Flywheel roda gila atau roda gaya apa itu fungsinya?

Posted on

Untuk anda yang sudah berkecimpung di dunia otomotif terutama mobil, nama flywheel pasti sudah paham benar, di luar ada yang menyebutnya dengan roda gaya atau roda gila tetapi bahasa secara teknik yang benar adalah flywheel, tetapi bagi anda yang belum tahu silakan baca berikut ini

gambar flywheel

Flywheel bentuknya seperti di atas, terbuat dari baja yang kuat dengan konstruksi bergigi di bagian luarnya, dimana gigi ini akan terhubung dengan gigi starter saat pertama kali menghidupkan mesin, sehingga flywheel ini akan berputar dan memutar mesin, ketika mesin sudah berputar (hidup) gantian flywheel ini yang di putar oleh mesin, fungsi utama dari flywheel ini adalah meneruskan tenaga dari poros engkol (crankshaft) ke sistem penggerak roda (power train), dan menyimpan tenaga putar dari mesin.

Flywheel di ikat pada poros engkol pada bagian tengah (6 lubang di tengah) dengan menggunakan baut baja yang tahan terhadap puntiran, pada permukaan flywheel ini akan terhubung secara langsung dengan kampas kopling (baut 6 di bagian luar untuk mengikat cover cluth atau disebut matahari, yang di dalamnya ada kampas kopling dan langsung bersinggungan dengan permukaan flywheel), jika di pakai terus menerus makan permukaan flywheel ini bisa aus karena bergesekan langsung dengan kampas kopling yang merupakan komponen utama untuk memutus dan menyambungkan tenaga mesin ke transmisi.

Banyak kasus yang terjadi adalah saat pedal kopling di tekan dan di lepas pelan-pelan saat memindahkan gigi terasa getar, hal ini di sebabkan karena permukaan flywheel sudah tidak rata dan bergelombang, bahkan bila kampas kopling sudah rusak parah maka bagian logamnya bisa merusak flywheel ini.

posisi flywheel di dalam mobil

Apakah flywheel yang aus harus di ganti? Sebenarnya ya harus di ganti tetapi karena harga dari flywheel ini cukup mahal bengkel-bengkel biasanya membawa flywheel ke bengkel bubut untuk di ratakan ulang lagi, tentunya jika kerusakkan di flywheel tidak terlalu parah. Kerusakan flywheel juga bisa di ketahui dengan mengukur tingkat ke olengan, dapat di ukur dengan menggunakan dial gauge, jika melebihi spesifikasi maka harus di ratakan lagi.

Jadi ketika mobil anda mengganti kampas kopling sebaiknya periksa apakah flywheel nya ini juga rusak (tidak rata) kalau memang rusak sebaiknya di perbaiki dulu sebelum memasang kampas kopling yang baru. Flywheel di ikat ke poros engkol dengaN cukup kuat dengan pengencangan moment tertentu, di bengkel-bengkel resmi biasanya menggunakan kunci moment jadi untuk mengetahui pasti berapa kekencangan dari baut flywheel tersebut, apakah sudah cukup kuat karena jika sampai kendor dan akhirnya terlepas bisa mengakibatkan kerusakan yang cukup fatal.

Pada kendaraan besar flywheel ini cukup berat dan cukup besar jadi ketika anda melepas utamakan keselamatan kerja, selalu gunakan helm jika di bawah mobil, pakailah sarung tangan yang kuat dan aman karena ujung dari bagian luar flywheel ini cukup tajam, perhatikan saat anda memasang kembali flywheel dan mengeraskan baut dengan poros engkol, jangan sampai terlalu kencang dari moment yang di ijinkan kalau sampai patah susah sekali memperbaikinya.

Silakan share jika bermanfaat

Incoming search terms:

  • cara melepas roda gila
  • fungsi flywheel
  • bagian dari sistem kopling yang bersinggungan langsung dengan flywheel adalah
  • cara melepas flywheel
  • bearing roda gila carry rusak
  • harga roda gila ps 120
  • torsi baut fly well
  • gambar flywheel
  • roda gila mobil
  • bagian komponen mesin yang bersinggung dengan fly wheel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *