Kenapa Mobil Perlu Di Spooring Balance

Posted on

Fungsi Spooring Balance – Di dalam sebuah sistem mobil ada yang namanya Wheel Alignment System atau sistem pelurusan roda-roda, bukan hanya soal kemampuan mesin yang tinggi dan penerus tenaga yang hebat dengan teknologi gearbox yang canggih, tetapi harus ingat bahwa itu semua hanya untuk menggerakkan roda yang menjadi tumpuan mobil di jalanan. Wheel Alignment System ini menjamin bahwa sebuah kendaraan bisa berjalan dengan baik dengan handling yang nyaman.

gambar spooring balancing

Spooring adalah istilah yang digunakan untuk mengatur sudut-sudut kemiringan roda agar mendapatkan performa yang tepat baik itu digunakan untuk jalan lurus, ataupun saat membelok dan agar setir bisa cepat kembali ke posisi semula dengan stabil sedangkan balance atau balancing digunakan untuk menyeimbangkan kembali velg roda agar menghasilkan putaran yang lembut.

Spooring dan balancing memang sebaiknya di lakukan secara berkala dengan tujuan untuk menjaga setelan roda-roda tetap pada spesifikasinya, atau di lakukan setelah mengganti spare part yang berhubungan dengan sambungan setir (steering lingkage) alat yang digunakan untuk spooring saat ini sudah cukup canggih tinggal di pasangkan ke 4 roda yang terhubung satu sama lainnya sudah bisa di lihat sudut kemiringan roda-roda nya, setiap mobil memiliki spesifikasi sudut yang berbeda dan data ini sudah di masukkan ke dalam data bsae mesin spooring. Jika dahulu sebelum ada era digital spooring di lakukan dengan menggunakan benang – benang yang di tarik dan di amati secara manual.

Gejala-gejala di bawah ini merupakan tanda bahwa mobil anda harus melakukan spooring dan balancing

  • Setir narik ke salah satu sisi saat jalan lurus
  • Waktu selesai belok setir tidak bisa balik secara otomatis
  • Setir miring
  • Setir berat saat di putar ke salah satu sisi
  • Ban terlihat habis sebelah (luar atau dalam)
  • Setir terasa melayang
  • Setir getar saat kecepatan tinggi

Setir getar saat kecepatan tinggi biasanya di sebabkan velg tidak balance  dan harus di periksa terlebih dahulu ada kalanya hanya dari setelan balance nya atau memang kondisi velg sudah oleng jika kasusnya no dua maka harus di ganti untuk mendapatkan performa yang bagus, saat melakukan spooring balance biasanya juga di lakukan rotasi ban, dimana ban serep akan di turunkan dan di ganti ban lainnya sehingga penggunakan kelima ban ini akan merata dan usia ban lebih awet.

Spooring pada kendaraan MPV atau mobil niaga kebanyakan di lakukan di posisi depan saja tetapi pada beberapa kendaraan sedan banyak juga yang di lakukan penyetelan depan belakang, berikut ini adalah beberapa sudut yang di ukura dan di lakukan penyetelan pada kendaraan.

  • Camber
  • Caster
  • Toe in
  • Toe out

Untuk penjelasan lebih detail dan pengertian setiap istilah di atas akan kami jelaskan di artikel lainnya karena akan ada beberapa gambar ilustrasi untuk memudahkan kita memahami istilah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *