Kisah Lucu di balik lahirnya Mobil Lamborghini

Posted on

sejarah berdirinya lamborghiniFerruccio Lamborghini yang merupakan pendiri dari pabrik mobil lamborghini memiliki kisah lucu yang menjadi dasar sejarah lahirnya moil ini,  yaitu perseteruan dengan Enzo Ferrari yang merupakan pemiliki dari produsen mobil Ferrari yang lahir lebih dulu sebelum mobil Lamborghini.

Feruccio merupakan kolektor mobil cepat dan suatu ketika dia menemukan sebuah masalah pada mobil koleksinya tepatnya pada bagian gearbox Ferrari 250 GT yang dibelinya pada tahun 1958, Feruccio merasa bahwa gearbox mobil ini terlalu berisik dan akhirnya mengadukan langsung kepada Enzo yang notabene adalah pemiliknya, bukan respon positif yang di terima Feruccio dari Enzo justru Enzo tidak mau menemuinya bahkan mengatakan kalau tidak suka dengan mobil ciptaannya silakan berjalan kaki saja, ucapan ini jelas membuatnya kecewa dan membukan pikiran Feruccio untuk membuat mobil sendiri.

Ferruccio akhirnya merekrut orang orang hebat untuk melahirkan impiannya mengalahkan Ferarri sehingga pada tahun 1963 lahirlah 350 GTV  yang merupakan mobil pertama dari Lamborghini dan dipamerkan di Turin Motor Show Italia, hingga awal tahun 70 an telah lahir beberapa seri terkenal seperti Miura, Islero,Espada,Jarama, Countach.

Lamborghini mengalami pasang surut dalam perjalanannya hingga saham nya berganti ganti pemilik bahkan salah satunya pernah dimiliki oleh orang Indonesia Tommy Soeharto, berikut ini perjalanan perusahaan Lamborghini.

  • Tahun 1973 51 % saham di jual ke investor swiss Georges-Henri Rossetti
  • Tahun 1974 49 % saham (sisa saham sebelumnya) di jual ke Rene Leimer juga investor asal Swiss
  • Tahun 1980 bangkrut dan di jual ke Mimran Brothers pengusaha asal perancis
  • Tahun 1987 100 % saham di jual ke Chrysler perusahaan otomotif USA
  • Tahun 1994 Lamborghini di jual ke megatech perusahaan milik Setiawan Djody.
  • Tahun 1995 60 % saham berpindah ke Tommy Soeharto dan sisanya di kuasai Mycom (malaysia)
  • Tahun 1998 AUDY (VW group) membeli lamborghini senilai 100 juta dollar US

Itulah sedikit cerita tentang perjalanan dan sejarah mobil lamborghini, semoga bisa bermanfaat baca artikel lainnya di bawah ini

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *