Sedikit Bocoran Produk Suzuki Ertiga Diesel Dengan Hybrid Ringan

Posted on

Mobilupdate.Net – Tahun 2016 Suzuki di Indonesia tidak banyak meluncurkan produk baru mungkin salah satunya adalah Suzuki SX4 Crossover dan beberapa facelift, tetapi untuk tahun 2017 Suzuki sudah tidak sabar meluncurkan produk baru yang di prediksi bisa booming di Indonesia yaitu generasi baru dari Ertiga yang laris manis di Indonesia tetapi kali ini menggunakan mesin diesel dan sebuah teknologi hybrid ringan di dalamnya, mari kita intip teknologi mobil yang sudah di terapkan di India ini oleh Suzuki.

teknologi hybrid ringan dari ertiga

Suzuki Ertiga diesel di lengkapi dengan teknologi yang di sebut dengan Smart Hybrid Vehicle By Suzuki yang disingkat menjadi (SVHS). Setelah menjalani riset yang cukup lama di India mobil ini baru di masukkan di Indonesia. Ertiga diesel mengguanakan mesin dengan  kode DDiS 200 dan sudah di lengkapi dengan Integrated Starter Generator (ISG).

Suzuki menerapkan teknologi penyimpan tenaga dari beberapa aktivitas berkendara salah satunya dari pengereman, jadi saat pengemudi melakukan pengereman akan ada energi yang disimpan yang nantinya akan digunakan untuk tambahan energi buat mesin. Seperti yang di katakan oleh Harold Donnei selaku section Head 4w Product Development dari PT Suzuki indomobil sales dengan membuat hybrid ringan jadi di mesin nanti tidak 100 % menggunakan listrik tetapi di ISG tersebut.

SVHS ini memungkinkan Ertiga diesel memasang fitur Idle Start Stop yang misalnya dipasangkan pada Motor Honda Vario terbaru, teknologi ini adalah mematikan mesin sesaat misalnya di lampu merah dan nanti akan bisa langsung jalan ketika pedal gas di tekan, sehingga akan lebih menekan konsumsi  bahan bakar, bila saja di lampu merah sampai 2 menit sudah berapa banyak bahan bakar yang terbuang sia-sia, untuk menyempurnakan kerja dari ISG ini maka di butuhkan baterai yang cukup besar yaitu 12 v dan 70 ampere.

Tingkat konsumsi BBM

Inovasi teknologi selalu harus menghasilkan sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya apakah itu menekan emisi gas buang, konsumsi bahan bakar. Dengan teknologi ringan dari Suzuki, Ertiga diesel ini lebih hemat, percobaan di lakukan di India dengan kondisi pengendaraan normal bisa menempuh 24,52 km/ liter tentunya ini lebih baik jika di bandingkan Ertiga yang sudah ada di Indonesia bermesin bensin yang tembus di kisaran 17 km/ liter, dan mobil ini disarankan menggunakan bahan bakar Pertadex.

Mobil diesel memiliki getaran mesin yang cukup besar dan juga suara yang lebih bising di bandingkan dengan mesin bensin, tetapi Harold mengklaim bahwa Ertiga diesel suaranya lebih hening dan sampai saat ini terus dilakukan pengetesan dan ujian untuk terus menekan intensitas desibelnya.

Untuk harga Suzuki Ertiga Diesel belum ada informasi pastinya berapa tetapi sudah pasti akan di jual dengan harga yang lebih kompetitif mengingat sekarang teknologi hybrid bukan hal baru lagi, jika kompetitor membanderol selisih harga antara 40-50 juta antara versi biasa dengna versi hybrid maka Suzuki tidak akan sejauh itu begitulah yang di ucapkan harold, sedangkan untuk spesifikasi lebih lengkap kita tunggu saja nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *