakibatkan korosif atau karat, jadi jika ada master rem saat di buka dalamnya berkarat ini di sebabkan karena kondisi minyak rem yang jelek dan di pakai terus menerus.

Yang terjadi ketika kondisi minyak rem sangat jelek, tekanan akan menimbulkan gelembung, gelembung ini akan menyerap tekanan dari pedal rem yang harusnya di teruskan untuk mendorong piston tapi tidak bisa karena kemampuan minyak rem sudah hilang, inilah yang terjadi walaupun tidak ada kebocoran minyak rem tapi rem tidak bekerja, semakin sering minyak rem mengalami panas dia akan kehilangan tenaga untuk menghantarkan tekanan tersebut.

Cerita Rem Blong Walaupun Tidak Bocor

Saya pernah membawa motor turun dari gunung Bromo kami boncengan dan dari atas kita sudah melakukan pengereman terus menerus sampai akhirnya rem depan kita blong di tekan tuas rem sampai maksimal tak ada tekanan sama sekali, akhirnya kita bisa berhenti dan kita diamkan dulu sampai 15-20 menitan. Ketika minyak rem sudah dingin rem bekerja lagi dengan normal.

Gravatar Image
HANYA PENULIS BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI, SILAKAN KOMENT DI BAWAH UNTUK PERTANYAAN, SILAKAN DI SHARE JIKA BERMANFAAT FOLLOW INSTAGRAM KAMI @ANDHIPUTRA_

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *