Alat Yang Digunakan Untuk Menekan Piston Rem

Posted on

MOBILUPDATE.NET – Perawatan sistem pengereman merupakan hal wajib yang harus di lakukan para pemilik mobil secara berkala seperti mengganti kampas rem, mengganti minyak rem, memeriksa saluran pipa dan selang minyak rem dari kebocoran hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa rem harus bekerja dengan baik karena ini adalah sistem keamanan utama pada  mobil.

Saat melakukan pergantian kampas rem yang sudah tipis anda akan menemukan posisi piston rem yang keluar memanjang sedangkan untuk memasang kampas rem yang baru anda harus menekan piston rem kembali ke dalam lagi, masalahnya adalah tidak semua orang tahu bagaimana cara melakukannya dengan benar, jika pada sepeda motor karena ukuran nya kecil bisa di ungkit dengan menggunakan obeng atau stang lainnya tetapi bagaimana jika itu di mobil yang pistonnya besar? Memang bisa dengan di ungkit menggunakan stang atau alat lainnya tetapi di dalam artikel ini saya akan menjelaskan bahwa ada alat yang tepat sesuai prosedur yang digunakan untuk menekan piston kedalam, dalam bahasa teknis di kenal dengan brake piston tool kit seperti di bawah ini alatnya

alat penekan piston rem

Ada beberapa pilihan plat bulat yang digunakan untuk menekan piston sesuai dengan ukuran diameter piston rem, dengan menggunakan alat ini pekerjaan anda bisa lebih mudah dan juga komponen yang kita kerjakan juga aman karena saat di lakukan penekanan ke dalam rumah piston tenaga yang di berikan merata keseluruh permukaan.

Di bawah ini adalah cara-cara yang kurang tepat digunakan saat menekan piston rem, memang keterbatasan alat di bengkel terkadang menjadi masalah tapi menurut saya untuk menjadikan sebuah bengkel lebih profesional tidak hanya di lihat dari hasil kerja saja tetapi juga cara pengerjaan yang profesional juga.

 

Jika kita lihat gambar di atas adalah dengan menggunakan kunci-kunci, selain penekanan yang tidak merata menggunakan alat seperti ini jelas tidak di benarkan karena bisa merusak kunci dan juga merusak komponen.

Di bawah ini adalah cara yang benar dan memang terlihat profesional

 

Dari cara yang salah dan cara yang benar terlihat sekali kan perbedaanya, jika anda seorang pemilik mobil pasti anda lebih suka mobil anda di perlakukan seperti pada gambar di atas ini. Dengan menggunakan tool yang tepat sebenarnya pekerjaan bisa lebih mudah komponen yang di kerjakan juga aman yang bekerja juga merasa aman, cara kerjanya tinggal menempatkan alat seperti di atas dan di putar ujung tuasnya ke kanan seperti saat mengencangkan baut dan piston akan tertekan dengan sendirinya.

Memang perlu sedikit investasi untuk membeli alat seperti ini, namun di pasaran tersedia banyak pilihan dengan variasi harga dan bentuk yang bermacam-macam, tidak perlu beli satu set mahal paling tidak beli satu saja yang bisa di atur secara fleksibel dan bisa digunakan untuk semua kendaraan yang jelas pekerjaan anda akan lebih mudah dan terlihat profesional.

Incoming search terms:

  • cara menekan piston rem cakram motor
  • cara menekan piston kaliper motor
  • sst untuk mendorong Piston Rem
  • sst rem cakram
  • piston penekan kompas rem depan tidak kembali
  • Nama alat yang digunakan untuk melakukan penggantian minyak rem adalah
  • alat penekan piston kaliper
  • cara menekan piston cakram agar kedalam
  • alat untuk membuka rem cakram
  • alat penekan piston rem mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *