Kolaborasi 3 Pabrikan Uji Mobil Otonom Di Inggris

Posted on

MOBILUPDATE.NET – Mobil otonom semakin gencar di kembangkan, tidak hanya berjalan secara individu tetapi pengembangan mobil otonom juga di lakukan dengan melibatkan 2 atau 3 perusahaan mobil dunia untuk menghasilkan terobosan baru dalam hal mobil otonom, baru-baru ini 3 perusahaan mobil dunia yaitu Jaguar Land Rover, ford dan Tata Motor telah menguji 3 teknologi terbaru untuk mobil otonom, pengujian ini di lakukan di jalanan tertutup sejauh 66 km di Inggris. Dilansir dari Rushlane rabu (16/11/2016) pemerintah Inggris di kabarkan menggelontorkan dana sekitar 20 juta poundsterling untuk pengembangan dan riset karena mobil otonom ini di percaya mampu mengurangi kemacetan dan menurunkan resiko kecelakaan.

Dalam ujian ini ada 4 buah mobil yang digunakan yaitu Range Rover, Jaguar F-Pace,Tata Tiago dan Ford Mondeo. Ada teknologi yang sedang di coba di jalankan saat tes ini yaitu :

GLOSA Technology

GLOSA (Green Ligt Optimal Speed Advisory) di uji pada mobil Tata Tiago diamana sistem otonom pada mobil akan terkoneksi dengan sistem rambu lalu lintas yang berada di jalanan, sistem ini akan memberikan informasi kepada sistem yang ada di mobil dan akan mengatur tingkat kecepatan untuk dapat melintasi jalan ketikan lampu lalu lintas menyala hijau.

Advance Highway Assit (AHA)

Jika GLOSA digunakan untuk kecepatan rendah karena berada di perlintasan makan AHA digunakan saat kecepatan sedang atau tinggi, sistem ini berfungsi saat akan menyalip kendaraan lain, jika mendapati mobil lain yang memiliki kecepatan lebih lambat sistem akan mendeteksi lingkungan sekitar apakah jalur di sebelahnya kosong, jika kosong mobil akan menyalip secara otomatis tanpa bantuan manusia.

EEBL (Emergency Electronic Brake Light)

Sistem ini akan mendeteksi bagian mobil lain terutama di depannya saat melakukan pengereman secara keras, sistem otonom pada mobil ini akan secara otomatis memperlambat laju kendaraan atau menghentikan kendaraan untuk menghindari terjadinya kecelakaan, jadi EEBL ini adalah salah satu fitur teknologi kemananan pada mobil Otonom.

Pengujian mobil otonom di Inggris ini akan dilakukan secara bertahap dan ini merupakan  ujian tahap pertama dan di lakukan di jalanan yang masih tertutup, untuk tahap selanjutnya akan di lakukan uji coba di jalanan antara Coventry dan Milton Keynes, selanjutnya pada tahun 2018 nanti di agendakan bisa di uji di jalanan umum atau terbuka dengan situasi lalu lintas normal tanpa rekayasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *