Apa Penyebab Radiator Mobil Cepat Panas

Posted on

temperature mesin panas Radiator adalah komponen utama dalam sistem pendinginan, fungsi utamanya adalah mendinginkan air yang telah bersirkulasi di dalam mesin untuk di masukkan kembali ke mesin, sehingga suhu mesin tetap terjaga dan tidak overheating, karena jika overheating komponen-komponen mesin akan mengalami tingkat pemuaian yang berlebihan dan akan mengakibatkan kerusakan.

Pada dasarnya penyebab temperatur mesin panas itu ada 3, jumlah air pendingin yang kurang atau sistem yang digunakan untuk mendinginkan air sendiri bermasalah dan sirkulasi pendingin yang tidak lancar.

Yang pertama jika air pendinginan kurang atau bahkan habis penyebab pastinya adalah kebocoran dalam sistem pendingin, bisa dari radiator, reservoir,tutup radiator, selang radiator, pompa air, atau bahkan water inlet atau saluran yang masuk ke dalam mesin sudah keropos, sehingga jumlah air tidak cukup untuk mendinginkan mesin dan bisa di pastikan temperature mesin akan naik, bahaya jika di teruskan berjalan.

radiator cup testerJika secara tekanan normal kecoboran tidak terlihat secara mata, bisa menggunakan alat bernama Radiator Compression Tester, fungsi alat ini digunakan untuk memompa radiator dan memberikan tekanan tertentu ke sistem pendingin, jika kita berikan tekanan muncul kebocoran berarti di temukan masalahnya.

Yang kedua adalah sistem yang digunakan untuk mendinginkan air mengalami masalah, disini komponen utamanya adalah kipas pendingin yang digunakan untuk menyerap panas dari radiator tidak mau bekerja. Pada mobil yang menggunakan kipas pendingin mengikuti putaran mesin, kondisi ini jarang terjadi karena kipas akan terus bekerja secara manual contohnya Kijang, Innova, Fortuner dll. Biasanya kasus ini terjadi pada mobil dengan kipas elektrik contoh Avanza. Kipas pendingin type ini akan bekerja jika temperatur mesin di anggap panas ada yang di kontrol menggunakan komputer untuk yang kendaraan baru atau menggunakan transistor untuk kendaraan lama, jadi alur sederhananya suhu mesin akan di deteksi oleh water temperature sensor ketika suhu di anggap panas, arus listrik akan di alirkan menuju motor kipas dan berputar, beberapa masalah yang sering membuat kipas type ini tidak bekerja adalah :

  • Sensor temperatur rusak, jadi tidak bisa memberikan info bawah mesin panas.
  • Arus listrik terputus, bisa karena fuse putus, atau ada jalur yang putus.
  • Motor sudah aus, kumparan mengalami kerusakan dan tidak mau berputar meskipun ada arus listrik.

kipas radiaotor elektrik

3 hal itu adalah pokok permasalahanya jadi jika anda seorang teknisi anda harus memeriksa itu.

Suhu air radiator juga bisa meningkat ketika ac di hidupkan, menghidupkan ac akan meningkatkan kinerja mesin (Rpm naik)  karena harus memutar kompresor ac jadi untuk tetap menjaga suhu mesin, maka di tambah kipas pendingin yang bekerja saat ac di nyalakan, secara konstruksi ini berada di kendaraan dengan tipe kipas pendingin elektrik. Apabila kipas pendingin ac ini tidak bekerja maka suhu mesin akan ikut naik dan mesin bisa overheating, solusinya matikan ac untuk sementara dan buka jendela kaca anda sampai ke bengkel.

Yang ketiga, yang menyebabkan suhu mesin naik adalah tidak bersirkulasinya air pendingin dengan baik, bisa jadi karena ada udara di dalam air pendingin (berlaku di tipe sirkulasi dalam), atau karena saluran buntu, seperti yang terjadi di dalam mobil Kijang EFI LGX air tidak bersirkulasi karena thermostat nya mengalami macet menutup, thermostat ini berfungsi adalah mempertahankan suhu mesin agar tetap stabil cara kerjanya seperti ini misal kondisi normal mesin yang di harapkan adalah 80° C, ketika suhu mesin masih 60°C thermostat akan menutup saluran air yang masuk ke radiator dan mempertahankan air bersirkulasi di dalam water jacket (saluran air di dalam blok mesin) agar suhu mesin cepat tercapai, ketika suhu mesin sudah tercapai dan mencegah terlalu panas thermostat akan membuka dan mengeluarkan air dari dalam mesin ke radiator untuk di dinginkan jadi seperti itu siklusnya.gambar thermostat

Selain thermostat yang membuat air tidak mengalir sempurna adalah saluran air tersumbat kotoran, kotoran yang sering terjadi adalah kerak air yang terjadi karena proses kimia antara air dengan bahan-bahan yang di aliri air pendingin sendiri, dan sering terjadi jika kendaraan menggunakan air biasa (air mineral) untuk pendinginnya, untuk itu sangat di sarankan menggunakan air khusus pendingin atau biasa di sebut coolant karena akan mengurangi resiko keropos, dan terjadinya kerak.

Jadi dari artikel di atas dapat di simpulkan secara garis besar yang mengakibatkan suhu mesin naik adalah :

  • Air pendingin bocor (radiator,selang,pompa dll)
  • Kipas pendingin tidak bekerja ( arus tidak ada, motor rusak)
  • Air tidak bisa bersirkulasi ( saluran tersumbat, thermostat macet)

Beberapa komponen yang harus di periksa sudah kami tuliskan di atas, semoga artikel ini bermanfaat buat anda dan menjawab rasa ingin tahu anda di dunia otomotif, silakan share di jika bermanfaat melalui tombol social media di bawah ini.

Incoming search terms:

  • penyebab radiator mobil cepat panas
  • penyebab radiator panas
  • pompa bawah pembuang air di kaca mobil kijang innova
  • www pengetahuan tentang radiator mobil Toyota terbaru
  • Penyebab temperatur cepat panas
  • penyebab radiator mudah panas
  • penyebab radiator mobil sering panas
  • Penyebab radiator mobil kijang mudah panas
  • penyebab radiator cepat panas
  • Pengetahuan tentang radiator mobil Innova mengapa air radiator bisa berkurang

8 thoughts on “Apa Penyebab Radiator Mobil Cepat Panas

  1. Mobil avanza posisi parkir,kalau mesin dihidupkan tanpa ac kira2 20 menit kipas radiator tidak berputar tapi kalau ac dihidupkan kipas radiatornya berputar, kira2 rusaknya apa mas..

    1. selamat pagi

      kalau ac di nyalakan kipas langsung hidup ini adalah yang normal karena beban mesin bertambah, kalau dalam posisi parkir dan mesin tidak ada beban, temterature tidak cepat panas, ketika kipas radiator tidak bekerja tetapi suhu mesin masih normal tidak ada masalah, yang bermasalah adalah ketika suhu mesin sampai setengah lebih kipas tidak bekerja ini yang jadi masalah, coba di cek kembali socket sensor temperature yang berada di belakang kompresor ac bila ada kemungkinan lepas,, terima kasih

  2. Salam otomotif gan,corona absolute sy klu sdh menempuh perjalanan sktr 5 km temperaturnya lansung naik stngah lebih.stlah sy cek air radiatornya berkurang.sdngkan kebocoran tdk ada dan radiator pdhal bru siap dicuci.mohon solusinya ya gan..tks

    1. untuk kebocoran bisa di pastikan dengan alat pressure radiator gan, sesuai yang kami tulis, jika terjadi kebocoran di bagian dalam seperti water jacket akan terlihat, jika tekanan turun tapi dari luar tidak ada kebocoran bisa jadi ada kebocoran di bagian dalam mesin,

  3. Radiator mobil sy cepat panas padahal kipas radiatornya masih bekerja secara otomatis,tetapi jika kipasnya kami fungsikan secara kipas jln terus mengikuti kunci kontak saat di nyalakan mesin tidak prn panas,apa penyebabnya klo seperti itu pak apakah kipasnya yg harus kami ganti..tlong penjelasannya, makasi pak

    1. selamat sore
      di periksa ulang apakah kipas sudah bekerja sesuai dengan temperature sesuai spesifikasi, periksa lagi kondisi radiatornya apakah radiator buntu atau berkerak, cem semua kebocoran, cek kondisi thermostatnya juga..

  4. Mobil saya Avanza 2017 permasalahan adalah temperatur cepat panas jika ac di hidupkan dan posisi mobil di pakai menanjak. Semua sdh di periksa. Apa penyebabnya

    1. selamat pagi,

      kalau semua sudah di periksa terus hasil pemeriksaanya gimana pak? yang di maksud cepat disini apa lebih dari panas yang di ijinkan atau masih sampai batas normal pak,hanya lebih cepat dari dingin ke panas kalau masih batas nornal dan tidak overheat berarti semua masih normal pak, tapi kalau sudah overheat jelas ada masalah pak karena semakin berat medan jalanan, kinerja mesin semakin berat dan temperatur panas cepat tercapai.

      beberapa item yang di periksa bisa seperti : kondis air (pastikan menggunakan coolant) thermostat, periksa kebocoran, periksa kinerja motor fan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *