Inilah Mobil Listrik Tercepat Di Dunia Saat Ini

Posted on

MOBILUPDATE.NET – Perkembangan teknologi listrik untuk mobil semakin tidak terelak lagi, tidak bisa di anggap sebelah mata bahwa mobil listrik tidak hanya menawarkan sebagai kendaraan yang ramah lingkungan tetapi juga bisa menawarkan sebuah kecepatan yang cukup tinggi.

 

gambar-venturi-dan-team-vvb-3
source :autoweek.com

Baru baru ini salah satu perusahaan pengembang teknologi mobil listrik asal Prancis yaitu Venturi berhasil membuat terobosan baru dengan memecahkan rekor kecepatan mobil listrik, proyek ini di kerjakan dengan bersama Ohio State University Amerika Serikat.

Kendaraan yang di beri nama VVB-3 atau Venturi Buckeye Bullet ini di pacu di atas dataran garam yang di sebut Bonnevile Salt Flats yang berada di Utah Amerika Serikat. Kecepatan rata-rata yang di hasilkan mobil ini adalah 549,4 km/jam, bahkan di suatu titik kecepatan bisa mencapai 576 km/ jam, mobil F1 pun kalah cepat.

Tidak hanya ringan tetapi mobil ini juga di rancang untuk kekuatan guna menahan kecepatan tinggi, mobil terbuat dari serat karbon dan alumunium, mobil yang memiliki tenaga 3.000 daya kuda ini memiliki sumber tenaga dari sepasang motor listrik yang di pasang di depan dan belakang sebagai penggerak utama.

struktur-dalam-mobil-listrik-venturi-
source:lynceans-org

Berat total dari VVB-3 ini sekitar 3,5 ton, bahkan untuk baterai lithium fosfat nya saja sebagai sumber energi mencapai berat 1,6 ton. VVB-3 ini memecahkan rekor VVB-1 yang sebelumnya menggunakan baterai nickel metal hydrice dengan kecepatan maksimal waktu itu adalah 506,6 km/jam, sedangkan untuk VVB-2 yang menggunaka sel bahan bakar mencetak rekor 487,7 km/jam.

Test ini di lakukan setelah mengalami 3 tahun penundaan karena faktor cuaca dan kondisi di Utah yang belum memungkinkan digunakan untuk memacu kecepatan tinggi, dan orang di balik kemudi mobil adalah Roger Schroer seorang test driver asal Ohio yang juga sebelumnya mengendarai VVB-2 saat menembus kecepatan 495 km/ jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *