Toyota Kembangkan Bus Ramah Lingkungan Bertenaga Hidrogen

Posted on

MOBILUPDATE.NET – Jika kita melihat transportasi umum di kota besar seperti di Jakarta dan Surabaya banyak bus bus kota yang mengeluarkan asap hitam tebal dan ini tentu saja menjadi penyumbang polusi udara, semakin membuat udara di sekitar panas dan kotor. Tapi bisa jadi suatu saat nanti bus-bus akan berjalan-jalan tanpa mengeluarkan asap, jika bus itu menggunakan mesin hidrogen.

bus-toyoyta-bertenaga-hidrogen

Toyota sebagai raksasa otomotif dunia telah melakukan terobosan membuat bus dengan menggunakan tenaga hidrogen sama seperti yang digunakan pada hatchback Mirai.  Bus hidrogen Toyota ini bisa menghasilkan tenaga sekitar 155 daya kuda dan torsinya 339 Nm, bus ini tidak menghasilkan polusi sama sekali karena yang keluar cuma uap air dan pastinya juga tidak ada kebisingan.

Bus ini memiliki 10 tangki hidrogen yang dapat digunakan sepanjang 200 km, ya memang tidak terlalu jauh daya jelajahnya tetapi yang perlu di ketahui bahwa untuk melakukan isi ulang tangki hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit. Bus ini memiliki daya tampung 77 orang, cocok untuk menjadi solusi kebisingan dan menjadikan kota lebih bersih.

Tapi jangan berharap kita di Indonesia bisa menikmati bus seperti ini dahulu, karena bus ini memiliki harga yang cukup mahal sekitar 100 juta yen atau kalau di rupiahkan sekitar Rp 12.458.000.000 sebagai perbandingan kasar saja jika bus ini dapat 1 maka bisa digunakan untuk membeli bus yang menggunakan mesin diesel 5 unit bahkan bisa lebih. Selain itu untuk mengoperasikan bus ini juga butuh stasiun pengisian hidrogen.

Toyota memang sedang gencar mengembangkan produk yang menggunakan tenaga hidrogen karena ini adalah satu alternatif teknologi untuk masa depan, tidak hanya mobil dan bus Toyota juga mengembangkan alat berat dan merancang stasiun pengisian ulang hidrogen untuk kebutuhan rumahan dan industri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *