Kenapa oli mesin mobil cepat habis

Posted on

MOBILUPDATE.NET– mesin mobil membutuhkan pelumasan untuk melindungi komponen-komponen yang saling bergesekan seperti ting piston, bearing, poros engkol dll. Komponen utama dari sistem pelumasan tentu saja adalah oli mesin, oli mesin bekerja di dalam rangkaian mesin dengan melewati jalur-jalur pelumasan yang ada di blok silinder maupun kepala silinder mulai dari poros engkol yang paling bawah sampai ke sistem katup yang berada paling atas dengan cara di pompa.

Banyak kasus yang sering terjadi adalah oli mesin cepat habis, dan ini tentu saja bahaya karena jika sampai komponen mesin kehabisan oli dan tidak terlumasi maka akan hancur, ada beberapa penyebab utama masalah oli mesin habis ini, tetapi sebelumnya lihat gambar sistem pelumasan berikut ini.

contoh gambar sistem pelumasa sederhana

Gambar di atas adalah gambar sederhana tentang sistem pelumasan di dalam mobil, secara singkat akan kita jelaskan setiap komponen

  • Oli strainer : saringan kasar yang terletak di oil pan atau bak penampung oli, oil strainer ini sebagai saringan pertama sebelum oli di pompa ke seluruh bagian mesin
  • Oil pimp: pompa oli (pompa berputar sesuai dengan putaran mesin)
  • Relief valve: katup pembebas yang bekerja ketika oli mengalami buntu
  • Oil filter : penyaring oli
    oil pressure switch : alat untuk mengukur tekanan oli mesin, ketika tekanan oli mesin rendah makan switch ini akan menyalakan lampu warning sistem pelumasa di dashboard
  • Main oil galery: saluran utama oli di dalam mesin.

Jika siklus ini berputar secara terus menerus dengan catatan setiap komponen bekerja secara normal maka oli tidak akan habis. Tapi jika ada oli mesin cepat habis berarti ada salah satu komponen yang tidak bekerja dengan baik.

Ada Seal Atau Gasket  Yang Bocor

Oli mesin berada di sebuah tempat yang tertutup rapat baik tertutup dengan komponen atau tertutup dengan seal atau gasket, beberapa seal yang sering mengalami kerusakan adalah seal crankshaft depan dan belakang, seal camshaft, gasket oil pan, gasket cover valve,seal katup. Jadi ketika anda mengecek oli mesin sering berkurang banyak sebaiknya cek di sekeliling mesin apakah ada kebocoran oli yang di timbulkan dari beberapa seal dan gasket di atas, jika ada rembesan bisa jadi ini adalah penyebab utama kurangnya oli mesin anda, khusus untuk kebocoran seal indikasinya adalah saat pagi hari pertama kali di hidupkan akan banyak asap bau oli terbakar setelah itu akan hilang sendiri.

Ring piston rusak (aus)

Ring piston pada umumnya ada 3 yaitu 2 Ring kompresi dan 1 ring oli, ring oli bertujuan untuk mengikis oli di dinding silinder agar tidak masuk ke dalam ruang pembakaran mesin, apakah ring  oli ini bisa rusak? Bisa rusak karena pemakaian yang sudah lama misalnya patah dan aus jika aus maka celah akan semakin besar dan ada kemungkinan oli akan masuk ke ruang bakar dan mengakibatkan oli ikut terbakar di dalam mesin sehingga konsumsi oli akan cepat habis. Untuk itu setiap pembongkaran mesin wajib hukumnya adalah untuk mengukur celah oli di ring piston ini.

Dinding silinder rusak (aus)

Ketika dinding silider aus dan rusak maka celah akan semakin besar dan memungkinkan oli masuk ke dalam ruang bakar, tapi kasus yang banyak terjadi adalah yang di atas.

Katup PCV  rusak

aneka bentuk katup PCV

Jika anda kendaraan anda mengalami asap putih yang terus-terusan keluar dari knalpot anda wajib  curiga bahwa ini adalah oli yang terbakar, dari mana masuknya oli keruang bakar? Yaitu lewat katup PCV (Positif Crankcase Ventilasi), katup PCV ini adalah katup satu arah yang menyalurkan gas panas dari dalam crankcase ke dalam intake manifold, didalam ruang engkol atau crankcase terdapat rongga udara yang bertekanan panas, panas ini dari mesin yang bercampur dengan oli yang bersirkulasi sehingga menghasilkan sebuah polutan yang harus di bakar kembali ke dalam mesin yang di masukkan ruang bakar dan di atur dengan katup PCV ini, saat mesin bekerja normal akan ada tekanan dari dalam mesin sehinggap katup PCV akan membuka dan menyalurkan gas ke dalam intake manifold.

Permasalahanya adalah ketika katup ini rusak dalam posisi membuka, jadi gas akan terus masuk ke dalam mesin tanpa henti dan gas ini mengandung udara serta uap oli, di tambah dengan tingkat kevakuman yang tinggi dari intake manifold jadi seperti tersedot ke dalam mesin semua, akibatnya oli akan cepat habis dan pembakaran akan menghasilkan asap putih. Untuk materi PCV akan di bahas di postingan sendiri.

Itulah beberapa paparan secara sederhana kenapa oli mesin mobil cepat habis, untuk lebih jelasnya silakan anda kunjungi ke bengkel-bengkel resmi untuk mendapatkan penjelasan, atau silakan komen di bawah ini, terima kasih

 

Incoming search terms:

  • nengapa oli masuk ke intakemanifol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *