Penyebab Rembesan Oli Di Roda Belakang Mobil

Posted on

MOBILUPDATE.NET– Anda memiliki mobil dengan menggunakan penggerak roda belakang seperti Avanza, Innova dan kendaraan niaga lainnya, dan ketika anda parkir semalaman ternyata anda menemukan tetesan oli di roda belakang biasanya di velg bagian dalam, mungkin salah satu dari pembaca pernah mengalaminya atau ingin mencari tahu apa penyebabnya mari kita bahas disini.

Munculnya oli pada roda belakang disebabkan karena ada kebocoran seal oli roda belakang, oli ini adalah oli dari gardan. Seal oli di pasangkan pada bagian luar exel shaft housing untuk lebih jelas posisinya di mobil lihat gambar di bawah ini gan.

seal-roda-belakang

Gambar di atas kami ambil dari EPC atau katalog part number Toyota, jadi untuk mengganti seal roda ini harus membongkar shaft terlebih dahulu dengan melepas baut pengikat yang biasanya ada 4 buah. Untuk melepas shaft belakang tidaklah mudah apalagi jika kendaraan tersebut sudah lama, karena bearing akan lengket pada rumahnya dan biasanya butuh alat khusus untuk menarik shaft belakang ini, kalau ingin tahu seperti dibawah ini alatnya.

alat-untuk-melepas-axle-shaft-belakang

Cara menggunakanya adalah kaitkan ujung baut roda roda dengan bagian ujung alat ini, selanjutnya tarik ke belakang dengan menggeser pegangan yang di tengah dan di hentak ke belakang, cara ini aman dan memang menguras fisik, jika lokasi bearing berkarat semprotkan penetrant dan sedikit di pukul dengan menggunakan batang kuningan agar tidak rusak komponennya.

Setelah keluar ganti seal roda belakang dengan yang baru, cara memasangnya harus hati dan tidak boleh terbalik arahnya, posisi bagian kuning harus ada di luar atau menghadap ke pemasang (gambar di bawah ini) sebelum memasang sebaiknya bersihkan dulu area sekitar dari oli-oli bekas yang keluar. Setelah di rakit semuanya coba cek dulu apakah jumlah oli garda banyak berkurang, jika kurang tambahkan terlebih dahulu sebelum di lakukan test jalan. Lakukan test jalan dan periksa kembali apakah masih ada rembesan oli.

gambar-seal-roda-belakang

Jika kebocoran oli ini tidak segera di tangani di khawatrikan oli di garda akan berkurang banyak dan bisa mengganggu sistem pelumasan di gardan, selain itu jika oli sampai masuk ke sistem rem, permukaan kampas rem menjadi basah oli dan membuat rem tidak bisa pakem.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, silakan koment jika ada pertanyaa seputar topik ini, terima kasih.

Incoming search terms:

  • cara mengganti seal roda belakang kijang
  • shil yang ada pada gardar belakang triton
  • cara memperbaiki olisil ban blkng pda mobil grand max
  • rem tromol mobil rembes
  • cara pasang seal roda blakang mobil zebra
  • ban belakang kijang mengeluarkan oli
  • Skema roda futura
  • penyebqb oli bocor pada poros axel belakang
  • cara mengganti seal as roda belakang
  • seal gardan belakang toyota avanza

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *