Merajai Sejak Tahun 2003, Akhirnya Avanza Digeser Mitsubishi Xpander Di 2018

Posted on

Mobilupdate.Net – Tak butuh waktu lama bagi Avanza ketika mobil ini di perkenalkan pertama kali pada ajang Gaikindo Auto Expo tahun 2003, di tahun yang sama mobil ini terjual lebih dari 100,000 unit. Mobil yang di produksi oleh Daihatsu dan di jual oleh 2 brand yaitu Toyota dengan Avanza dan Daihatsu dengan nama Xenia ini benar-benar menjadi raja jalanan akhirnya dengan sebutan mobil sejuta umat sampai saat ini, sesuai namanya memang dimana nama avanza adalah di ambil dari dari bahasa italia avanzato yang artinya “peningkatan”.

Selama 15 tahun Toyota Avanza selalu mendominasi penjualan tertinggi mobil di Indonesia setiap bulannya walaupun di tahun tahun 2016 bulan September sempat tergeser oleh Toyota Calya, tapi pada bulan Februari 2018 baru bisa tergeser oleh brand lain yaitu Mitsubishi Xpander yang merupakan produk baru di tahun 2017 tepatnya bulan Agustus 2017 pertama kali di jalanan Indonesia, Mitsubishi Xpander sepertinya di gunakan untuk mengganggu dominasi Avanza Xenia di Indonesia.

xpander beat avanza
TOP 20 Mobil Terlaris di 2018

Menurut data dari Gaikindo penjualan bulan Februari menurun di bandingkan Januari, pada bulan Januari ada 95.975 unit sedangkan Februari menjadi 93.737 unit, berikut ini adalah top 20 mobil terlaris bulan Februari 2018:

  1. Mitsubishi Xpander: 7400 unit
  2. Toyota Avanza : 6773 unit
  3. Toyota Kijang Innova : 4954 unit
  4. Toyota Calya : 4.679 unit
  5. Daihatsu Gran Max Pickup : 4395 unit
  6. Suzuki Ertiga: 4223 unit
  7. Daihatsu Sigra : 3.990 unit
  8. Honda Brio Satya : 3.898 unit
  9. Toyota Rush : 3.575 unit
  10. Suzuki Carry Pick-up : 3.318 unit
  11. Daihatsu Xenia : 2.529 unit
  12. Daihatsu Ayla : 2.485 unit
  13. Honda HR-V : 2.233 unit
  14. Mitsubishi Pajero Sport : 2.227 unit
  15. Toyota Agya : 2.008 unit
  16. Daihatsu Terios : 1.605 unit
  17. Toyota Fortuner : 1.539 unit
  18. Honda Mobilio : 1.514 unit
  19. Toyota Yaris : 1.109 unit
  20. Honda Jazz: 847 unit

(*data gaikindo di kutip dari detik.com)

Di atas adalah top 20 artinya secara keseluruhan masih ada banyak penjualan mobil lainnya yang angka penjualannya di bawah itu yang tidak terdaftar disana. Dari top 20 ini semua adalah pabrikan Jepang ini menandakan seberapa kuat brand mobil Jepang di Indonesia dibandingkan di luar Jepang.

Secara varian Mitsubishi Xpander memimpin di atas Toyota Avanza dengan selisih 627 unit lebih banyak, tetapi secara brand Toyota merajai di top 20, Mitsubishi hanya ada 2 yang masuk top 20 selain Xpander tentu ada Pajero Sport yang penjualannya justru lebih bagus di bandingkan Toyota Fortuner dimana kedua kendaraan ini adalah penguasa SUV di tanah air saat ini.

Sejak Xpander di luncurkan di tahun 2017 akhir sudah terlihat sebenarnya potensi untuk menganggu Avanza, di 2 minggu pertama setelah peluncuran sudah ada ribuan unit yang di pesan sampai Mitsubishi sehingga inden pengiriman unit baru cukup lama, di awal tahun 2018 Xpander masih kalah dengan Avanza dengan selisih sedikit baru di Februari bisa melewati penjualan Avanza.

Strategi Mitsubishi Untuk Xpander

Riset Kebutuhan Pasar

Jauh sebelum Mitsubishi sebagai produsen melahirkan Xpander tentu sudah ada riset mendalam tentang kebutuhan pasar terutama kepada customer mereka yang loyal, 3-4 tahun adalah waktu yang tepat untuk menggali informasi masukan dari customer yang tersebar di seluruh dealer di Indonesia, seperti apa mobil yang mereka inginkan, seperti resmi di launching pun Mitsubishi sudah mencoba memperkenalkan desain dan teknologi dalam bentuk concept melalui ajang-ajang pameran, tidak hanya sebatas di lingkup pameran era digitalisasi sudah lebih mudah di gunakan untuk menjangkau masyarakat secara luas untuk memperkenalkan produk yang akan di lahirkan.

Pengembangan jaringan

Kemampuan mengembangan jaringan untuk layanan aftersales juga menjadi salah satu daya ungkit keberhasilan suatu produk ketika di luncurkan termasuk Mitsubishi ini yang saat ini sudah memiliki jaringan lebih dari 100 tempat di Indonesia jika kita lihat dari daftar di situs resmi Mitsubishi ada 214 dealer resmi di Indonesia.

Waktu Launching

Mitsubishi Xpander resmi keluar pada agustus 2017, dengan desain yang cukup menarik di bandingkan para rivalnya saat itu Xpander cukup mencuri perhatian public, Xpander ini bisa masuk kategori Small MPV dan juga SUV desain bodynya yang tidak terlalu besar masuk dalam MPV tetapi dengan gaya sporty yang kokoh seperti rasa SUV.

Xpander bisa masuk ke celah market 2 varian itu, saat itu Toyota masih ada Avanza dengan desain yang seperti itu, jika saya pribadi secara sekilas melihat tampilan saja jelas saya pilih Xpander, Toyota Rush juga masih menggunakan desain yang lama karena waktu itu belum ada All New Rush yang sudah mulai mengaspal di tahun 2018 dengan desain mirip mini Fortuner dengan desain yang lebih bagus dan fitur-fitur keren, Kondisinya bisa saja berbeda ketika Xpander mengeluarkan produknya ketika Toyota Sudah Mengeluarkan Toyota Rush yang baru.

Ok itu sedikit ulasan tentang Xpander yang berhasil mengalahkan Avanza di Februari, tahun ini ada beberapa produk baru yang  kemungkinan keluar di awal tahun sudah ada All New Rush, All New Yaris dan juga banyak lagi dari pabrikan lainnya, terima kasih.

INGIN MEMBELI MOBIL TOYOTA DI JAKARTA DENGAN PELAYANAN TERBAIK CHAT DI BAWAH INI (VALLENT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *