Penyebab Bunyi Suspensi Bagian Depan Mobil Kijang Saat Bergerak Naik Turun

Posted on

MOBILUPDATE.NET – Untuk anda yang memiliki kendaraan Kijang mungkin pernah mengalami mobil anda bunyi “kriet-kriet” saat mobil bergoyang ke kanan dan ke kiri saat melalui jalanan terjal, tahukah anda dari mana sumber bunyi tersebut? mari kita bahas.

Dari beberapa pengalaman yang kami alami pada Kijang bunyi tersebut berasal dari upper arm, yaitu pada bushing upper arm yang telah aus sehingga setiap mengayun akan menimbulkan bunyi-bunyi, perlu di ketahui bahwa upper arm pada Kijang ini merupakan salah satu komponen sistem suspensi yang berfungsi tumpuan ban untuk mengayun naik turun, dan di bagian setiap ujungnya di pasangkan ball joint. Arm di bagian suspensi ada 2 yaitu upper dan lower tetapi yang paling sering menjadi sumber bunyi-bunyi adalah yang atas atau upper arm, seperti ini gambar upper arm.

gambar-upper-arm kijang

Jadi komponen yang di beri tulisan merah adalah yang di ganti, harga bushing apper arm tidak terlalu mahal mungkin yang original sekitar 350 ribu an, tetapi menggantinya ini perlu proses yang lama dan tidak mudah, selain melepasnya juga bautnya besar-besar untuk melepas dan memasang bushing ini juga perlu alat press yang kuat, serta cara pengerjaan yang profesional karena kalau asal di hajar saja posisi upper bisa tidak presisi.

Untuk itu sebaiknya pengerjaan seperti ini kita serahkan ke ahlinya baik itu ke bengkel resmi atau ke bengkel-bengkel spesialis understeel yang berpengalaman, berikut ini gambar bushing upper arm yang rusak dan harus di ganti,

gambar-bushing-upper-arm-yang-rusak

Bushing ini lah yang dipress keluar untuk di ganti yang baru, jika sudah di ganti dan pemasangannya sudah benar biasanya bunyi akan hilang, cara mengeceknya mudah cukup goyangkan bagian depan ke atas dan kebawa. Setelah di ganti biasanya mobil bagian depan akan berubah ketinggiannya dan bisa jadi tidak sama antara kanan dan kiri, pada bagian ini anda bisa menyetelnya lewat baut torsi yang di ada di belakang transmisi.

gambar-baut-torsi-pada-kijang-untuk-mengatur-ketinggian-kendaraan-bagian-depan

Mur no 2 adalah pengunci jadi kendorkan ini terlebih dahulu dan untuk mengatur ketinggian maka yang di putar adalah mur yang no 1, jangan terlalu banyak saat memutar sedikit demi sedikit sambil di ukur perubahanya, jika sudah sesuai maka di kunci dengan mur yang no 2 tersebut.

Demikian sedikit tulisan yang kurang beraturan dan cari mencari dan menangani bunyi-bunyi pada upper arm yang mungkin bisa sedikit menambah wawasan anda, terima kasih.

untuk yang mau tanya tentang harga spare part toyota built up bisa hub di no 081252856060 sms atau wa

Incoming search terms:

  • cara mengatasi sock breker depan bunyi mobil kijang kapsul 2004
  • suspensi depan kijang super
  • Karet kepak kijang
  • hilangkan decit bos sayap kijang
  • harga kepak kijang lgx
  • harga karet sokong mobil kijang super
  • harga kaki kaki kijang rover bagian depan
  • harga kaki kaki kijang
  • gambar cara ganti sil kruk as depan kijang super
  • bunyi kriet di toyota kijang

8 thoughts on “Penyebab Bunyi Suspensi Bagian Depan Mobil Kijang Saat Bergerak Naik Turun

  1. bushing apper arm biasanya sering rusak dan bunyi kreot-kreot saat berayun apalagi pas lewat polisi tidur. Pernah ganti yang lokal. Malah kekuatan nya kurang lama. Ganti yang ori memang mahal tapi keluatan nya juga sangat memuaskan dan awet. Makasih info nya mas . Sangat oengkap dan mudah dipahami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *