Fungsi Stabilizer Pada Mobil

Posted on

Mobilupdate.net – Ketika mobil berjalan banyak komponen di dalamnya yang menerima tekanan dan goncangan, salah satunya adalah sistem suspensi, fungsi utama dari sistem ini adalah menahan goncangan dan getaran yang di akibatkan karena perubahan jalan terhadap body mobil, sistem suspensi merupakan bagian dari penunjuang kenyamama berkendara.

Sistem Suspensi terdir baru beberapa komponen baik metal maupun rubber yang memang berfungsi untuk meredam getaran dan menjaga agar body kendaraan tidak terkena imbas secara lansung akibat perubahan kontur jalan, sistem suspensi juga berperan besar dalam menjaga stabilitas kendaraan, berikut ini adalah contoh salah satu gambar sistem suspensi pada mobil.

contoh-sistem-suspensi-sederhana

Dari beberapa komponen di atas adalah salah satu yang namanya stabilizer bar atau batang stabilizer, sesuai topik kita hari ini adalah membahas apa itu stabilizer dan fungsinya, stabilizer terbuat dari campuran besi dan bahan lainnya yang kuat dan tahan terhadap puntiran, dan di pasangkan di bagian bawah kendaraan yang menhubungkan sistem suspensi bagian kanan dan kiri, dengan di ikat di bagian chasis dengan menggunaka baut.

Dari namanya saja sudah di ketahui bahwa fungsi nya adalah untuk menjaga kestabilan kendaraan terutama saat digunakan untuk menikung serta untuk menhindari terjadinya body roll dan understeer.

Bagaimana efeknya jika stabiliser ini di lepas? Saat di gunakan berjalan mobil akan terasa goyang-goyang apalagi saat digunakan untuk menikung pokoknya tidak enak sama sekali, kalau anda penasaran anda bisa lepas dan coba jalan sendiri menggunakan mobil anda.

Batang stabilizer ini kuat dan jarang rusak, kecuali mengalami benturan dengan benda keras seperti terjadinya tabrakan, walaupun begini tetapi di bagian stabilizer ini di ikat ke komponen lain dengan menggunakan karet, dan karet ini jika rusak biasanya akan menimbulkan bunyi-bunyi saat berjalan.

Batang stabilizer tidak hanya di bagian bawah dari bawaan mobil saja, tetapi untuk beberapa mobil yang biasa digunakan untuk kecepatan tinggi atau balapan, akan ada tambahan stabilizer bar lagi yang di pasangkan pada bagian atas mesin, dengan di ikatkan ke bagian atas shock absorber kanan kiri, seperti ini gambarnya

contoh-gambar-stabilizer-di-mesin

Dengan di pasangkan stabilizer seperti gambar di atas memang membuat mobil lebih stabil saat di hajar dengan kecepatan tinggi, tetapi saat digunakan pelan malah terasa tidak enak, makanya untuk pemasangan mobil ini sebenarnya berkembang dari dunia balap, dimana di butuhkan kekuatan lebih untuk menjaga kestabilan mobil.

Di bagian belakang mobil-mobil niaga juga di pasangkan stabilizer, fungsinya juga sama dengan yang di depan Cuma modelnya saja yang mungkin berbeda-beda setiap jenis mobil, salah satu contohnya stabilizer pada mobil kijang seperti di bawah ini yang tampak dengan warna orange

gambar-stabilizer-belakang-pada-kijang

Itulah sedikit tulisan mengenai fungsi stabilizer pada mobil, semoga bisa bermanfaat untuk anda semua dan menambah pengetahuan anda tentang dunia oomotif.

 

Incoming search terms:

  • fungsi stabilizer mobil
  • stabilizer mobil
  • jenis stabilizer mobil dan fungsinya
  • fungsi link stabilizer
  • stabiliser mobil
  • fungsi link stabilizer mobil
  • fungsi stabisator pada
  • stabiliser roda belakang avanza
  • rubber stabilizer bar kijang
  • gambar/bentuk karet stabilizer depan avanza

One thought on “Fungsi Stabilizer Pada Mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *