Karet Wiper, Komponen Vital Yang Sering Terabaikan

Posted on

MOBILUPDATE.NET – Jika anda sedang mengendarai mobil dan tiba-tiba hujan di jalan kira-kira apa yang pertama kali anda lakukan, pasti menyalakan wiper atau pembersih kaca depan, bagaimana jika sapuan karet ternyata berbekas dan tidak bersih di tambah lagi dengan kondisi jalan yang ramai dan malam hari pasti jengkel sekali karena pandangan tidak jelas dan kabur saat terkena cahaya lampu dari depan, tentu saja hal ini berbahaya bagi keselamatan berkendara.

fungsi-karet-wiper

Komponen yang hanya di ingat saat hujan yaitu karet wiper, banyak pemiliki mobil yang mengabaikan keberaradaanya dan jarang melakukan perawatan atau pemeriksaan layaknya radiator ,ac, mesin dan lainnya. padahal fungsi karet wiper ini sangat vital. Meskipun mobil jarang di gunakan tetapi harus tetap di periksa karena karet wiper meskipun secara fisik kondisinya bagus tetapi karena kelenturan karet sudah berkurang maka tidak akan bisa membersihkan kaca secara sempurna dan akan meninggalkan bekas di kaca.

Tidak ada interval resmi kapan karet wiper harus di ganti, yang jelas ketika di periksa dengan menggunakan air pembersih kaca dan di operasikan wiper jika jelek harus segera di ganti tanpa menunggu kondisi karet retak atau pecah. Harga karet wiper termasuk murah,harganya memang bervariasi dan produk yang ada di pasaran pun juga banyak ada yang bisa di ganti karetnya saja, ada yang juga di ganti dengan gagang karet juga. Karet wiper di jual hampir di semua toko-toko spare part baik resmi maupun non resmi, tapi lebih baik anda memilih karet wiper yang memang sesuai dengan kualitas dan tipe mobil anda, saran saya membeli di bengkel resmi dari mobil anda adalah pilihan tepat karena akan mendapatkan garansi kualitas, sedangkan cara pemasanganya cukup mudah tinggal bongkar pasang saja.

Sebagai tambahan saja, merawat kaca dari jamur ini juga penting agar kaca tetap bersih dan pandangan saat mengemudi tetap nyaman, oleh karena itu setiap pabrikan biasanya mengeluarkan produk air perbersih kaca yang bisa di masukkan ke dalam reservoir yang berfungsi sebagai anti jamur dan juga membersihkan permukaan kaca.

Demikian tulisan mengenai fungsi karet wiper yang bisa kami tulis semoga bermanfaat untuk anda semua, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *