Propilot Teknologi Nissan Menghadapi Era Mobil Otonom

Posted on

Mobilupdate.Net – Era mobil otonom atau self driving bukan menjadi mimpi lagi, saat ini setiap pabrikan sudah berlomba-lomba menciptakan mobil otonom yang bisa berjalan sendiri tanpa sopir, bahkan baru-baru ini sebuah armada taksi juga sudah di uji coba di Singapora tanpa menggunakan sopir, di Finlandia juga sudah di coba bus tanpa sopir di beberapa jalur, hal ini sebagai sinyal positif bahwa self driving dan kendaraan ramah lingkungan akan menjadi proyek besar sampai beberapa tahun ke depan untuk semua produsen mobil.

gambar desain propilot

Di Yokohama Jepang Nissan telah menyiapkan teknologi semi otonom yang di beri nama Propilot, teknologi ini masih dalam tahap pengembangan dan di harapkan di tahun 2020 mobil dengan menggunakan teknologi ini bisa melintas di jalan perempatan (persimpangan) tanpa bantuan sopir sekalipun.

Propilot saat ini masih di temui di produk Nissan Serena khusus di Jepang, Propilot ini mampu untuk menyalip kendaraan lain dan bisa di operasikan dari kecepatan 30 km/jam sampai 130 km/jam kendaraan ini juga mampu melakukan pengereman sendiri untuk menjaga tabrakan baik dari depan maupun dari belakang, Propilot juga melakukan pengereman hingga mobil berhenti saat terjadi di daerah kemacetan Propilot bekerja hampir sama dengan Autopilot Tesla tapi yang membedakan adalah Propilot ini tetap membutuhkan sopir untuk menjaga tangannya di atas kemudi untuk tetap menjaga keselamatan di jalan bila suatu saat terjadi kegagalan sistem .

Bagaimana dengan produk di luar Jepang, tenang saja Propilot akan di kenalkan di eropa rencananya pada tahun 2017 lewat Nissan Qashqai selanjutnya ke pasaran Cina dan Amerika, Indonesia? Kita tunggu saja.

 

2 thoughts on “Propilot Teknologi Nissan Menghadapi Era Mobil Otonom

    1. betul bangaet gan,,, hal ini harus menjadi masukkan buat pemerintah untuk menentukkan kurikulum pelajaran di sekolah juga, kombinasi elektronic dan digital semakin menguasai sebuah kendaraan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *