Penyebab Dan Cara Mengatasi Rem Mobil Bunyi

Posted on

Penyebab Rem Bunyi – Anda pasti merasakan saat mengendarai mobil dan saat melakukan pengereaman tiba-tiba terdengar bunyi-bunyi seperti “ cit-cit-cit” “kletek” “krik-krik”  yang panjang selama pedal rem di tekan. Beberapa bunyi tersebut memang sering terjadi dalam sistem pengereman dan dari ketiga bunyi tersebut memiliki penyebab masing-masing, mari kita bahas dibawah ini penyebab dan solusinya.

Rem Bunyi Mengerik Saat Pedal Rem Di Tekan

Bunyi seperti krik-krik saat pedal rem di tekan ini terjadi pada rem cakram, bunyi ini di sebabkan oleh gesekan plat indikator yang di pasangkan pada kampas rem (brake pad) sebagai indikasi kalau kampas rem sudah tipis dan mau habis, jika anda mendengan bunyi seperti ini segeralah lihat apakah kampas rem tipis, tidak perlu di bongkar dulu karena bisa di lihat dari luar,jika kampas rem tipis segera anda ganti dengan kampas rem yang baru, jika hal ini di biarkan dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan piringan cakram (disc brake) akan rusak dan rem tidak lagi pakem, kasus ini hanya terjadi pada rem yang menggunakan rem cakram.

gambar-indikator-kampas-rem-yang-akan-bunyi-saat-tipis

Bunyi Kletek-Kletek Saat Terjadi Pengereman

Bunyi ini biasanya tidak di sebabkan secara langsung oleh komponen pengereman,jenis bunyi seperti ini lebih sering di sebabkan karena ada beberapa komponen yang sudah aus atau oblak ( ada yang bilang kocak)  ataupun kendor, beberapa komponen yang bisa menyebabkan bunyi seperti ini adalah: ball joint, long tie rod, tie rod end, baut kaliper rem yang kendor, suspensi, periksa apakah dari komponen yang berdekatan dengan rem ada yang mengalami kerusakan atau tidak terikat secara sempurna. Tetapi sebelumnya anda harus memastikan bawah komponen sistem pengeraman tidak ada masalah, ini berlaku untuk rem depan dan belakang.

Bunyi Cit-Cit Atau Srek-Srek Saat Di Rem

Untuk bunyi seperti ini biasanya di sebabkan karena rem yang kotor, kotoran yang menempel di di permukaan kampas rem baik rem belakang atau depan, kasus seperti ini terjadi biasanya karena rem sudah lama tidak di bersihkan, atau rem habis terendam air. Cara membersihkan rem cukup gampang anda bongkar kampas rem depan dan belakang dan gosok menggunakan kertas gosok yang kasar pada permukaan kampas rem, bersihkan semua komponen dengan semprotan angin atau bisa di cuci menggunakan air, tunggu sampai kering dan pasang kembali.

Itulah beberapa penyebab bunyi-bunyi yang sering terjadi pada sistem pengereman, bunyi-bunyi seperti ini adalah sebagai indikator ada yang tidak beres dengan sistem rem, jadi anda harus segera memeriksa karena bagaimanapun rem adalah sistem yang vital menyangkut dengan sistem keamanan kendaraan.

Terima kasih dan silakan share jika bermanfaat.

Incoming search terms:

  • rem mobil kletek
  • baut kaliper rem mobil
  • handel rem mobil bunyi kletok kletok ketika di tekan
  • rem mobil kasar
  • suara kletek kletek pada kampas mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *