Penyebab Mesin Pincang Pada Mobil Bensin

Posted on

Mesin mobil bisa bekerja jika terjadi 2 komponen penting yaitu bahan bakar dan pengapian, jika salah satu dari 2 hal ini bermasalah pasti mesin juga akan bermasalah dan sering kita dapati di lapangan adalah mesin mobil yang pincang, pincang di sini kaitannya adalah putaran mesin tidak bisa normal halus seperti biasanya, mesin pincang akan menyebabkan mesin menghasilkan getaran yang lebih besar dan tenaga yang berkurang, apa yang bisa mengakibatkan mesin ini pincang? Berikut ini penjelasannya berdasarkan pengalaman yang terjadi di lapangan (baca=bengkel)

Mengecek Busi mati kabel busi yang rusak dengan engine balance test

Mesin mobil yang ada di pasaran pada umumnya menggunakan 3 silinder, 4 silinder, 6 silinder dan 8 silinder (jarang untuk kendaraan kelas niaga) jika dalah satu dari silinder tersebut tidak bekerja maka kestabilan mesin akan berubah dan mesin pincang, dan salah satu penyebabnya bisa jadi karena busi pada salah satu silinder mati, sehingga ada silinder yang tidak terjadi pembakaran.

Cara melakukan pengecekan

Untuk busi anda bisa mengecek satu persatu dengan membongkar busi dan cek secara visual, periksa apakan ada dari salah busi yang ujungnya basah, basah ini karena campuran bahan bakar dan udara yang tidak terbakar sehingga membasahi ujung dari busi, ganti busi tersebut dan hidupkan mesin apakah sudah kembali normal apa belum, jika normal masalah selesai, tapi jika belum anda bisa melakukan langkah yang agak ekstrem berikut untuk memastikan silinder mana yang bermasalah.

melepas busi mobil

Hidupkan mesin walaupun dalam kondisi pincang, gunakan sarung tangan karet atau yang mengandung isolator, perhatikan getaran mesin dan cabut kabel busi dari masing-masing busi perhatikan apakah getaran mesin bertambah pincang, jika saat anda lepas kabel busi tersebut getaran mesin bertambah berarti dalam silinder tersebut normal, tetapi jika anda lepas kabel busi salah satu silinder dan kondisi pincangnya tetap sama bisa di pastikan silinder tersebut yang bermasalah, solusinya coba periksa kabel businya dan ganti dengan yang baru dan cek kembali apakah sudah normal, jika sudah normal berarti sudah beres tetapi jika belum normal kemungkinan masih ada masalah di sistem bahan bakar atau kompresi.

Selain busi dan kabel busi di sistem pengapian ini juga ada koil, koil saat ini sudah ada yang di pasang setiap silinder satu koil seperti di avanza dan innova, koil ini juga bisa rusak jadi ketika sudah menemukan silinder yang bermasalah coba periksa koilnya juga, cara mudahnya adalah dengan menukar posisi koil dengan silinder yang lain, dan perhatikan hasilnya.

Mesin pincang karena sistem bahan bakar

Sistem bahan bakar di bagi menjadi dua yaitu konvensional dan injeksi, konvensional masih menggunakan karburator sebagai media untuk mencampur bahan bakar dan udara, sedangkan untuk sisten injeksi sudah menggunakan komputer untuk mengontrol jumlah bahan bakar yang di masukkan ke dalam masing-masing silinder, mesin yang pincang karena bahan bakar biasanya terjadi di mesin yang sudah menggunakan injeksi dimana penyebabnya adalah salah satu injektor tidak bekerja secara normal bisa karena injektor sudah rusak atau tersumbat oleh kotoran sehingga salah satu injeksi tidak bisa mensuplai bahan bakar secara maksimal, bagaimana cara mengetahuinya?

gambar injektor

Jika pertama sudah melakukan engine balance test dengan melepas kabel busi dan tidak ada perubahan kita bisa mencoba melepas satu persatu socket atau konektor yang masuk ke dalam injektor yang tujuannya untuk mematikan arus dan membuat injektor tidak bekerja, dan  perhatikan di silinder mana saat di lepas tidak terjadi perubahan getaran mesin maka itu yang bermasalah, silahkan bongkar injektor dan bersihkan dengan cairan injector cleaner. Bagaimana di sistem mobil yang masih menggunakan karburator? Mobil yang menggunakan karburator tidak bisa membagi campuran bahan bakar dan udara secara merata ke dalam silinder, campuran bahan bakar ini masuk ke dalam silinder karena kevacuman, jadi pasti ada selisih antara jumlah silinder yang satu dengan yang lain, walaupun itu kecil sekali. Jika sesuai pengalaman di lapangan yang sering terjadi adalah untuk mobil konvensional mesin pincang karena sistem pengapian sedangkan untuk mobil injeksi bisa keduanya (pengapian dan bahan bakar)

Mobil pincang karena tekanan kompresi menurun

Tekanan kompresi yang tinggi merupakan syarat terjadinya pembakaran yang sempurna, kompresi bisa menurun seiring dengan melemahnya ring piston dan keausan pada dinding silinder, tekanan kompresi setiap mobil memiliki spesifikasi sendiri-sendiri. Jika salah satu silinder mengalami penurunan kompresi yang cukup ekstrim jelas bisa mengakibatkan mesin pincang, untuk memastikannya harus dilakukan test kompresi menggunakan alat compression tester.mengecek kompresi mesin

Itulah 3 hal dasar yang pada umumnya menjadi penyebab sebuah mesin mengalami pincang, dari ketiga hal di atas yang paling banyak penyebabnya adalah sistem bahan dan udara, jadi sebelum melangkah ke test kompresi pastikan kedua sistem tersebut sudah bekerja dengan sempurna.

Silakan share artikel ini di Sosial media anda jika di rasa bermanfaat, dan silakan berikan koment untuk pertanyaan kritik dan saran, terima kasih.

Incoming search terms:

  • penyebab mesin mobil pincang
  • penyebab mesin pincang pada mobil injeksi
  • mesin mobil pincang
  • penyebab mobil pincang
  • penyebab mesin pincang
  • mobil pincang
  • cara memperbaiki mesin mobil pincang
  • cara memperbaiki mobil pincang
  • mesin mobil injeksi pincang
  • penyebab mesin mobil kijang pincang

137 thoughts on “Penyebab Mesin Pincang Pada Mobil Bensin

  1. Mobil saya kijang kapsul tahun 97, masalahnya jika baru di start engine nya pincang, sudah diganti platina nya Dan businya tapi tetap pincang di awal mesin hidup kira” 10 menit pertama tapi selanjutnya sdh normal lagi… Besok paginya mau start tetap pincang… Pokoknya intinya kalau mesinnya masih dingin masih pincang, tapi ketika sudah panas sdh normal.. Kira-kira apa penyebabnya Ya..? Thanks sebelumnya

    1. selamat pagi pak,,, terima kasih sudah memberikan pertanyaan di sini
      jika di lihat dari kasusnya nya penyebab utama dari permasalah ini kemungkinan besar dari sistem bahan bakar pak, yang bisa terpengaruh suhu adalah bahan bakar, kalau menurut analisa saya ada di karburatornya. jadi ketika masih pagi dan dalam kondisi dingin banyak gelembung bahan bakar yang menempel pada dinding saluran udara masuk, bahan bakar ini bisa jadi keluar dari karburator berasal dari ruang pelampung, atau bisa karena needle valve di bagian pelampung bocor istilahnya akan terjadi banjir, needle valve ini bergerak berdasarkan pelampung, kalau needle valvenya tidak rapat maka tidak bisa menahan bakar bakar yang masuk ke dalam ruang pelampung, atau bisa juga stelan pelampungnya terlalu tinggi

      solusi
      jika karburator anda lama tidak di service, silakan di belikan karburator kit yang di dalam nya sudah lengkap seal2 dan komponen karburator termasuk packing juga, bongkar total karburator,,jika kotor sekali dan berkerak bisa di rendam menggunakan thiner ( tetapi pastikan anda sudah menyiapkan karburator kit) bersihkan dan rakit kembali, stel kembali pelampung dengan tepat.

      terima kasih

    2. MOBIL SAYA INNOVA TH 2005 HABIS KEHABISAN AIR RADIATOR KARENA SELANG SIRKULASI DIBAWAH MESIN LUBANG SEKARANG SUDAH SAYA GANTI TAPI MESIN MENJADI PINCANG PADAHAL KE EMPAT BUSI JUGA SUDAH SAYA GANTI SEMUA…MOHON MASUKANNYA TERIMA KASIH

      1. terima kasih pak sudah koment di web kami ini,

        untuk kasus setelah terjadi kehabisan air dan mobil pincang bisa jadi mesin mengalami overheat pak, atau panas yang berlebihan karena tidak ada pendinginan sehingga mengakibatkan kepala silinder mengalami pemuaian secara berlebihan dan berubah bentuk (istilahnya bengkok walaupun hanya satuan milimeter) sehingga ketika di isi kembali dengan air dan sistem pendingin di perbaiki, ada sejumlah air yang masuk ke dalam ruang bakar sehingga menyebabkan mesin pincang, biasanya kalau terjadi kasus seperti ini oli mesin akan bercampur dengan air, coba di cek di stick oli pak apakah kondisi oli bercampur dengan air, atau jumlah air radiator di reservoir berkurang walaupun tidak ada kebocoran lagi dari luar,

        untuk analisa lebih lanjut dan penanganan yang baik sebaiknya di bawa ke bengkel resmi toyota pak, terima kasih

  2. Mafff lak saya mu taya saya puya kijang lgx th 2000 udah injek
    Klo mobil saya suka tiba”d bawah RPM dan mesin getaran yah sangat extrim,dan mesin terasa berat,dan merebet,tpi kadang tiba”normal lgi,posisi mobil sedang jalan,saya sudah cek busi,noksel,itu sudah saya ganti semua tpi masih ja ga ada perubahan kira”apa yah pak mksh

    1. terima kasih pak sudah komentar di blog kami, apakah pompa bahan bakar dan filter bensinnya sudah di cek juga pak? di cek tekanan pompa bahan bakarmya .. untuk kijang EFI yang paling sensitif adalah injector walaupun jarang sekali terjadi pergantian tetapi lebih baik di bersihkan secara berkala dengan di bongkar di besihkan ujungnya

  3. Selamat siang.. Website ini sangat membantu.. Ada hal yang ingin saya tanyakan.. Mobil saya nissan serena 2005 HWS. Bermasalah “pincang sebentar” apabila selesai jalan lalu berhenti dan mematikan mesin.. Waktu mau jalan lagi saat di start pincang sebentar.. Tapi langsung normal lagi..
    Pertama dicurigai adalah air flow sensor.. Sudah saya ganti ternyata masih seperti itu.. Koil dan busi juga di cek sudah cukup bagus.. Kering..

    Keadaan melaju cepat tidak pernah ada hambatanm. Namun saat lampu merah terkadang seperti “nendang” di bagian mesin sesekali.. Seperti batuk..
    Air tangki radiator sering isi… Tapi di cek dengan alat cek tekanan pada leher radiator dengan di pompa, tidak ada indikasi kebocoran..

    Bengkel menginstruksikan untuk turun mesin.. Tapi saya ragu.. Apakah mobilupdate.net ada pandangan mengenai keadaan ini? Terima kasih sebelumnya..

    1. Terima kasih pak Ari sudah memberikan tanggapan tulisan sederhana kami, pertama menurut pengalaman kami mengganti sebuah sensor harus ada alasan tersendiri di bengkel profesional tidak bisa asal menebak-nebak tetapi harus berdasarkan data yang tersaji di komputer karena setiap sensor memiliki rentang data kinerja yang bisa di lihat dengan alat seperti inteligent tester, ketika sensor mengalami kerusakkan data input ke ECU (komputernya mobil) akan berbeda sehingga akan menyalakan engine warning light dan ECU secara otomatis akan bekerja ke mode fail save intinya jika sensor rusak bisa dengan mudah di deteksi menggunakan alat khusus. Air flow sensor kecil kemungkinan menyebabkan mesin menjadi pincang, dan jika semua sensor sudah oke baru di pikirkan ke arah mekanikal nya.

      jika di lihat dari kasus bapak sebenarnya ada 2 petunjuk yang bisa di buat menganalisa yang pertama adalah “penyakit” pincang muncul saat RPM rendah atau bisa di bilang idle (saat lampu merah tidak mungkin injak pedal gas saat mau di matikan dan saat mau jalan pasti tidak injak pedal gas) yang kedua adalah air radiator sering nambah dan saat di periksa tidak terjadi kebocoran, bisa jadi yang di periksa adalah kebocoran di bagian luar mesin, tetapi bagaimana di dalam mesin, karena banyak sekali kasus mobil air radiatornya sering nambah tetapi tidak bocor di luar melainkan bocor di dalam yaitu di water jacket atau lubang-lubang air di dalam mesin (head atau blok) dan ada sebagian air yang masuk ke dalam ruang bakar sehingga menyebabkan mesin pincang karena pembakaran tidak sempurna tercampur air.

      kenapa kalau kecepatan tinggi hilang dan seolah tidak muncul, sebenarnya bukan hilang tetapi kalah dengan rpm mesin seperti mesin 4 silinder ada 1 silinder mati saat rpm rendah dia akan pincang sekali tetapi jika kita naikkan rpm nya pincangnya akan semakin halus ibaratnya seperti itu. jadi menurut kami dengan sering menambahnya air radiator dan tidak ada kebocoran di luar bisa jadi ada kebocoran di dalam mesin. coba bapak periksa lagi apakah air radiator sudah menggunakan coolant asli dari pabrikan atau bahkan menggunakan air biasa, bisa di cek lagi dengan mengukur tekanan radiator lagi dengan di diamkan cukup lama apakan tekanannya turun jika tekanannya turun di meteranya lakukan lagi dengan di pompa lagi jika ada kebocoran di saluran mesin biar sekalian kelihatan setelah itu hidupkan mesin, jika pincang maka besar kemungkinan ada air yang masuk ke ruang bakar. terima kasih mohon koreksinya kembali jika ada kesalahan analisa kami

  4. Selamat malam pak. Mobil saya daihatsu classy 93. 1. Mobil saya saat dijalankan memakai ac setelah kurang lebih 30 menit terkadang mesin mati sendiri?
    2. Didalam kabin bensin menyengat saat jendela dibuka, tapi kalau jendela ditutup tidak bau?
    3. Mobil saya ketika dikendarai serasa pincang, tapi pada saat baru pertama kali memanaskan mobil saat pagi hari tidak, namun setelah 15 menit dihidupkan serasa mesin pincang?
    Teroma kasih pak. Mohon pertanyaan saya dijawab.

    1. terima kasih sudah berkomentar di blog kami pak
      1. saat menggunakan ac beban mesin bertambah untuk itu di pasangkan idle up ac untuk menambah rpm , jadi bisa di cek lagi pak di sistem karburatornya apakah selang2 vakum untuk menambah rpm berfungsi dengan baik
      2,3 bau bensin bisa jadi karena adanya bahan bakar yang tidak terbakar, bisa jadi karena banjir juga coba di bawa ke bengkel untuk periksa karburatornya pak dan juga sistem pengapian

  5. Mobil saya Timor dohc juga begitu pak..hanya dua slinfer saja yg bekerja sdh cek busi dan koil tetap saja pincang…mesin jika dihupkan getarannya keras dan tenaganya sangat kurang

  6. salam kenal pak..saya Pak Rudi yg saya mau tanyakan mobil saya feroza thn 96 selang vacum tersusun sesuai diagram..tapi pada saat di gas asap hitam keluar stel karbu sdh..busi no 4 hitam 3 agak hitam 2 kondisi agak normal..1 normar..
    mohon pencerahannya pak itu di sebabkan kenapa ya pak..malasih.

  7. Pak Maaf ya mau tanya mobil saya daihatsu zebra…Knp tutup busi sering keluar….Kaya d tendang…Keluar gtu ya….Padahal baru saya ganti terimakasih

  8. Bantu pak,
    Mobil saya carry 10 ,knp ya tial mau di hidupin terutama pagi kudu di tutup dulu karbu nya,
    Terimakasih

    1. ada yang bermasalah dengan sistem karburatornya pak, silakan di periksa apa terjadi banjir, saat di tutup berbarti butuh kevakuman yang tinggi di saluran masuk, agar sisa bahan bakar yang menempel di dinding intake bisa masuk ke dalam ruang bakar, sekalian di periksa sisten coke nya pak, terima kasih

  9. Mas andi,mobilku daihatsu classy…kalo dipakai knalpot bunyi blek blek blek..tenaganya pincang knp ya mas,,,n estimasi biaya perbaikan kira2 smpai brp?mohon info,thx

    1. pengapian kurang sempurna mas,, bisa di periksakan ke bengkel , di siapkan budget untuk mengganti busi,platina atau kondensor untuk harga tidak hafal saya mas,, jika karburator kurang besih bisa menggunakan karburator cleaner sekitar 60 ribuan bisa di pakai berkali-kali

  10. Selamat malam pak tolong dibantu mobil saya mazda 626 glx , kondisi mesin pincang di cilinder 1 dan 2, ( 3 dan 4) normal, busi dan kabel koil sudah saya ganti, dan hasilnya sama. Dan sebelum nya mobil susah dihidupkan jika mesin dalam keadaan panah hingga terparahnya sekarang mobil jadi pincang.

    1. semalat malam pak, apa sebelumnya sudah pernah di lakukan pengecekan kompresi pak, jika di rasa sistem pengapian sudah tidak ada masalah bisa dilakukan cek kompresi pak, nanti akan kelihatan yang bermasalah dibagian apa ada di sistem luar seperti pengapian atau dari dalam mesin sendiri pak bisa jadi ring piston macet

  11. Permisi pak mau tanya.mobil saya mazda 323 keluhanya mesin tidak langsam.jika pedal gas dilepas mesin langsung mati padahal busi dah diganti.terimakasih

    1. selamat malam pak tony, selain mengganti busi yang sudah di lakukan perbaikan apa saja pak, tidak langsam saat penngendaraan seperti apa, apa saat jalan datar dengan pedal gas yang konstan tiba2 tersendat atau bagaimana, kalau saat los gas mesin mati bisa dari setelan rpm terlalu rendah. bisa di cek ulang kembali setelan karburatornya pak, timming pengapian juga, terima kasih pak

    1. pagi pak, untuk mesin yang menggunakan karburator kenapa rpm terlalu tinggi bisa jadi sistem idle nya yang bermasalah pak, jadi saat stationer rpm tinggi, bisa di stell ulang karburatornya pak. selain sistem idle bisa jadi karena kebocoran vakum pak, artinya ada udara masuk selain dari throtle karburator tapi biasanya jika ada kebocoran mesin akah pincang dan ketika karburator di tutup mesin aan stationer langsam, dan coba di periksa lagi pak kondisi packing karburator dan juga stelan pelampungnya pak. jadi seperti nya kasus mobil bapak ini ada di sistem bahan bakar terutama karburator pak. terima kasih

  12. Mobil saya nisan livina matic, kok setelah kehujanan dan dipakai seharian, angkatannya jadi nyendal-nyendal ya mas?

    1. malam mas,, kehujanan saja apa sempat nerobos banjir mas,, kalau untuk stationer gimana putaran mesinnya apakah ada pincangnya atau tetap biasa saja, coba cek kondisi ruang mesin mas barang kali ada air yang mengganggu sistem kelistrikan mesin atau lainnya

  13. met pg mas mo nanya mobil saya avanza 2009 habis turun mesin karena over heat tetapi sekarang mesin sering mati sendiri dan dg mudah hidup kembali mohon penjelasannya terima kasih.

      1. Sama seperti agan ini…habis overheat mesin pincang klo saya mengerjakan di bengkel resmi dan head silinder di papas/skrap. Kompresi di cek bagus…busi,koil,injektor sudah di tukar tetap saja pincang….mobil sudah dua kali bongkar…klep bagus…ring piston sudah diganti juga.

  14. pagi pak, mohon pencerahan, mobil saya carry 91, stasioner maupun saat jalan sering mati sendiri, koilnya agak panas, trimakasih

    1. selamat pagi pak, kalau melihat kondisi nya sepertinya permasalahan ada di sistem pengapian pak,bisa salah satunya adalah dari koil. fungsi koil adalah untuk membangkitkan teganngan tinggi, dalam kelistrikan panas merupakan nilai tahanan jadi bisa jadi sering mati karena di akibatkan koil tersebut, koil tidak bisa di perbaiki dan harus di ganti pak, untuk bisa yakin bisa di pinjamkan dengan coil mobil lain yang sama terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli, karena kerusakan ini tidak bisa di lihat secara visual berbeda dengan igniter coil pada mobil macam grade corola yang kelihatan meleleh atau kumparannya yang rusak, terima kasih dan mohon koreksinya jika salah

  15. Honda civic lx thun 1990, mesin pincang di silinder no 2,cek n ricek klep bocor, skir klep udah, seblum naik tes kbocoran sudah dilakukan dan tidak ada kebocoran lagi.. Kabel busi sudah diperiksa dengan avo meter kondisi semuanya mempunyai nilai tahanan yg sama, 4 busi baru, busi dan kabel busi sudah sy coba bertukar posisi tapi hasilnya tetap saja mesin pincang di silinder no 2, kompresinke 4 silinder masih baik.
    Apakah ada kemungkinan pincang dari sistem pengapian, khususnyan komponen coil dan cdi, cz honda coilnya jadi satu di delconya…
    Mohon pencerahannya…

  16. Ijin pak. Mobil saya avansa 2007 RPM naik turun walau pedal gas tidak diinjak terus tidak ada langsam pak. Injektor kami sudah bersihkan. Seringvmati sendiri. Permasalahannya dimana pak. Mohin bantuanya pak.

    1. siang pak, permasalahan kemungkinan besar ada pada ISC nya pak iddle speed control. biasanya tidak bisa di perbaiki harus diganti pak, ada yang di ganti isc saja dan ada yang diganti jadi satu dengan throotle body nya

  17. Pagi Pak, saya punya mobil Esteem 1.6. di silider no 4 kadang nyala tapi seringnya pincang. Busi dan kabel saya cek masih bagus dan udah saya tuker2 juga tapi yang pincang tetep silinder no 4. mobil masih pakai karbu. kira2 itu apanya ya pa? mohon bantuan nya

    1. klaau kabel sudah di tukar dan juga busi sudah di tukar coba di lakukan pengecekan kompresi terlebih dahulu pak, kalau permasalahan di karburator biasanya merata pak tidak terpaku ke salah satu silinder saja

  18. Selamat malam pak, mobil saya Xenia 2006 sdah ganti busi dan sudah cek clos tapi masih ttp pincang. Dan disaat Posisi mobil stasioner RPM 2000 mobil pincang tpi kalo smntra jlan diatas RPM 2000 mobil sdah stabil. Mohon bantuannya.

    1. selamat pagi, kalau boleh tahu apakah saat pagi hari pertama kali di hidupkan mesin juga tetap pincang atau hanya kalau mesin sudah panas saja, atau pincan gkalau di bawah 2000 rpm saja. coba di cek lagi beberapa item seperti koil, dan sensor2 (ke bengkel resmi) dan juga di pastikan kondisi pendingin mesin juga bagus dan di pastikan tidak ada kebocoran keluar, karena untuk menganalisa masalah seperti ini memerlukan banyak data saat kejadian berlangsung, paling mudah adalah di test jalan dengan membawa scaner jadi saat kejadian pincang muncul akan keluar data mana yang tidak sesuai dengan spesifikasi dengan langkah seperti ini akan lebih mudah mencari solusi dari pada perkiraan saja, terima kasih dan mohon maaf bila jawabannya belum memuaskan

  19. Slamat mlm pak mobil saya carry futura 91 sdh turun mesin, tp busi no 2 selalu hitam & basah bensin gimana ya cara memperbaikinya???

    1. selamat pagi, untuk warna busi hitam biasanya di sebabkan oleh campuran bensin yang terlalu kaya, sedangkan untuk busi yang basah bensin ini artinya di silinder tersebut tidak terjadi pembakaran sempurna, jika sudah turun mesin apakah sudah di pastikan semua kompresi normal dengan silinder yang lain, apakah sudah di coba untuk mengganti kabel busi dengna kabel yang baru terutama dengan nomor dua ? mungkin teman2 disini ada yang bisa menambahkan untuk kasus ini untuk sharing pengalaman terima kasih

  20. Mobil sy crv 2001 habis slip silinder cop mobil tidak bisa stationer bahkn saat pgi hari kondisi mesn hidup rpm rendah dn mudah mati dan klo sdh panas rpm naik tinggi

    1. selamat pagi

      kalau menurut saya ini ada hubungannya dengan kompresi pak, memangkas silinder head akan merubah perhitungan kompresi, untuk itu pabrikan tidak menyarankan melakukan ini karena salah satu efeknya seperti yang terjadi di mobil anda pak, pabrikan menyarankan mengganti cilynder head

  21. Om izin bertanya mobil saya fortun 2008 mesin serasa pincang .saya kira busi pas saya ganti baru busi ehh mash juga mohon saran om makasih

    1. sebelum mengganti busi sebaiknya di diagnosa dulu om seperti apa pincangnya,,, apakah semua tingkat rpm mesin pincang, atau hanya saat stasioner saja? pincang karena salah satu silinder ada yang yang tidak beres atau pincang lainnya. jadi sebaiknya di fokuskan dulu silinder mana yang membuat pincang bisa di lakukan engine balance dengan menonaktifkan satu persatu koilnya dengan cara di lepas socket yang ke koil. jika kondisi pincang masih sama ketika koil di cabut pada salah satu silinder berarti disitu masalahnya baru kita coba tukar koil dengan silinder lainnya di cek lagi gimana hasilnya, jika penyakit pindah ke silinder lain maka penyakitnya koil, kalau penyakitnya masih sama di silinder tersebut kita cek lagi, bisa jadi injektor di silinder tersebut bermasalah, lakukan hal yang sama dengan mencabut socket injektornya

      kalau tidak mau beresiko dan tidak paham, bisa di bawa ke bengkel resmi

  22. Selamat siang pak, mau tanya mobil saya avanza 2009 vvti,awalnya khabisan bbm krn jarum indikator nyangkut nah habis itu saat langsam mesin sinjal dan suara pompa minyak nyaring, busi udah ganti baru koil aman kira apa yg bermasalah ya, apakah pompa minyaknya rusak ya. Tks

    1. selamat siang pak,kalau di lihat kasusnya masalah ada di sistem bahan bakar, jadi sistem pengapian macam koil busi dll kemungkinana aman
      jika terjadi kerusakan pada pompa bensin biasanya mesin akan brebet terlebih dahulu, bisa jadi juga pincang terlebih dahulu karena pasokan bahan bakar yang masuk ke dalam delivery pipe berkuran, untuk memastikan yang rusak pompanya apa bukan harus di lakukan pengecekan tekanan bahan bakar menggunakan alat fuel pressure gauge, tidak hanya tekanan saja, saat pemeriksaan juga harus di pastikan jika pompa bensin bekerja dengan lembut dan tidak bersuara kasar

      terima kasih pak, mohon koreksinya jika salah

    1. selamat sore pak, doorsmer itu kalau tidak di cuci itu ya pak pakai cairan khusus?
      bisa jadi saat di lakukan proses doorsmer ada cairan yang masuk ke dalam saluran udara pak, bisa di periksa lagi di bagian saringan udara dan juga periksa kondisi throotlenya.

      yang kedua karena efi 2004 masih menggunakan kabel busi coba periksa lagi semua kabel busi, koil dan juga businya periksa semua dan bersihkan dengan memberikan semprotan udara (di keringkan), periksa juga tempat2 lain yang kemungkinan bisa menyebabkan cairan masuk pak. terima kasih mohon koreksinya jika salah

  23. slamat sore pak,,,
    mobil saya inova 2007 bensin, setelah sy ganti paking kop, penampugan radiator mengeluarkan air, setelah itu mesin mobil tidak normal/pincang, mohon penjelasanya pak…??
    terimakasihhh..

    1. selamat sore pak, sebaiknya di kembalikan lagi ke bengkel yang mengerjakan pak kalau di kerjakan di bengkel resmi mereka pasti kasih garansi, air yang keluar dari di penampugan itu biasanya karena penguapan dan panas berlebihan, bisa jadi ada rongga di dalam pak silinder head dan menyebabkan air masuk ke ruang bakar, ketika ada air masuk ke ruang bakar mesin akan pincang karena harusnya yang di kompresi adalah udara dan bahan bakar ini kemasukkan air, tidak boleh hal ini di biarkan lama pak. coba periksa ulang kondisi oli mesin dan lakukan pengecekan sirkulasi air pendingin dengan menggunakan radiaotor tester, air pendingin di berikan tekanan jika tekanan turun dan tidak ada kebocoran di bagian luar bisa jadi ada kebocoran di dalam pak silinder head, kalau boleh tahu awal kasusnya apa pak sampai ganti pak silinder head

      mohon koreksinya jika salah ya

  24. makasih ilmunya.
    mobil saya hyundai accent 2002, pertama kali keluhanya waktu stasionernya tidak stabil, lalu di bersihkan/cek mulai pompa bahan bakar, coil, injeksi, busi, maka diganti stasionernya dan hasilnya tidak lebih 50%, malah parahnya kalau sudah dipakai jauh malah ginjal. busi setiap masuk bengkel minta di ganti.
    pertanyaan saya, apa yg harus saya lakukan ???

    1. selamat malam pak eko

      mohon maaf pak, alasanya kenapa busi harus di ganti pak, accent memang memiliki kelemahan di sektor mesin apalagi yang biasa pakai bensin biasa, saya sendiri memang tidak begitu paham tentang seluk belum masalah di mobil hyundai walaupun pada dasarnya teknologi cara kerja sama, tapi terkadang mobil memiliki karakter sendiri. kelebihan accent salah satunya irit bahan bakar menurut saya, tetapi beberapa kelemahan accent seperti layanan bengkel after sales yang minim, serta daya tahan sparepartnya.

      jika sama bengkel sudah di periksa secara menyeluruh seperti itu rasanya hampir setiap item yang berhubungan dengan mesin sudah di ganti baru, sebaiknya di pikir2 lagi untuk mempertahankan mobil dengan kondisi seperti ini pak.

      mohon maaf jika jawabanya saya kurang berkenan, tapi saya jujur untuk karakter mesin hyundai saya tidak begitu paham, jika di Toyota juga ada mobil yang memiliki karakteristik mesin tidak bisa halus yaitu kijang 2000 cc bahkan habis turun mesin pun bunyinya agak kasar dan tidak bisa stabil

  25. Selamat malam pak.saya ingin bertanya. Mobil saya galant 2.0 cc kalau distater susah hidup tapi kadang normal.
    Mobil saya pakai sebentar enak tapi lama2 tidak enak brebet sebentar normal lagi. Dan bunyi seperti nembak halus terus menerus.
    Saya sudah ganti busi,servis injektor, kata bengkel ganti busi dan seal delco?
    Mohon jawaban nya terima kasih sebelumnya

  26. malam om.. saya mau tanya.. mobil saya mesinnya pincang, bergetaar kencang. busi sudah saya ganti tp msh gak ada perubahan. gimana cara mengatasinya mobil kijang super tahun 94

    1. selamat pagi

      kalau mesin pincang pada mobil kijang ini, sepertinya permasalahannya ada sistem karburator dan coba juga di cek apakah ada kebocoran udara vakum, caranya lepas saringan udara, saat kondisi pincang tutup bagian atas menggunakan tangan, jika mesin lebih stabil dan bisa tenang berarti ada udara yang masuk selain dari karburator, yang kedua lakukan engine balance seperti yang kami jelaskan di postingan artikel ini, naikan rpm nya terlebih dahulu menggunakan obeng di iddle up karburator jika sudah di lakukan engine balance dan hasilnya negatif coba di turunkan karburatornya, di bersihkan di ganti packing2 nya atau menggunakan karburator kit, dan kembali stel ulang

      kalau di bengkel biasa tidak ketemu atau penyakitnya masih belum beres, bawa ke bengkel resmi

  27. Pagi pak, Mobil saya Kijang Krista 2002, Kalau mobil pagi2 dinyalain kok susah ya pak? Saya kemarin sempat cek bengkel, dan harus kalibrasi. 2 minggu lancar pak starternya. Tp skrg susah lagi, kata orang bengkel kena headnya (pincang). Trimakasih pak sebelumnya.

  28. Selamat malam mas salam kenal, saya puya kijang kapsul efi 2.0 cc,keluhan ya, oli ber campur bensin.mesin agak pincang.

    1. selamat siang

      coil sering mati, hal ini pernah kami alami waktu di lapangan dulu,salah satu penyebabnya adalah adanya jaringan kelistrikan tambahan yang tidak sesuai prosedur pemasanganya, dimana untuk mendapatkan tegangan + di ambilkan dari kabel yang masuk ke dalam coil, akibatnya ketika beban kelistrikan lain di nyalakan (tambahan) maka coil akan kekurangan arus, hal inilah salah satu penyebabnya.

      pernah juga kasus mobil dari baru, koil tidak maslah setelah di pakai 10 tahun koil rusak (hal ini wajar) tapi setelah di ganti baru katanya usianya tidak terlalu lama, setelah di periksa coilnya menggunakan barang imitasi bukan original.

  29. selamat siang pak, minta tolong mau konsultasi ni, mobil sy toyota lgx 97 kalo di panasin lama, saat mau jalan selalu pincang, apalagi dibiarkan mesin hidup ditempat agak lama, saat mau jalan selalu pincang lalu kembali normal. terimakasih

    1. LGX 97 kalau tidak salah kijang kapsul 1800 cc ya pak, kemungkinan besar penyakitnya ada pada setelan karburatornya pak, bisa di periksa kembali jika ada kebocoran vacum dan juga saluran2 udara di selang2 vacum pak, karena sesuai pengalaman kami, LGX 97 ini karburator terakhir sebelum adanya EFI, jadi karburatornya cukup rumit dan banyak saluran vacum kadang jika buntuk atau terjadi keborocan saja mesin bisa pincang2,

  30. Saya punya mobil toyota corolla dx th 83.mobil terasa berat dan rpm naik trun..seperti pincang..busi sudah saya ganti,platina jga saya ganti dan koil juga sudah tapi tetep saja pincang padahal karburtorx udah di servis.dan jika di gas langsung da bunyi krekkk..krekkk..tolong bantuanx trima kasih

  31. Selamat malam pak, mohon bantuannya mobil saya kia karens 1 tahun 2000 sdh injector dan masalahnya mesin pincang kalau di start langsung hidup tapi Rpm langsung turun dibawah 700 dan kalau di gas langsung mau mati, begitu gas sdh naik langsung meletup letup dan keluar asap berbau bahan bakar dan busi langsung hitam/kotor padahal busi baru ganti serta mesin langsung panas sekali trims

    1. malam pak, kalau di lihat dari kasusnya yang bermasalah bukan dari businya pak, tetapi dari jumlah injeksi bahan bakarnya, apakah hal ini terjadi disemua silinder atau salah satu silinder saja pak, kalau terjadi hanya salah satu silinder bisa di periksa injekstor di silinder yang bermasalah, jika tejadi di semua silinder harus di periksa lagi kenapa injektor mengeluarkan bensin terlalu banyak, logikanya komputer akan menaikkan jumlah injeksi bahan bakar ketika : mesin dingin, saat beban berat, saat pedal gas di tekan. jika dalam kondisi stationer saja jumlah injeksi sudah banyak besar kemungkinan ada mallfunction pada sensor yang membuat komputer mengeluarkan perintah injeksi lebih lama, bisa di periksa lagi untuk sensor temperaturnya pak. jika masih berlanjut silakan di bawa ke bengkel yang memiliki alat scaner

      terima kasih, mohon maaf jika kurang berkenan

  32. Mobil saya futura th1998,,pincang,padahal kabel sama busi koil baru top mesin pas begitu juga noken as tapi masi saja pincang klep tidak bocor,,bagaimana mengatasinya.?????

  33. Selamat Malam Pak saya punya mobil Toyota Avanza tahun 2006 tadi saya pakai tiba-tiba mesin bergetar dan tenaganya berkurang kira-kira apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Mohon bantuannya

    1. ketika mesin di pakai tiba2 bergetar ada kemungkinan ada salah satu silinder atau lebih yang tidak bekerja normal pak akibatnya mesin pincang indikasi bergetar ada kerusakan pada busi atau coil pak, memang umumnya kerusakan di awal tidak terjadi terus menerus hanya kadang2 saja. setidaknya sudah menjadi warming ada yang tidak beres dengan kondisi mesinnya, mungkin bisa segera di bawa ke bengkel, pengecekan awal bisa secara visual atau menggunakan balance test yang pernah saya tulis di blog ini

  34. pak saya tanya, mobil saya xenia 2008 3 silinder
    mengapa cop businya selalu tercelup oli?
    setiap saya cek businya, sya cabut cop businya selalu tercelup oli
    dulunya bocor 1 silinder setelah d ganti seal dekklep dan seal businya malah bocor 2 silinder
    kira2 apanya ya? tolong dbantu

    1. kalau di lihat dari konstruksinya memang penyebab oli masuk hanya dari seal cover valve saja pak. coba periksa kembali dudukan pemasangan seal nya sudah benar apa belum pak

  35. Pak saya mau tanya..
    Mobil saya mitsubishi kuda diesel tahun 2000.. mempunyai kendala di bagian busi sering sekali kotor/hitam dan agak basah gitu..
    Dan mesin mobil juga sperti tidak bertenaga gitu, selain itu juga knalpot nya mengeluarkan asap putih.. dan trcium bau bnsin di dlam cabin.. kira2 bgaimana solusi nya pa. Terima kasih sebelumnya..

  36. Mobil saya mazda 2000cc th 2003,
    Minggu lalu saya iseng cuci mesin nya, biasa nya suka pincang dan hilang, sekarang ini pincang nya muncul lagi padahal sudah saya bersihkan dan keringkan busi dan coil dll, apa kah penyebab lain nya? Pincang rpm rendah tapi pas rpm tinggi hilang. Mohon petunjuk nya

  37. Selamat sore pak.. mohon bantuannya.. mobil saya lancer ’94 glxi injeksi.. kemarin baru siap mogok.. diagnosis delco dan cdi rusak.. setelah diganti dibawa jalan jauh mobil cpat minta turun gigi.. contohnya biasanya mampu di gigi 2 mendaki malah minta turun tenaga kurang… kemudian disarankan mekanik naikkan stelan delco sehingga tenaga bertambah… dan keesokan harinya begitu juga.. sampai akhirnya mesin mobil panas dan air radiator tumpah.. setelah itu klau mendaki sudah digigi satu masih saja terasa sangat berat pak.. bawa kebengkel lagi.. di buka delconya dan dicange dengan yg lama dan cdi pakai yg baru.. aman nyaman.. seminggu hilang lagi tenaganya… gigi satu untuk mulai itu terasa berat.. bunyi besar dan tidak ada tenaga.. pertanyaan saya apakah tenaga mobil ada hubungan dengan delco pak??? Sekarang stelan delco mentok di maksimal.. rpm 1000 kebawah mesin pincang…busi sudah diganti… trimakasih pak..

  38. siang pak.. saya punya avanza 2004,busi ama talinya baru.coil k duanya baru.pompa myk baru.swetslow juga baru..injektor udah d bersih kan.tp star pertama tetap pincang sebentar.apa salahnya tu lagi pak.. lebih” hidup d pagi hari. mksh pak.

  39. malam pak mau minta solusi ni mobil sy kijang kapsul lsx 2003 jika AC dinyalakan mesin jadi pincang sy sudah kebengkel di tunup ganti busi .platina .vakum tapi tetap aja masih pincang jika setelan gas di naikan ngk pincang tapi suranya benggung terus

    1. selamat pagi pak

      kalau dalam kondisi tidak pakai ac mesin normal dan pakai ac mesin tidak normal berarti ada maalah di sistem idle up ac nya mas,, LSX 2003 seingat saya sudah ada pengaturan elektriknya, dimana katup vakum buka nutup saat ac on secara otomatis , komponen ini bisa di periksa lagi pak, di cek juga ada kebocoran vakum atau udara luar yang masuk selain lewar karburator pak, periksa juga bila ada retakan pada intake manifold

  40. selamat malam pak, mau konsul ; mobil sy LGX 97, bensin, karburator.
    kalau panas ditempat atau jalan dengan gigi netral, pas mau jalan lagi selalu pincang spertinya bensin tidak masuk karburator, itu kira kira maslahanya dimana?

    1. pagi pak

      permasalahan mesin pincang saat panas pada mobil dengan karburator hampir sebagian besar di kerburatornya pak, bisa setingan pelampung karena banjir, bisa adanya kebocoran vakum, atau campuran bahan bakar dan udara yang terlalu miskin (lebih banyak udara) dll. jadi mungkin yang harus di cek ke bengkel adalah karburatornya pak,, lebih baik jika lama tidak service bisa di belikan karburator kit untuk pergantian packing2 dan komponen lainnya

  41. Siang pak, sy punya mobil innova 2011, masalahnya mobil sy buntu2 tpi kadang2 normal jg kadang2 buntu2, sy abis buka semua sekring depan cek rencana mau sy liat smua apa ada yg putus,, trus stelah itu sy mau start tdk bs,,, akhirnya sy gnti aki dan akhirnya nyala,, tpi mobil sy sering buntu2 pdhal sblm sy buka sekring mobil sy normal rutin service Toyota. Makasih pak mohon bantuan dan solusinya…

  42. Comment
    mobil saya kijang innova tahun 2005 pak, pingcang saat baru di nyalahin tapi setelah beberapa menit sudah mulai hilang… juga kadang2 buntu saat sedang menarik saat dipakai jalan…
    penyebabnya apa yaa pak???

  43. Pagi pak andiii..sgt2 memberikan pengetahuan melalui wepsite ini, begini pak andi, mobil saya xenia xi th 2009, klo berjalan pd rpm rendah itu kadang tersendat bahkan seperti tertarik pak, sdh sering di service di bengkel ttp aj masih..dan klo gigi satu mau ke gigi dua itu seperti ndut ndutan tp klo diajak ngebut hilang masalah itu, itu gimana pak.tolong pencerahannya, trims, oh iya satu lagi knalpot nya klo di lepas gas suka nembak nembak

    1. siang pak

      saalhs atu ciri khas dari xenia itu pak gigi satu nya pendek, jadi begitu jalan memang sebaiknya segera di pindah ke dua, kalau sudah karakter hal itu tidak bisa di perbaiki pak. kalau saat deselarasi ada back fire atau ledakan di knalpot bisa jadi pengapian yang kurang maksimal sehingga ada sebagian campuran udara bahan bakar yang seharusnya terbakar di dalam mesin, malah terbakar di luar ikut gas buang, coba di periksa lagi sisteam pengapiannya, gunakan bahana bakar yang bagus dan jika ada waktu mungkin bisa melakukan pembersihan kerak di ruang bakar

  44. selamat sore pak. mohon bantuannya. saya mau tanya ke bapak, saya punya mobil toyota vios G tahun 2012. saat awal jalan, mesin normal tidak ada getaran / pincang. tapi setelah jalan lama dan berhenti di lampu merah atau berhenti kena macet, mesin mobil secara perlahan bergetar kencang dan rpm nya melemah/menurun seakan mobilnya mau mati. tapi setelah di gas kencang, mesin kembali normal. tapi saat ketemu macet lagi, mesin kembali bergetar kencang / pincang. padahal semua busi sudah diganti baru. mohon bantuan penjelasannya pak. terima kasih

  45. Selamat sore Pak. Saya Heryadi.
    Mohon bantuannya, saya mau tanya Pak. Mobil saya LGX 2001, 1.8 injeks.
    Saat dibawa jalan posisi gigi 1 dan 2 normal, tetapi pada gigi 3 dan 4 kalau di gas suara mengaung, kecepatan pun tidak bertambah. Kira2 masalahnya dimana ya Pak. Mohon dibantu, terima kasih.

  46. Selamat malam pak.. mau tanya. Mobil saya apv 2011. Ada satu busi yg rembes oli. Kira2 kerusakan dibagian mana ya. Dan apa yg perlu diganti. Trima kasih

    1. selamat pagi, dari seal nya juga bisa pak, seal kalau tidak salah di cover valve nya hal ini kalau olinya di bagian luar atah batang busi kalau olinya di bagian dalam berarti ada oli yang masuk ke dalam ruang bakar pak, coba di cek apakah asap mobil ada warna putihnya, kalau tahun 2011 selama pemakaian normal rasanya belum ada masalah di dalam mesinnya, kalau seal busi nya keras masih mungkin terjadi, terima kasih

  47. Mohon solusi…T120ss Habis overbos seher & ring seher baru ,klep di skir tetapi masih pincang.Busi dan kabel baru,waktu di gas keluar asap putih… mohon solusinya…!!

    1. selamat pagi

      apakah saat pembongkaran semua sudah di ukur sesuai spesifikasi, seperti celah oli juga pada ring piston, asap putih karena ada oli masuk ke dalam ruang bakar, kondisi pembakaran tidak bagus dan mesin pincang, banyak yang mengabaikan celah oli pada ring piston, padahal efeknya jika terlalu besar oli akan masuk ke dalam ruang bakar.

  48. Pak tolong di bantu kijang lgx saya tidak ada tenaganya gas nya berat sekali dan klep sering berbunyi, dan perseniling saya bergetar terus sangat kencang. Tolong bantu sarannya pak

    1. saran di tune up dulu saja pak..
      LGX karburator apa sudah EFI karena beda type beda analisa. kalau masih karburator celah katup masih bisa di stel belum otomatis, periksa juga kebocoran oli dan volume oli

  49. Selamat slang Pak. Mau bertanya tentang mobil saya, Huyndai Sonata tahun 2003, sering kali mobil bergetar kalau dalam keadaan pelan. Tapi, kalau dalam keadaan netral atau jalan cepat, tidak ada getaran apapun. Saya coba buka busi dan ternyata ada sedikit oli di busi, tapi salah satu busi kering dan warnanya putih (superti tidak terjadi pembakaran di situ). Kira-kira masalahnya apa ya? Terima kasih atas bantuannya.

    1. selamat malam

      jalan cepat atau saat rpm tinggi balancing putaran lebih tinggi jadi ketika ada salah satu silinder yang bermasalah tidak akan kelihatan tapi kalau putaran rendah malah kelihatan, busi yang bersih dan kering justru itu yang bagus pak, karena di dalam silinder terjadi pembakaran sempurna, yang bermasalah adalah busi yang mengandung oli, berarti bisa jadi ada oli masuk ke dalam ruang bakar yang menyebabkan campuran bahan bakar dan udara tidak terbakar sempurna sehingga mesin menjadi pincang, coba di bawa ke bengkel untuk di lakukan cek kompresi pak, mohon maaf jika jawaban kurang sempurna terima kasih

  50. Met malem pak.. Mau tanya kenapa innova saya tongkat tranmisi pada saat pre begetar kuat kecepatan rendah juga getar. bensin thn 2005

    1. malam pak

      untuk stick innova jika bergetar berarti bushingnya udah aus pak,, biasanya pemakaian di atas 7/8 tahun waktunya ganti, kalau dari awal belum pernah ganti berarti sudah waktunya ganti pak,, harganya sekitar 1,2 juta untuk yang original

      terima kasih

  51. Mohon maaf pak menggangu
    Mau tanya nih mobil senia yang 1000 cc itu mobilnya gasnya nggk bisa setabil bagus .pengapian bagus .injektor bagus .pompa bensin bagus .semuanya bagus og masih aja gasnya nggk bisa setabil ya . .
    Itu apanya kira” pak ….?

    1. pagi, tidak stabilnya gimana pak, apa waktu jalan naik turun sendiri atau hanya pada saat stasioner saat berhenti saja, kalau hanya stasioner bisa jadi dari isc nya, kalau misal jalan di akselerasi kadang naik turun sendiri berarti ada masalah di pengapiannya biasanya di cek kembali kndisi businya pak, avanza, xenia ini sering mengalami gangguan pada busi

  52. Met sore pak… mau tanya mobil saya kijang super G th. 1995, Saat stasioner enak di gas kencangpun enak, tapi saat untuk jalan drop/brebet tidak ada tenaganya, padahal sdh sy ganti CDI, Koil, dan karburator dan klep sudah di ganti, penyebabnya apa ya pak kok bisa spt itu, trimakasih

    1. selamat pagi

      kondisi di akselerasi sama di bawa jalan itu berbeda sekali pak. saat mobil diam dia tidak ada beban sama sekali, namun ketika jalan ya bawa bebang kendaran sendiri itu,makanya ada beberapa sistem pendukung di suplai bahan bakar dan ada governoor advance untuk pengapian, kalau semua komponen sudah di ganti seperti yang bapak bilang, coba cek lagi kondisi timing pengapian, celah platina (sudut dwell) dan kondisi governoor advance pada distributornya jangan-jangan macet dan tidak bisa memajukan pengapian ketika ada beban. periksa juga selang-selang vakum yang ada di saluran karburator, pastikan tinggi pelampung di karburator juga benar, ada komponen bernama power valve yang bekerja ketika mobil butuh tenaga tambahan seperti di tanjalan dll

  53. Saya mempunyai kendala dimobil tua saya Toyota Corola SE Saloon tahun 1987, boros busi dan BBM , busi selalu hitam dan brebet setelah pemakaian 4 hari setelah services, mohon solusi dan pencerahannya, terima kasih

    1. siang pak,

      kemungkinan permasalahan ada di sistem bahan bakar pak di cek kembali karburatornya, busi hitam ini karena banyak campuran bahan bakar yang masuk, selain boros,brebet bisa dari kondisi businya, kalau boleh tahu sebelumnya service ada pergantian apa pak, dan di service karena apa

  54. selamat siang, semoga bapak dalam keadan sehat selalu. aamiin.

    mobil saya daihatsu charade th 80. saya cek busi ada satu busi yang ketika kabel nya di cabut ga ada perubahan, langsung saya ganti dengan busi yang baru, tetapi kasus masih sama kabel busi di cabut mesin tidak ada perubahan, kira kira apa yang membuat seperti itu,apa yang harus saya cek. terima kasih.

    1. selamat sore

      kalau salah satu silinder di cabut tidak terjadi perubahan berarti di silinder tersebut memang bermasalah pak, di cek dulu ada gak tegangan di kabel busi no 1, kalau tidak ada berarti kabelnya bermasalah, misal ada cek businya, misal busi rusak ganti businya,, kalau busi dan kabel serta api nya sudah ada belum ada perubahan berarti cek tekanan kompresinya pak. bisa jadi tidak ada aktivitas pembakaran di silinder no 1

  55. mlm pk mau tnya mobil saya inova bensin 2005 setelah kemaren kehabisan bensin kok jadi brebet ya,apa kira2 permasalahanya? trimakasih

    1. selamat pagi pak, penyakit seperti nya dari injektor pak, coba di turunkan injektornya di bersihkan, filter bensin di bersihkan dan kalau sebelumnya belum pernah kuras tangki sebaiknya di lakukan pengurasan, sebaiknya menjaga tangki tetap 3/4 jumlah volume bensin di dalamnya, karena kalau sering kosong akan terjadi penguapan dan bisa menimbulkan kotoran pada dasar tangki yang bisa saja tersedot pompa dan masuk ke injector, karena lubang injektor ini kecil2 akhirnya menyumbat di sana dan mesin menjadi brebet, terima kasih

  56. Pagi pak..saya mau tanya..optra sya kemarin tiba2 pincang.tenaga hilang sama sama sekali..klo pindah tuas dari N ke D mesin mobil langsung bergetar hebat dan mesin seperti mau mati.tenaga hilang .padahal saya sudah ganti busi.kira2 apa yang harus saya ganti.

    1. selamat pagi pak, untuk memastikan adanya yang upnormal dalam kondisi seperti ini harus di test di bengkel pak, sambil di monitor kinerja mesinnya di komputer, perubahan apa nanti yang terlihat, karena busi hanya sebagian dari komponen sistem mesin, banyak sistem pendukung yang harus di cek yang dapat mempengaruhi performa.

  57. Malem pak sya mw tanya? Mobil sy kijang innova tahun 2004,kenapa mobil sy sering ilang2 tenaga ny ya,ada getaran jg klo di rasain di gigi 3 smpe 4? Padahal baru sy servis,trus udh di bersihin smua filter bensin ny&koil baru di ganti baru smua.. tp knp kok masih berebet2 ya?Jalan deket normal,pas sudh agak kejauhan kumat deh dia,brebet gtu kayak gk ada tenaga ny? Di matiin bntr skitar 5 mnit eh normal lg,tp nanti klo sudah agak jauh lg kumat lg,itu knp ya pak? Tolong ksih penjelasan? Apa krna sensor injeksi atau koil ny yg bermasalah? Bahan bakar sy isi pertamax trus..trimakasih..

    1. selamat pagi pak. coba di turun kan dulu injectornya pak di bersihkan,karena service jarang sekali menurunkan injector ini karena proses bongkarnya agak ribet dan butuh waktu agak lama,

      1. Mat mlm pak, saya mau bertanya apa masalah nya mobil saya avanza 1,3 kalau baru di hidupkan misen nya pinca dan getar, tapi kalau udah agak panas mesin nya, normal, saya sudah cek busi,, koil injeksi, semuanya bagus, apanya ya pak tolong bantuan nya makasih pak

        1. selamat malam pak.

          coba di cek sensor-sensor pak, pada saat pagi dan dingin biasanya ecu akan memberikan perintah injeksi bahan bakar lebih banyak, sehingga normalnya rpm akan naik sampai mencapai suhu kerja mesin, injeksi bahan bakar akan di kurangi sehingga rpm turun, bisa jadi mesin pincang karena jumlah injeksi bahan bakar sedikit saat dingin. biar lebih enaknya di bawah ke bengkel resmi saja pak.

  58. Selamat siang Mas Andhi.
    Blognya bagus sekali, bermanfaat buat yang ingin menambah pengetahuan.

    Mas saya mau tanya, Mobil saya Toyota Estima 2.4 thn 2008. Agak sedikit pincang dan bergetar dan dengung pada rpm di atas 1000 atau di atas idle.
    Saya sdh cek balance;
    Busi baru. Koil bagus semua. Injector jg bagus semua, yang belum Tes Kompresi.
    Tes Kompresi ini teknisnya seperti apa ya??
    Setelah kita hubungkan konektor dan Gaugenya apakah mesin di hidupkan atau hanya di starter tanpa mesin hidup?

    Terimakasih informasinya
    Salam Kenal Harsono

    1. selamat malam pak, terima kasih sudah memberikan feed back kepada kami, untuk test kompresi cukup di starter saja pak, kalau bisa fuse untuk pompa bahan bakar di cabut dulu saja sehingga tidak ada injeksi nantinya, kalau mobil 2008 rasanya belum masalah pak kompresinya. coba di bawa ke bengkel resmi atau bengkel yang memiliki scanner pak, barang kali ada komponen yang bekerja di luar spesifikasi

  59. Selamat malam mas Andhi saya mau bertanya knapa mobil saya Mazda 3 hachback 2007 klu jalan baik dan lancar to klu udah panas mesinnya disaat pelan suka menyentak dan satu lagi klu mobil saya berhenti beberapa menit langsung mati mesinnya dan AC juga anginnya kurang sekali apa penyebabnya sekian terimakasih dan bloq ini sangat membantu sekali

    1. pagi pak

      untuk angin ac bisa di sebabkan motor blower nya pak, coba di periksa dulu apalagi usia sudah di atas 10 tahun, saat panas suka nyendat bisa jadi karena ada salah satu coil yang sudah mulai rusak, karena panas ini sebuah tahanan untuk komponen elektrik, mungkin sebaiknya saat nanti dibawa ke bengkel sebelum di lakukan pemeriksaan di test jalan bareng mekanik sambil di colokin itu diagnosanya, ketika problem terjadi biasanya akan ke record di ecu, dari situ bisa di baca data mana yang tidak tepat baru di lakukan pemeriksaan secara fisik atau teknisnya,,, terimakasih pak

  60. Pak selama ini mobil saya baik baik saja tidak pernah kincat atau pincang… nah kmarin saya gurah mesin.. setelah di gurah mesin.. gigi 3 saya sangat ngandat apalagi kalau mau performa… kira kira kenapa ya ? Saya udah ke bengkel tiap bengkel menyuru ke dealer resmi untuk diliat apa rusaknya melalui komputer..

    Dan saya mau bertanya juga… test dari komputer itu apakah efektif benar hasil pemeriksaanya ? Rumah saya jauh dari bengkel resmi sekitar 3 jam apakah baik baik saja ? Pernah hidup lamlu engine check sekali

    1. pagi pak

      kalau boleh tahu mobilnya apa pak? menurut saya dengan di scan ini kita mengetahui semua kondisi mobilnya seperti apa, dengan di scan akah tahu semua data kendaraan tersebut, begitu pun ketika ngadat akan terbaca datanya dari mana nanti bisa di telusuri. sebenarnya kalau sesuai prosedur mesin di gurah itu tidak ada, karena yang efektif untuk membuang kerak2 itu yang di overhoul. yang memberi efek negatif bukan gurah nya tapi sisa dari gurah yang tidak bisa keluar ini kadang akan mengganngu kinerja part yang lain. terima kasih pak mohom koreksinya semua jika salah

  61. Assalamualaikum saya punya mobil kia carnival bensin thn 2000, jarum panas dan minyak tdk fungsi disarankan ganti wiring engine komplek harga a lumayan mahal, klo wiring nya diurut ke tukang kabel aja gmn ya, mohon sarannya

  62. Assalamu’alaikum,, saya punya mobil Kijang Kapsul EFI thn. 2003. mobil di bawa jalan mati mendadak, sudah di ganti busi, delco, dan koil. masih juga mati mendadak di jalan, di cek coil nya tidak ada api padahal coil baru, di stater agak lama baru hidup lagi,,,kenapa ya ,, mohon solusinya

    1. selamat pagi

      apa sudah di bawah ke bengkel dari di periksa kondisi ECU nya atau sistem lainnya pak, dengan melakukan jumper untuk menyalakan blinking engine lamp warning . dari sama akan terlihat pola kedipan engine lamp akan menunjukkan komponen mana yang mengalami kerusakan, terima kasih

  63. selamat pagi pak…sy pengguna mobil luxio matic th 2009, mobil saya bergatar cukup tinggi dan sepertinya agak pincang pada saat idle speed serta lampu indikator ” check engine” tetep menyala pada saat engine running. tetapi bila RPM sy naik an pincang dan getran tersebut hilang. saya sudah mencoba menukar coil dan busi dengan yang baru tetapi tidak ada perubahaan sedikit pun dan sy juga sudah mengganti Oxigen sensor dengan yg baru, pada saat menggunakan osxigen sensor yg baru asap keluar banyak sekali dan bau kurang sedap kemudian saya tukar kembali dengan oxigen sensor yg lama dan asap serta bau yg keluar dari knalpot terlihat normal…. tolong pencerahannya pak….

    1. selamat pagi pak..

      kalau mesin terasa pincang dan bergetar saat idle ketika di akselerasi semua pasti hilang, sebenarnya bukan hlang tapi karena intensitasnya naik jadi tidak berasa, kalau ada ada check engine nyala berarti ada sistem EFI yang tidak beres,terutama sensor-sensor seharus nya ktika di scan akan muncul pak penyebabnya dari sensor yang mana, sedang bau tak sedap dan asap ini karena volume injector cukup tinggi sehingga banyak yang tidak terbakar, sebaiknya di periksa lagi pak sensor-sensor yang berhubungan dengan sistem EFI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *