Program Nasional Pemerintah untuk Peningkatan Kesejahteraan

Posted on

Program Nasional Pemerintah untuk Peningkatan Kesejahteraan

Sebagai negara berkembang, Indonesia mempunyai banyak permasalahan yang perlu ditangani. Masalah utama yang dihadapi adalah kemiskinan. Masih ada masyarakat di tanah air yang hidup di bawah garis kemiskinan. Tentu saja pemerintah menyelenggarakan banyak program untuk mengentaskan permasalahan yang cukup pelik tersebut. Berbagai program sosial untuk membantu masyarakat menengah ke bawah. Beberapa program nasional seperti bantuan-bantuan sosial berikut.

Program Sosial Pemerintah

Pemerintah bertanggung jawab atas kesejahteraan rakyatnya dan untuk itu, program-program sosial berikut diselenggarakan secara nasional untuk membantu kesejahteraan masyarakat Indonesia.

  1. Program untuk pendidikan

Pendidikan menjadi salah satu program yang sangat diperhatikan oleh pemerintah. Terlebih lagi peranan pendidikan begitu besar dalam pembangunan bangsa dan negara. Semua warga negara Indonesia berhak mendapat pendidikan sesuai dengan undang-undang. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, program-program nasional untuk peningkatan pendidikan bagi masyarakat Indonesia pun ada banyak. Dimulai dari bantuan operasional sekolah yang sudah dilakukan cukup lama. Pelajar tingkat dasar pun dibebaskan dari biaya pendidikan dengan bantuan dari program BOS ini. Untuk pelajar yang berasal dari keluarga tidak mampu juga diberikan bantuan berupa BSM.

Selain itu, PKH atau program keluarga harapan juga memiliki peranan dalam membantu dan memudahkan masyarakat dalam membiayai pendidikan. PKH sendiri dibagikan pada keluarga yang memiliki anak yang masih bersekolah. Tunjangan yang diberikan secara periodik tersebut dapat membantu meringankan masyarakat dalam membiayai pendidikan anaknya. Hanya saja, penyalurannya memang belum begitu baik. Ada banyak kasus terkait dana PKH ini, seperti keluarga yang mampu ternyata ikut masuk dalam penerima tunjangan PKH. Tunjangan yang diberikan untuk penerima PKH pun bervariasi antara 600 ribu hingga dua juta.

  1. Program untuk kesehatan

Masalah kesehatan juga menjadi salah satu prioritas bagi pemerintah. Semua warga negara berhak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Maka dari itu pemerintah membuat program nasional untuk mengurus masalah masyarakat di bidang kesehatan. Pemerintah melalui jaminan kesehatan nasional atau jamkesmas memberikan pembiayaan untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang berhak. Layanan kesehatan yang dibiayai meliputi beberapa tingkat, mulai dari layanan tingkat pertama di puskesmas hingga layanan atau fase tingkat lanjutan di rumah sakit yang lebih besar.

Masyarakat dapat memperoleh pelayanan kesehatan secara gratis. Layanan kesehatan yang dibantu jamkesmas ini mulai dari puskesmas hingga rumah sakit kelas 3 yang merupakan milik pemerintah. Untuk puskesmas, pemerintah memberikan jatah BOK atau bantuan operasional kesehatan. Setiap tahun dana BOK sebesar 100 juta diberikan untuk setiap puskesmas. Selain bantuan operasional kesehatan dan layanan kesehatan, pemerintah juga memberikan bantuan untuk masyarakat dengan kondisi tertentu. Seperti masyarakat yang merupakan penyandang cacat setiap bulan menerima bantuan sekitar 300 ribu. Untuk masyarakat yang termasuk lanjut usia atau lansia juga diberikan 300 ribu setiap bulan. Bantuan untuk kesehatan dari pemerintah juga diberikan bagi pengungsi atau masyarakat yang menjadi korban bencana.

  1. Program untuk ekonomi masyarakat miskin

Ada banyak program nasional yang diselenggarakan pemerintah demi membantu perekonomian masyarakat, terutama dari golongan menengah ke bawah. Untuk penanggulangan kemiskinan, pemerintah memiliki program klester yang terbagi dalam beberapa kategori yaitu bantuan dan yang berbasis pemberdayaan. Salah satu program yang berbasis pemberdayaan adalah PNPM atau program nasional pemberdayaan masyarakat. PNPM mandiri sendiri dilaksanakan dengan kerjasama yang melibatkan 13 kementerian dan juga sebuah lembaga. Anggaran yang disediakan pemerintah untuk program ini terbilang sangat besar mencapai 10 triliun. Dana tersebut dialokasikan ke seluruh nusantara yang meliputi lebih dari 6 ribu kecamatan. Program PNPM mandiri membantu masyarakat dalam pendanaan usaha mereka. Masyarakat dapat menggunakan bantuan PNPM untuk membuka proyek atau kegiatan usaha sendiri lainnya.

Selain PNPM, pemerintah juga memiliki program sosial berupa kredit usaha rakyat atau yang biasa disebut KUR. Pemerintah memberikan kepercayaan kepada Askrindo untuk menjamin dana KUR tersebut dan untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pinjaman modal usaha kecil dari pemerintah sebagai bantuan untuk kegiatan usahanya. Kredit usaha rakyat dapat dimanfaatkan masyarakat yang ingin atau merupakan pengusaha mikro kecil menengah. Bantuan untuk usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM mencapai 20 juta untuk setiap debitur. Berbeda dengan pinjaman biasa, KUR dari pemerintah ini bisa didapatkan melalui bank yang sudah bekerjasama dengan pemerintah dan masyarakat juga tidak perlu memberikan agunan atas pinjaman yang diterimanya.

Bantuan kredit usaha rakyat atau KUR juga disalurkan bagi para TKI. Kredit yang bisa diberikan maksimal sebesar 60 juta. Dana tersebut dapat digunakan untuk sektor perkebunan dan masa kreditnya pun lama hingga 12 tahun. Bantuan KUR untuk TKI tersebut diluncurkan sekitar tahun 2007. Penyaluran KUR yang sudah terealisasi hingga tahun 2011 pun sudah mencapai 40 triliun lebih. Ada lebih dari 4 juta debitur yang menggunakan bantuan kredit ini. Berbagai bank, mulai dari bank pembangunan daerah hingga bank nasional menjadi rekan pemerintah untuk membantu masyarakat mendapatkan bantuan KUR.  Seperti mendapatkan pinjaman online pribadi, pinjaman KUR juga dapat diperoleh dengan mudah dan tidak memerlukan jaminan atau agunan.

  1. Program penguat

Pada program penguat ini pemerintah mempunyai beberapa kategori bantuan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Terdapat program penguatan untuk PNPM seperti program usaha agribisnis pedesaan atau PUAP. Ada pula program penguatan lain yang meliputi sektor kelautan dan perikanan, lingkungan, pariwisata, serta generasi sehat dan cerdas. Dari program PNPM dan penguatan tersebut, sukses membantu masalah pengentasan kemiskinan masyarakat tanah air. Program penguat ini lebih pada masalah dasar masyarakat seperti rumah, air, dan juga kebutuhan aliran listrik.

Program pengentasan kemiskinan lain yang diselenggarakan adalah klaster 4. Pada klaster tersebut terdapat beberapa bantuan dari pemerintah untuk menunjang kehidupan atau kebutuhan masyarakat menengah ke bawah. Seperti program satu juta rumah dengan membangun begitu banyak unik untuk masyarakat yang belum pernah memiliki rumah sendiri. Selain rumah, pemerintah juga memberikan bantuan untuk peningkatan kualitas transportasi dengan memberikan program kendaraan umum murah yang menggunakan anggaran APBN hingga 50 miliar. Ada pula pamsimas yang merupakan program penyediaan air minum berbasis masyarakat. Sesuai namanya, program ini ditujukan untuk membantu kebutuhan dasar masyarakat untuk air bersih. Ada sekitar 275 kawasan masyarakat berpenghasilan rendah yang menjadi tempat pamismas dilaksanakan. 275 kawasan tersebut terdiri dari 418 desa, 131 kecamatan, dan 205 kawasan khusus. Bantuan sosial dari pemerintah lainnya adalah program listrik murah dan hemat. Pada bantuan tersebut, pemerintah mengalokasikan dana hingga 338 miliar.

Demikian beberapa program yang dibuat oleh pemerintah demi meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat tanah air. Bantuan demi bantuan di atas tentu akan bermanfaat apabila disalurkan kepada yang tepat dan juga digunakan secara bertanggung jawab. Jadi kesejahteraan bangsa Indonesia menjadi tanggung jawab bersama, bukan hanya dari pemerintah saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *