Fungsi Sabuk Pengaman Di Mobil Dan Efek Samping Jika Tidak Di Pakai

Posted on

Mobilupdate.net -Hanya sekedar cerita semoga bisa menjadi pengingat untuk saya sendiri dan juga teman2 saya semuanya. sekitar 2 minggu lalu (dari artikel ini di buat) ada seseorang yang mengirimkan foto ke saya dan tanya apa mobil seperti ini bisa di perbaiki, yang dikirim adalah foto mobil SUV Jepang yaitu Toyota Prado TRJ120 dalam kondisi hancur, mengalami kecelakaan di tol dengan kecepatan tinggi di perkirakan di atas 100 km/ jam dan 2 orang di dalamnya meninggal sopir dan majikannya yang duduk di kursi tengah meninggal.

Teman saya yang lebih tahu situasinya bilang, terlepas dari ini semua takdir jika penumpang di tengah menggunakan sabuk pengaman masih ada kemungkinan hidup karena konstruksi rangka mobilnya bagian tengah masih bisa melindungi si penumpang dan juga semua airbag di sisi dan pilar mengembang, karena tidak menggunakan sabuk pengaman penumpang akan terlempar keluar dari kursi dan entah akan terbentur dimana.

Resiko tidak menggunakan sabuk pengaman

Yang kedua kejadian beberapa hari yang lalu yang menimpa sahabat saya sendiri, ketika mobil yang di alaminya menabrak sebuah pohon. Teman saya tidak mengalami cedera sama sekali karena dia jadi driver dan menggunakan seat belt, benturan yang terjadi langsung di tahan oleh airbag yang mengembang dan tubuh di tahan oleh seat belt, tapi ketiga penumpang mengalami cidera.

Penumpang pertama yang duduk di depan kiri mengalami patah pada tulang paha dan benturan di pelipis mata pada dashbord karena saat kejadian posisi jok di sandarkan ke belakang, tidur dan tidak menggunakan seat belt. Ketika berbenturan terlepar ke depan ke bawah dasboard, Alhamdulillah sudah operasi pemasangan pen dan di ijinkan pulang.

Penumpang kedua di belakang driver, saat kejadian tidur dan tidak pakai seat belt akhirnya terlempar ke depan dengan posisi kepala berbenturan dengan pilar pintu, kulit ketemu rangka mobil bisa anda bayangkan sendiri, dan Alhamdulillah sudah siuman sedang proses penyembuhan setelah di lakukan operasi bagian kepala, mohon doanya.

Penumpang ketiga di tengah kiri, posisi tiduran juga tidak pakai seat belt saat kejadian posisi badan mau terlempar ke depan tapi tertahan jok di depannya akhirnya kaki nya terdorong ke depan masuk ke bawah jok dan tulang dekat lutut patah, saat ini proses sudah selesai operasi juga.

Semua yang cidera tidak menggunakan seat belt, andai kata posisi tidur dan semua pakai seat belt setidaknya bisa meminimalisir resiko cidera. Gaya dorong kedepan ketika mobil tiba-tiba berhenti dengan kecepatan tinggi tidak bisa terkontrol apalagi jika dalam posisi tidur yang kehilangan kendali pada tubuh, di tambahkan tidak menggunakan sabuk pengaman.

Seat belt bagian tengah memang jarang orang mau pakai, bisa jadi karena males atau memang mengurangi aktivitas gerak di dalam kalau di pakai apalagi kalau bepergian rame2, beberapa kejadian tadi bisa buat pengingat bagi kita pentingnya menggunakan seat belt, bukan masalah di tilang polisi atau tidak nyaman di pakai tapi untuk menjaga keselamatan yang dalam mobil.

Sekilas tentang sabuk pengaman

Seat belt adalah komponen pengaman pasif yang akan bekerja saat terjadi tubuh terdorong ke depan secara tiba-tiba, saat ini hampir semua mobil baru kelas menengah ke atas menggunakan seat belt type pretensioner dan force limiter, sistem ini akan bekerja menarik tubuh kita semaksimal mungkin ke jok saat terjadi benturan dan akan di kendorkan secara perlahan2 ketika airbag sudah meledak untuk melindungi benturan, dan melonggarkan dada kita dari ikatan sabuk pengaman tadi

Seat belt pretensioner ini sekali pakai, ketika terjadi insiden dan meledak dia rusak dan tidak di sarankan untuk di perbaiki, tidak ada pabrikan yang menyediakan komponen partial harus assy ganti baru, begitu juga dengan airbags yang meledak sudah jadi sampah harus ganti baru beserta komputernya. Dan perlu di ingat airbag hanya akan bekerja ketika sabuk pengaman di pakai, dan tingkat benturan yang cukup untuk mengaktifkan sensor bagian depan mobil sehingga airbag mengembang. Gas ledakan nitrogen dalam airbag tidak berbahaya jika terhirup tetapi jika kena kulit cukup di cuci saja dengan air untuk menghindari iritasi ringan pada kulit.

Sekedar info dan share komponen sistem pengaman dalam mobil hampir semuanya berharga mahal, terutama airbags set apalagi yang menggunakan lebih dari 8 titik bahkan ada mobil eropa yang 14 titik harganya bisa mencapai ratusan juta,. belum komponen2 keamanan lainnya seperti pretensioner belt, ABS, TRC, VSC, dan masih banyak lainnya, karena komponen vital ini yang berfungsi meminimalisir resiko di jalan. Jadi jangan asal koment sebuah mobil overprice karena bentuknya biasa2 saja atau mesinnya gitu2 saja, kita tidak pernah tahu seberapa mahal teknologi kemanan yang di benamkan di dalamnya karena reviewer gak pernah bahas ini.

>selalu gunakan semua seatbelt untuk keluarga anda baik di depan tengah atau di belakang.

>jika membeli mobil second teliti kembali kondisinya apa pernah insiden kecelakaan yang mengakibatkan meledaknya airbag

Silakan koment dan share jika status ini bermanfaat

Incoming search terms:

  • komponen sabuk pengaman
  • cara mereparasi pretensioner sabuk pengaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *